• Home
  • Berita Sumut
  • 12 Tahun Jadi TNI Gadungan, Kedok Muslianto Dibongkar Babinsa Kodim 0201/BS

12 Tahun Jadi TNI Gadungan, Kedok Muslianto Dibongkar Babinsa Kodim 0201/BS

Mtc/rel Jumat, 31 Juli 2020 08:10 WIB
Mtc/ist
MATATELINGA, Medan:  Selama 12 tahun ini, Muslianto terus melakoni identitas sebagai Prajurit TNI AD. Namun siang tadi, kedok siapa dirinya yang sebenar terbongkar. Ternyata, pria 50 tahunan yang menetap di Kompleks IDI, Jln Pintu Air IV, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor ini adalah tentara gadungan.

Kabar terbongkarnya identitas Prajurit TNI Gadungan dengan pangkat Pembantu Letnan Satu (Peltu) ini disampaikan langsung oleh Dandim 0201/BS, Letkol Inf Agus Setiandar, SIP, dalam press conference di Makodim 0201/BS, Jln Pengadilan No.8 Medan, Kamis (30/7/2020) malam. 

Letkol Agus menguraikan kronologis pengungkapan pemalsuan identitas TNI AD ini bermula dari kecurigaan Babinsa Koramil 0201-05/Medan Baru, Serka H Purba.

Siang tadi, Serka H Purba yang berpapasan dengan pelaku di kawasan Jln Luku, tak jauh dari Fly Over Simpang Pos, melihat kejanggalan pada seragam PDL NKRI yang dipakai Muslianto. 

"Saat berpapasan di atas sepeda motor, Serka H Purba melihat seragam PDL yang dipakai pelaku tidak sesuai aturan yang berlaku," terang Letkol Agus. 

Kecurigaan Serka H Purba semakin menguat, manakala pelaku yang ditanya tentang KTA dan NRP-nya, justeru memberikan jawaban yang berbelit-belit. 

Dengan komunikasi persuasif dan senyum teritorialnya, Serka H Purba pun menggiring pelaku yang mengaku bertugas di Denmadam I/BB ini menuju Makoramil 0201-05/Medan Baru. 

"Setelah diinterogasi secara marathon oleh Danramil 0201-05/Medan Baru, Kapten Arm Edi Hutabarat yang didampingi Serka H Purba dan sejumlah Babinsa lainnya, Muslianto akhirnya mengakui dirinya sebagai tentara gadungan," jelas Letkol Agus.

Singkat cerita, Muslianto pun diboyong ke Makodim 0201/BS. Di sini, modus dirinya yang mengaku sebagai TNI AD semakin terungkap, setelah Dan Unit Intel Kodim 0201/BS, Kapten Czi Sonny Ginting bersama personel Intel Kodim 0201/BS lainnya kembali melakukan interogasi. 

Untuk meyakinkan kalau dirinya Prajurit TNI AD sungguhan, Muslianto pun melengkapi dirinya dengan seragam PDL NKRI berpangkat Peltu, sepatu lars panjang, baret, sangkur, dan sebuah pistol jenis Air Soft Gun. 

Tak cukup hanya itu, mulai dari KTP, SIM hingga Kartu Keluarga, semuanya pun mencantumkan identitasnya sebagai Prajurit TNI AD.     

"Penggunaan identitas TNI AD di semua dokumen ini, dimaksudkan pelaku untuk memudahkan aksinya dalam membacking kegiatan-kegiatan proyek. Seperti pengemasan tabung elpiji, dan kegiatan pemasangan kabel bawah tanah milik PLN," ungkap Letkol Agus. 

Dengan mengantongi identitas sebagai Prajurit TNI AD, lanjut Letkol Agus, pelaku juga memanfaatkannya untuk mempermudah pengurusan kredit motor, dan pengurusan melamar kerja maupun masuk perguruan tinggi  oleh dua orang anaknya.  

