• Home
  • Aceh
  • Tiga Organisasi Wartawan 'Kecam' Pembakaran rumah Wartawan

Gunakan Hak Jawab

Tiga Organisasi Wartawan 'Kecam' Pembakaran rumah Wartawan

Mtc Rabu, 31 Juli 2019 06:45 WIB
Hand Over
Sekretaris PWI Aceh, Aldin NL
MATATELINGA, Banda Aceh:   Kepolisian diminta tiga organisasi wartawan, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan PFI (Pewarta Foto Indonesia), untuk mengusut tuntas pembakaran rumah wartawan Harian Serambi Indonesia Asnawi di Kawasan Kuta Cane, Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (30/7/2019) dini hari.








 "Peristiwa ini merupakan bentuk teror yang nyata terhadap pekerja media, khususnya wartawan dan secepatnya diusut tuntas, dan para pelakunya diseret ke pengadilan.," kata Sekretaris PWI Aceh, Aldin NL kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (30/7/2019).

Bila keberatan dengan isi berita yang ditulis wartawan, silahkan menggunakan hak jawab atau melalui saluran yang dibenarkan dalam undang-undang. PWI menolak dan mengecam teror dalam bentuk apa pun terhadap wartawan, sebutnya.

Tambah Aldin NL ,  PWI akan memberi dukungan kepada korban Asnawi, dan berharap kepada korban dan keluarganya untuk tabah menghadapi ujian ini.





"Semoga rekan kita Asnawi dan keluarga tidak mengalami trauma atas peristiwa ini," sebutnya lagi.

Terpisah, Ketua AJI Banda Aceh, Misdarul Ihsan juga mengatakan, pihaknya mendesak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus kebakaran rumah Asnawi, dan seret pelakunya ke penjara.

Misdarul berharap kepada semua pihak untuk tidak mengancam apalagi sampai membakar rumah seorang jurnalis apabila ada persoalan pemberitaan.

Undang-undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers sudah mengatur langkah-langkah hukum apabila terjadi sengketa pers. Bukan dengan kekerasan dan pengancaman.





"Berikan hak jawab, laporkan permasalah kepada Dewan Pers. Dewan Pers nantinya yang akan menentukan sikap bahwa sebuah pemberitaan itu menyalahi kode etik dan layak dipidana" kata Misdarul Ihsan didampingi Kadiv Advokasi AJI Banda Aceh, Juli Amin.

Kepada jurnalis, Misdarul juga berpesan dalam menjalankan profesi tetap menjunjung tinggi KEJ. "Berimbang dalam pemberitaan dan memverifikasi setiap informasi yang diterima," himbaunya.
Ketua PFI Aceh Fendra Trysanie menyatakan, pihaknya mengutuk keras pelaku yang diduga sengaja membakar rumah Asnawi Luwi.








Menurut Fendra, jika terbukti benar pembakaran rumah seorang jurnalis tersebut dengan unsur kesengajaan, dan bahkan penyebab pembakaran itu disebut-sebut karena sebuah pemberitaan, maka peristiwa ini telah mencederai kemerdekaan pers seperti diatur dalam Undang-Undang Pers Nomor 40 tahun 1999.

"Kami meminta aparat kepolisian khususnya Polres Aceh Tenggara untuk serius mengungkap kasus teror pembakaran rumah Asnawi Luwi jurnalis Harian Serambi Indonesia ini. Kami meminta Polda Aceh untuk memback-up kasus ini, dan berharap dalam 2x24 jam pelaku pembakaran sudah teridentifikasi dan ditangkap," katanya.

Kemudian PFI Aceh meminta Polda Aceh untuk bisa menjamin dan melindungi para jurnalis yang menjalankan tugas jurnalistik di seluruh wilayah Aceh. Katanya, kepada semua pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan di media maka sepatutnya menggunakan mekanisme hukum yang di atur dalam undang-undang pers.

"Di atur dalam undang-undang Pers pasal satu, pasal lima, pasal 11, dan pasal 15, seperti hak jawab. Bahkan jika pemberitaan yang dimaksud salah, bisa saja meminta media yang bersangkutan untuk mengoreksinya," sebutnya.

Organisasi pewarta foto ini menilai tindakan pembakaran rumah Asnawi Luwi di Aceh Tenggaran tersebut merupakan sebuah aksi teror kepada Asnawi serta para jurnalis lain yang melakukan tugas jurnalistik, khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara.

