• Home
  • Pedoman Media Siber

Pedoman Media Siber

Rabu, 18 Januari 2017 05:50 WIB
Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:


1. Ruang Lingkup

a. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.


2. Verifikasi dan keberimbangan berita

a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

    1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

    2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

    3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

    4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.


3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

    1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

    2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

    3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).


4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

    1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

    2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

    3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).


5. Pencabutan Berita

a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.


6. Iklan

a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan "advertorial", "iklan&", "ads", "sponsored", atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.


7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.


8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.


9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.


 
Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).
Minggu, 22 Sep 2019 21:36Berita Sumut

Warga Medan Mulai Resah, Asap Mulai Menyelimuti Kota Medan

Kabut Asap tebal Jambi mulai diselimuti Kota Medan. Sejumlah warga mengeluh, lantaran mengalami mata perih, hidung sakit dan tenggorokan terasa kering

Minggu, 22 Sep 2019 21:04Berita Sumut

Gempa Bumi "Gegerkan" Warga Deliserdang dan Kota Medan

Warga Kota Medan dan Deliserdang dikejutkan dengan terjadinya gempa bumi tektonik, Minggu (22/9/2019) pada pukul 17.05:44 WIB. Dari hasil analisis Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG), kekuatan gempa yakni magnitudo 2,8

Minggu, 22 Sep 2019 20:40Berita Sumut

Seorang Pria Terseret "Benda Keras dan Panjang" Sampai 200 Meter

Seorang pria tanpa identitas (Mr X) tewas ditabrak kereta api, di perlintasan rel di Jalan Thamrin, Kecamatan Medan Area, Sabtu (21/9/2019) malam

Minggu, 22 Sep 2019 20:18Nasional

Warga Kota Jambi Tak Tembus Pandang Matahari, Sedang Penerbangan Kualanamu Cancel dan Delay

Akibat kabut Asap melanda Kota Jambi, Masyarakat Kota jambi sepanjang hari ini, tidak melihat sinar matahari karena terhalang kabut asap yang kian pekat. Sejumlah warga menyebut kabut asap kali ini melebihi fenomena kabut asap 2015

Minggu, 22 Sep 2019 20:03Berita Sumut

Pengcab FORKI Medan Gelar Latihan Gabungan Perdana

Pengcab FORKI Kota Medan menggelar latihan gabungan antar semua perguruan yang digelar di Perguruan Inkanas di Komplek Perumahan Puri Tanjung Sari Jalan Tanjung Sari Pasar 1 Medan, Minggu (22/9/2019).

Minggu, 22 Sep 2019 19:48Bola

Conte: Lukaku Masih Bisa Tampil Lebih Tajam Dibandingkan Saat Ini

Sebagaimana diketahui, Lukaku sendiri memang resmi bergabung dengan Inter pada jendela transfer musim panas 2019. Manajemen I Nerazzurri - julukan Inter - memboyong Lukaku dari Manchester United dengan mahar mencapai 65 juta euro atau sekira Rp1 triliun

Minggu, 22 Sep 2019 19:33Berita Sumut

Wakil Wali Kota Lepas Fun Bike I-Radio & Indomaret

Sebanyak 4000 peserta kurang lebih mengikuti fun bike di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan

Minggu, 22 Sep 2019 19:18Berita Sumut

Lebih 1.000 Orang Warga Medan Jadi Pendonor Darah Setiap Bulannya

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Administrasi Umum Renward Parapat menghadiri HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-74 di markas PMI Provinsi Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan No. 37 Medan

Minggu, 22 Sep 2019 19:02Berita Sumut

Memiliki Narkoba, Dua Warga Medan Berurusan dengan Polisi Polda

Dikabarkan Subdit III, Unit 4 Ditnarkoba Polda Sumut mengamankan dua pria pengedar narkotika jenis sabu.

Minggu, 22 Sep 2019 18:48Berita Sumut

Selama 3 Hari Transaksi Penjualan FKKM 2019 Tembus Rp. 1 Miliar Lebih

Seribuan pengunjung menghadiri penutupan Festival Kuliner Kota Medan (FKKM) di Lapangan Merdeka Medan

Minggu, 22 Sep 2019 17:39Berita Sumut

Syaiful: Sepanjang Sungai Deli Banyak Berdiri Bangunan Megah

Surat Dinas Perumahan Kawasan Pemukikan Penataan Ruang (PKPPR) Pemerintah Kota Medan yang berisi memerintahkan masyarakat yang bermukim di pinggiran Sungai Deli

Minggu, 22 Sep 2019 16:23Berita Sumut

Muspika Razia, Cafe Hiburan Malam, Kos -Kosan

Tim gabungan Muspika Medan Selayang, selama dua hari Sabtu, hingga Minggu (22/9/2019) dinihari melakukan razia sejumlah lokasi hiburan malam. Selain lokasi hiburan malam, petugas juga merazia beberapa kos-kosan yang ada di wilayah hukum Polsek Sunggal

Minggu, 22 Sep 2019 15:54Berita Sumut

Revitalisasi Alur Sungai di Medan Jangan Sampai Menghilangkan Kebudayaannya

Program Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk merevitalisasi alur sungai yang kini mendapatkan dukungan penuh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yakni Sungai Babura, Sungai Bederah dan Sungai Deli dipastikan akan memunculkan fenomena sosial yan

Minggu, 22 Sep 2019 14:50Berita Sumut

Priscilla Hertati Lumban Gaol Tertantang Raih Emas di Filipina

Segudang pengalaman bertanding dalam pertarungan berbagai seni beladiri menjadi modal bagi atlet kick boxing putri Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol untuk meraih prestasi pada ajang SEA Games XXX yang akan digelar Filipina, 31 Nopember hingga 12 De

Minggu, 22 Sep 2019 13:28Berita Sumut

Jurtul Judi Kim Diamankan Polsek Tanah Jawa

Satuan unit reskrim Polsek Tanah Jawa mengamankan diduga seorang penulis judi jenis kim di Mahasar dusun IV Tanjung Pasir kec Tanah Jawa Kab.Simalungun, Sabtu (21/09/2019) sekira pukul 21.15 wib.

Minggu, 22 Sep 2019 13:13Berita Sumut

Wali Kota: Harhubnas Momentum Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Tertib & Patuh

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH melepas peserta Fun Walk (jalan santai) di Jalan Pulau Pinang Medan