• Home
  • Pedoman Media Siber

Pedoman Media Siber

Rabu, 18 Januari 2017 05:50 WIB
Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:


1. Ruang Lingkup

a. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.


2. Verifikasi dan keberimbangan berita

a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

    1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

    2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

    3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

    4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.


3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

    1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

    2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

    3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).


4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

    1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

    2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

    3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).


5. Pencabutan Berita

a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.


6. Iklan

a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan "advertorial", "iklan&", "ads", "sponsored", atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.


7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.


8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.


9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.


 
Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).
Minggu, 21 Jul 2019 19:23Lifestyle

Hati Hati Terhadap Tikus, Dapat Menyebarkan 4 Penyakit

Tikus memiliki kemampuan untuk memanjat dan kecepatan dalam berlari. Sebagian orang berpikir tikus merupakan binatang yang lucu dan menggemaskan. Biasanya tikus sengaja dibudidayakan sebagai pakan untuk hewan karnivora seperti ular.

Minggu, 21 Jul 2019 18:58Bola

Virgil van Dijk, Salah Satu Kandidat Terkuat Peraih Trofi Ballon dOr 2019

Pemain berpaspor Belanda ini pun menyambut positif, Bek Liverpool, Virgil van Dijk, disebut-sebut jadi salah satu kandidat terkuat peraih trofi Ballon dOr 2019. Ia merasa hal tersebut sangat mungkin terealiasasi mengingat telah tampil apik di sepanjang m

Minggu, 21 Jul 2019 17:47Nasional

Tim Yonif 133 Juara I Lomba Dayung Kampar Internaisoal

Tim Dayung Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti berhasil tampil sebagai yang terbaik dan meraih Juara pertama pada kelas 22 pedayung dan Juara ketiga pada kelas 12 Pendayung dalam ajang "Kampar Internasional Dragon Boat Pestival 2019" yang berlang

Minggu, 21 Jul 2019 16:18Aceh

BPBD Aceh Kerahkan Alat Berat Membersihkan Tumpukan Pasir

Terkait dengan banjir dan longsor, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat mengerahkan dua unit alat berat jenis Exavator untuk melakukan pembersihan tumpukan pasir dampak gelombang pa

Minggu, 21 Jul 2019 15:37Aceh

Sejumlah Desa Kab. Semeulu di Landa Banjir dan Longsor

Sejumlah desa yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, terkena banjir dan tanah longsor, mengakibatkan ratusan rumah terancam rusak.

Minggu, 21 Jul 2019 15:21Berita Sumut

Rektor UMI : Semoga Kerjasama Ini Bisa Berkesinambungan

Pelaksanaan Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang digelar serentak di seluruh Indonesia, untuk pelaksanaan UM di Medan, Sumatera Utara digelar di Kampus Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan, Sabtu (20/7/2019).

Minggu, 21 Jul 2019 14:36Berita Sumut

Gara Gara Banyak Ngelem, Jiwa Terganggu dan di Pasung Orang Tuanya

Akibat tidak ada biaya berobat ke Rumah Sakit gila, Ambri alias PD ,28, warga Lorong Proyek Lingkungan 3 Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan Sumatra Utara terpaksa dipasung oleh orang tuanya digubuk disamping rumahnya.

Minggu, 21 Jul 2019 14:21Berita Sumut

Wanita Lansia, Tewas di Sambar Benda Keras dan Panjang

Seorang wanita lanjut usia (lansia) bernama Destina br Simatupang ,60, warga Desa Sekip, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, meregang nyawa usai ditabrak kereta api yang tengah melintas di desanya, Sabtu (20/7/2019) malam.

Minggu, 21 Jul 2019 14:06Berita Sumut

Puluhan Kilo Narkoba di Bawa Jaringan Internasional di Gagalkan BNN dan Bea Cukai

Lagi lagi para jaringan narkoba Internasional digagalkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI) bersama Bea Cukai Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kali ini, sebanyak narkotika jenis sabu sebanyak 38 Kg masuk ke wilayah Indonesia, Sa

Minggu, 21 Jul 2019 13:10Berita Sumut

Ahmad Doli Kurnia, di Jadwalkan Hadiri Penetpaan Pimpinan Legeslatif dan Calon Walikota

Dewan Pimpinanan Daerah Partai Golkar Kota Binjai akan melakukan rapat pleno diperluas dengan menggundang Dewan Pertimbangan, Fraksi PG DPRD Binjai, dan Pengurus DPD PG Kota Binjai yang akan dihadiri unsur pimpinan kecamatan/kelurahan se-kota binjai, orga

Minggu, 21 Jul 2019 12:59Berita Sumut

Beras Bulog dikabarkan di Jual ke Grosir di Belawan

PT Perum Bulog Sub Divre Medan menjual beras sebanyak 30 karung ukuran 50 kilo atau 1,5 ton ketoko Grosi di Jalan Pasar Kelurahan Belawan ll Kecamatan Medan Belawan Sabtu (20/7/2019.) sekitar pukul 15.30 wib.

Minggu, 21 Jul 2019 12:15Berita Sumut

Sambut HAN, Adakan Perlombaan Permainan Tradisional

Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) mengadakan acara lomba permainan tradisional bersama anak-anak di Kelurahan Amplas, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2019 , Minggu (21/7/2019).

Minggu, 21 Jul 2019 11:12Berita Sumut

Personil Polrestabes Medan di Kumpulkan, Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Apel patroli gabungan Skala besar yang dilaksanakan di lapangan Merdeka di Jalan Bukit Barisan Medan, langsung dipimpin Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto,SH,SIK,MSi Minggu (21/7/20119) dinihari.

Minggu, 21 Jul 2019 10:20Berita Sumut

Ujian Mandiri Undip Digelar di UMI Medan

Pelaksanaan Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang digelar serentak di seluruh Indonesia, untuk pelaksanaan UM di Medan, Sumatera Utara digelar di Kampus Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan, Sabtu (20/7/2019).

Minggu, 21 Jul 2019 10:15Nasional

Korban Tewas Truk Tangki BBM Terbakar Telah Teridentifikasi

Petugas pemadam kebakaran (damkar) berhasil mengidentifikasi dua dari tiga korban tewas dalam kebakaran truk tangki Pertamina di Tol Dalam Kota

Minggu, 21 Jul 2019 10:00Lifestyle

Tikus Hewan yang Cerdas, Ini 4 Faktanya

Tikus merupakan hewan pengerat yang tinggal di tempat kotor seperti di gudang, atap, bahkan selokan