Diungkapkan Letkol Agus lagi, praktik pemalsuan identitas sebagai Prajurit TNI AD, mulai dilakukan Muslianto sejak tahun 2008, ketika dirinya berhenti kerja sebagai sopir pribadi seorang Perwira Menengah (Pamen) berpangkat Kolonel. 

"Atas pengungkapan kasus ini, tidak hanya TNI AD yang sangat dirugikan, tetapi juga Polri melalui pemalsuan identitas pada SIM, dan pemerintah melalui pemalsuan identitas pada KK. Oleh karenanya, TNI AD melalui Kodim 0201/BS akan mengajukan tuntutan kepada pelaku yang kini telah diserahkan ke Polrestabes Medan untuk proses hukum selanjutnya," ungkap Letkol Agus. 

Terkait respon terhadap kasus seperti ini, Letkol Agus berharap kepada seluruh warga Kota Medan untuk tidak mudah percaya terhadap oknum-oknum yang mengaku sebagai Prajurit TNI. 

"Bila menemukan hal-hal yang seperti ini, segera cross check dengan Babinsa atau Koramil terdekat. Karena tidak menutup kemungkinan, pelaku yang mencatut institusi TNI, biasanya adalah orang-orang yang lihai dalam berkomunikasi. Buktinya Muslianto ini yang selama 12 tahun praktiknya sudah cukup banyak Prajurit TNI yang berhasil dibohonginya," pungkas Letkol Agus. 

Terhadap Babinsa Koramil 0201-05/Medan Baru, Serka H Purba, Letkol Agus memastikan dirinya akan memberikan reward. "Ke Komando Atas juga akan kita ajukan (rewardnya), apakah berupa kesejahteraan atau kenaikkan pangkat," ucap abituren Akmil 1999 ini mengakhiri. 

Dalam press conference ini, selain personel Intel Kodim 0201/BS, juga hadir Kepling XIX, Kompleks IDI Jln Pintu Air IV, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Wasinton Manalu didampingi seorang staf. 


Editor: Amrizal

T#g: Blibli Matatelinga.com.matatelinga.com/matatelinga.com Matatelinga comTerkiniTravelika
Komentar
Selasa, 11 Agu 2020 21:42Nasional

Integrasi TNI-Polri Dukung Program Pembangunan SDM Unggul

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan tugas bersama seluruh komponen bangsa dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur.

Selasa, 11 Agu 2020 21:31Berita Sumut

Pemko Medan Siap Ikuti Regulasi Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual, Selasa (11/8).

Selasa, 11 Agu 2020 21:15Berita Sumut

Wabup Sergai: “Lestarikan Gotong Royong sebagai Identitas”

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya berkunjung ke Desa Pematang Terang Kecamatan Tanjung Beringin, Sabtu (08/08/2020). Kunjungannya ini juga bersamaan dengan kapasitasnya sebagai ketua komunitas sepeda motor “X-Trime Sergai”.

Selasa, 11 Agu 2020 20:00Nasional

Kabaharkam Polri Jadi Narasumber Manajemen Talenta Polri yang Diikuti Lulusan Akpol 2019

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menjadi narasumber pada kegiatan Manajemen Talenta Polri di Hotel Mercure Jakarta,

Selasa, 11 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Galang Kekompakan Raih Suara Dan Menang Dengan Tidak Merendahkan Yang Lain.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Asahan sudah semakin dekat, ekskalasi suhu politik juga sudah mulai menghangat, pasangan calon bupati dan wakil bupati Asahan periode 2020 - 2024 Surya - Taufik yang telah mengumpulkan 32 kursi dari 7 Partai P

Selasa, 11 Agu 2020 18:30Berita Sumut

Kasdam I/BB Terima Kunjungan Danjen Akademi TNI

Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan (Kasdam) Brigjen TNI Didied Pramudito menerima kunjungan Danjen Akademi TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han) beserta rombongan bertempat di Lounge room Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto km 7,5 Med