"Karena itu kami menghimbau semua jurnalis di Aceh agar berhati-hati dan menjalankan tugas secara profesional dan sesuai kode etik jurnalistik, stop kekerasan terhadap jurnalis,"akunya.
Editor: Amrizal

Sumber: Ant

T#g: Aldin NL3 Organisasi Wartawan Kecam pembakaran rumahblibliMatatelingamatatelinga.commatatelinga comSekretaris PWI AcehTerkiniTravelokapembakaran rumah Wartawanrumha wartawan Harian Serambi di Bakar
Komentar
Sabtu, 17 Agu 2019 23:30Nasional

Kibarkan Bendera Merah Putih, Tentara Malaysia Ikut Serta

Rasa persatuan di hari kemerdekaan RI ini bahkan tidak hanya dirasakan warga negara Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2019 23:15Nasional

Mapolsek Wonokromo di Serang

Pasca penyerangan terhadap dua anggota Polsek Wonokromo, IM (30) warga asal Madura

Sabtu, 17 Agu 2019 23:00Bola

Luis Suarez Alami "Ganguan"

Luis Suarez Harus absen untuk waktu yang belum bisa ditentukan lantaran menderita cedera,

Sabtu, 17 Agu 2019 22:45Bola

Laga di Markas Southampton, Liverpool Raih Poin Penuh

Pada pekan kedua Liga Inggris 2019-2020, Sabtu (17/8/2019) malam WIB. Liverpool berhasil membawa pulang poin penuh dari markas Southampton

Sabtu, 17 Agu 2019 21:29Berita Sumut

Satu Begal Beraksi di Bandar Khalifah Tewas dihajar Massa

Satu orang kawanan begal saat beraksi di Jalan Pringgan/Jalan Bejo tepatnya di samping Gang Ridho Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, tewas dihajar massa, Sabtu (17/8/2019) dini hari.

Sabtu, 17 Agu 2019 21:09Berita Sumut

Nuansa kebersamaan antara Kodam I/BB dengan masyarakat dalam perlombaan

Dalam menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Kodam I/BB menggelar berbagai macam perlombaan, pada Sabtu (17/8/) 2019 di Lapangan bola Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Sabtu, 17 Agu 2019 20:54Berita Sumut

Kepala Kepolisian Sumut Menjadi Irup HUT ke 74 RI

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Adrianto menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 tahun, bertempat di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut Sabtu (17/8/2019).

Sabtu, 17 Agu 2019 20:39Berita Sumut

Momen 17 Agustus Menjalin Kekompakan Antara Karyawan Dan Pimpinan

PT. Best Profit Futures merayakan hari jadi ke 74 Indonesia, pada momen 17 Agustus tersebut berjalan meriah yang berlangsung di depan halaman kantor PT BPF Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Sabtu (17/8/2019).

Sabtu, 17 Agu 2019 20:24Berita Sumut

Pemko Medan Ikut Meriahkan Pawai Pembangunan

Pemko Medan ikut pawai pembangunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara guna memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019

Sabtu, 17 Agu 2019 20:09Berita Sumut

Ribuan Peserta Antusias Ikut Pawai Obor

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad NasutIon mengikuti pawai obor yang digelar dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 tahun 2019

Sabtu, 17 Agu 2019 19:54Berita Sumut

Gojek Hidupkan UMKM & Serap Hampir 2 Juta Tenaga Kerja

Pemko Medan sangat apresiasi serta mendukung penuh perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 yang diselenggarakan Gojek di Istana Maimun Medan

Sabtu, 17 Agu 2019 19:47Nasional

Ikut Upacara HUT RI, Wapres JK Berpakaian Adat Aceh

Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta jadi ajang promosi pakaian adat nusantara. Jika Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali, Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak gagah dalam balutan pakaian adat Aceh le

Sabtu, 17 Agu 2019 19:39Berita Sumut

Warga Jalan Karya Pasar IV Marindal -1 Siap Dukung Polri Berantas Narkoba

Masyarakat Jalan Karya Pasar IV Marindal-1 Kecamatan Patumbak Deli Serdang menyatakan siap mendukung Polri.khususnya Polsek Patumbak dalam hal pemberantasan narkoba. Hal itu terbukti ada bebera spanduk yang terpasang dengan tulisan "Warga Jalan Kary

Sabtu, 17 Agu 2019 19:13Berita Sumut

Upacara HUT ke-74 RI di Kota Binjai

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 berlangsung khidmat dan lancar, ratusan masyarakat terlihat memadati Lapangan Merdeka Binjai untuk menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Sabtu (17/8)

Sabtu, 17 Agu 2019 18:45Berita Sumut

Ini Kemeriahan Perayaan HUT RI di POS Medan

Setiap kali memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu di lingkungan sekolah PrimeOne School Medan, karena akan ada beberapa perlombaan yang digelar untuk memeriahkan

Sabtu, 17 Agu 2019 18:25Internasional

Hadang Demonstran, Militer China Berlatih Menggunakan Garpu Listrik

Militer China terlihat berlatih menggunakan perangkat garpu raksasa yang bertujuan untuk mengendalikan unjuk rasa yang berujung rusuh. Mengutip Mirror, Sabtu (17/8/2019) senjata tersebut diyakini bisa melancarkan listrik dalam upaya untuk meredam segala a