Selasa, 11 Agu 2020 18:15Berita Sumut

Kapolres Simalungun Tegaskan Jajarannya Siap Mengamankan Pelaksanaan Pilkada

Dalam rangka menyambut Pilkada di wilayah Kabupaten Simalungun. Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K hadiri kegiatan sosialisasi tahapan pemilu yang digelar oleh KPU di Hotel Sing A Song, Jl.Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (1

Selasa, 11 Agu 2020 18:00Berita Sumut

Keburu Diciduk Polisi, Oknum Wartawan dan Temannya Ini Gagal Sedot Sabu di Hotel

Kali ini Satuan Narkotika Polres Siantar mengamankan salah seorang oknum wartawan media online yang ada di Kota Pematang Siantar berinisial AK (31) warga Kelurahan Naga Pita Kecamatan Siantar Martoba dari salah satu kamar di Hotel Binaling, Senin (10/08)

Selasa, 11 Agu 2020 17:45Berita Sumut

Walikota Binjai Terima Kunjungan KKL Pasis Dikreg LIX Seskoad

Walikota Binjai H.M.Idaham SH. M.Si menerima kunjungan dari Kakorlap KKL Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LIX Seskoad TA 2020 di Binjai Command Center (BCC), senin (10/08/2020).

Selasa, 11 Agu 2020 17:30Berita Sumut

Kader Akar Rumput PDIP Tolak Bobby-Aulia

Sejumlah kader PDIP Kota Medan langsung bereaksi menyusul diumumkannya pasangan calon yang direkomendasikan DPP PDIP untuk Kota Medan, Selasa (11/8) Bobby Nasution - Aulia Rahman. Para kader menyatakan menolak pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman karena k

Selasa, 11 Agu 2020 17:15Berita Sumut

Pelaku Pembobol Rumah Mewah di Jalan Pinus Diciduk Polisi

Tim Tekab Polsek Medan Timur berhasil meringkus seorang pelaku pembobol rumah mewah yang berada di Jalan Pinus II Kelurahan Pulo Brayan, Medan Timur. Aksi pembobolan ini dilakukan pelaku berulang kali di rumah yang sama.

Selasa, 11 Agu 2020 17:00Ekonomi

Rupiah Ditutup Melemah 0,22% di level Rp14.680 Per Dolar AS

Akhir perdagangan Selasa (11/8/2020) Rupiah spot ditutup pada level Rp 14.680 per dolar Amerika Serikat (AS) melemah 0,22% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 14.648 per dolar AS.

Selasa, 11 Agu 2020 16:48Berita Sumut

Sempat Ancam Jurnalis, Warga Siantar Utara Ini Ditetapkan Sebagai Tersangka Narkoba

Seorang pria berinisial FAP (29), yang diamankan Sat Narkoba Polres Siantar dari Jalan Mojopahit Gang Kinantan, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Senin (10/8/2020) sore akhirnya ditetapkan jadi tersangka.

Selasa, 11 Agu 2020 16:33Berita Sumut

Walikota Binjai Hadiri Pelantikan PD KAMI Kota Binjai

Wali kota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si didampingi Ketua TP PKK kota Binjai, Hj. Lisa Andriani Lubis menghadiri acara pelantikan Pengurus Daerah Komunitas Aktivis Muda Indonesia (PD KAMI) kota Binjai, Senin (10/08/2020).

Selasa, 11 Agu 2020 16:10Berita Sumut

Bayar Mahal Tapi Masih Berlumpur dan Bau, Warga Tebingtinggi Kecewa Pelayanan PDAM

Masyarakat Kota Tebing Tinggi pelanggan PDAM Tirta Bulian, khususnya warga Perumahan BTN Purnawirawan Kelurahan Bulian Kecamatan Bajenis merasa sangat kecewa dan marah. Pasalnya, pasokan kiriman air yang diterima oleh warga dari PDAM Kota Tebing Tinggi kw

Selasa, 11 Agu 2020 16:02Ekonomi

IHSG Naik 0,63% ke Level 5.190,17 Jelang Sore

Akhir perdagangan hari ini. Selasa (11/8/2020) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat , IHSG naik 32,33 poin atau 0,63% ke level 5.190,17 pada akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI).