• Home
  • Berita Sumut
  • Akhyar Minta Bantuan & Dukungan Keluarga Besar Al Jam'iyatul Washliyah Kota Medan Atasi Covid-19

Akhyar Minta Bantuan & Dukungan Keluarga Besar Al Jam'iyatul Washliyah Kota Medan Atasi Covid-19

Faeza Jumat, 03 Juli 2020 10:33 WIB
Mtc/ist
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi minta bantuan keluarga besar Pengurus Daerah (PD) Al Jam'iyatul Washliyah guna mengatasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Di samping itu juga mendukung Peraturan Wali Ko
MATATELINGA, Medan: Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir  H Akhyar Nasution MSi minta bantuan  keluarga besar Pengurus Daerah (PD) Al Jam'iyatul Washliyah guna mengatasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Di samping itu juga mendukung Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan  baru yang telah dipersiapkan Pemko Medan. Sebab, perwal ini berisikan pedoman dan tatanan yang harus diikuti masyarakat sehingga dapat melakukan aktifitas di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui sampai kapan berakhirnya tersebut.

Harapan ini disampaikan  Akhyar ketika bersilaturahmi dengan pengurus PD Al Jami'iyatul Wasliyah di Kampus Univa Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (2/7) sore. Apalagi jumlah warga yang positif terinfeksi Covid-19 terus bertambah. Kini, tercatat 1.033 orang warga yang positif terpapar penyakit mematikan tersebut.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid-19, jelas Akhyar, jumlah warga yang positif Covid-19 sebanyak 1.033 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 689 orang diantaranya masih dirawat di rumah sakit. "Warga yang paling banyak dirawat berasal dari Kecamatan  Medan Amplas sebanyak 63 orang. Tentunya ini sangat mengkhawatirkan, sebab  kemungkinan peningkatan akan terus terjadi. Jadi mari kita bersama-sama menghentikannya," ujarnya.

Sebagian warga yang positif Covid-19, jelas Akhyar berasal dari orang tanpa gejala (OTG). Sebab, keluarga maupun orang sekitarnya tidak mengetahui jika OTG positif Covid-19 karena sangat sehat dan tanpa gejala seperti demam, batuk maupun  bersin-bersin sehingga bebas beraktifitas dan berkomunikasi sehingga penularan pun terjadi.

"Di samping itu ada kecendrungan di tengah-tengah masyarakat yang menganggap tabu penyakit Covid-19. Begitu ada anggota keluarga yang positif Covid-19 berusaha ditutup-tutupi karena takut dikucilkan masyarakat. Akibatnya keluarga yang positif itu menularkan virus Corona nya kepada anggota keluarga yang lain, termasuk warga sekitarnya," ungkapnya.

Guna menyikapinya, Akhyar pun sangat mengharapkan masukan dan dukungan dari keluarga besar Al Jam'iyatul Washliyah Kota Medan agar dapat mengatasi masalah ini secara bersama-sama. "Kami tak mungkin sendiri mengatasi pandemi Covid-19, butuh bantuan semua pihak, termasuk keluarga besar Al Jam'iyatul Washliyah Kota Medan. Mari kita bersama-sama mengatasinya," harapnya.

Di kesempatan itu Akhyar pun menyerahkan Perwal Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru kepada Ketua PD Al Jam'iyatul Kota Medan Azzam Nasution. Akhyar berharap agar perwal itu dapat diterapkan di tengan-tengah keluarga besar Al Jam'iyatul Wasliyah.

Halaman :
Editor: Faeza

T#g:./[( Akhyar Nasution al-washliyah Medan.medanPemko Medan
Komentar
Senin, 03 Agu 2020 15:32Berita Sumut

ASN dan Honorer Pemko Tebing Tinggi di Rapid Test, 3 Orang Reaktif

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid -19 Pemko Tebing Tinggi melalui Tim Medis Dinas Kesehatan mengadakan pemeriksaan uji cepat Rapid Test, Senin (03/08) di Balai Kota Tebing Tinggi.

Senin, 03 Agu 2020 14:45Berita Sumut

Jabatan Pamen dan Dandim di Lingkungan Kodam I/BB Diserahterimakan

Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Irwansyah MA., MSc., pimpin Serahterima jabatan atau Sertijab dalam acara Tradisi Korps Penerimaan dan Pelepasan Perwira Menengah Kodam I/BB di Balai Prajurit Makodam I/BB Jl. Gat

Senin, 03 Agu 2020 14:26Berita Sumut

Curi 50 Gram Emas, Komar Dibedil Polisi

Seorang warga Pancurbatu berinisial KG alias Komar (38) dilumpuhkan dan harus merasakan dinginnya terali besi Polsek Delitua. Dia diciduk lantaran membobol rumah seorang warga di kawasan Jalan Jamin Ginting Kelurahan Sidomulyo dan mencuri emas seberat 50

Senin, 03 Agu 2020 13:25Berita Sumut

Kapolda Sumut Buka Supervisi Operasi Aman Nusa ll dalam Rangka Penanganan Covid 19

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin membuka langsung kegiatan Supervisi Operasi Aman Nusa ll dalam rangka penanganan Covid 19 di Aula Tribrata Mapolda Sumut. Senin (03/08/20). Dalam kesempatan ini Kapolda Sumut menyampaikan Supervisi ini dilaksanakan

Senin, 03 Agu 2020 13:08Berita Sumut

Takut Diburu Polisi, Perampok yang Lukai Mantan Pegawai BKD Siantar Serahkan Diri

TRH Manik (25), pria yang berkediaman di Abdeling C Toba Sari Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun diserahkan oleh pihak keluarganya ke Polres Siantar, Senin (03/08) dini hari sekira pukul 03.00 Wib. Pemuda itu tersandung kasus penganiayaan

Senin, 03 Agu 2020 11:30Berita Sumut

DMI dan SMSI Dorong Belajar Daring Fungsikan Masjid

Masjid sebagai sarana ibadah dan sosial, merupakan sarana vital di tengah mayoritas masyarakat Muslim. Menghadapi Covid-19 ini, Masjid dapat menjadi ujung tombak dalam membantu anak usia sekolah untuk belajar dari jarak jauh dengan daring. “Penguru

Senin, 03 Agu 2020 11:13Berita Sumut

Satnarkoba Polres Labuhanbatu Ciduk DPO Kejaksaan

Personil Satnarkoba Polres Labuhanbatu berhasil menciduk seorang buronan kasus narkoba Kejari Labuhanbatu. Pelaku diringkus saat tengah tertidur pulas di Kebun Afdeling III PTPN III Pulo Mandi Kab.Asahan, Senin (3/8) dinihari.

Senin, 03 Agu 2020 10:32Berita Sumut

Pemko Medan Apresiasi BNN Gelar Turnamen Sepakbola Kemerdekaan U-14

Pemko Medan mengapresiasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara bersama Klub Batak United FC yang telah menggelar pertandingan sepakbola U-14, Minggu (2/8) sore. Turnamen ini digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Ind

Senin, 03 Agu 2020 09:14Berita Sumut

Polisi Ciduk Pelaku Perdagangan Anak Dipekerjakan Sebagai Tukang Kusuk Lulur

Polres Pelabuhan Belawan meringkus seorang pelaku perdagangan anak di bawah umur berinisial RP (45) warga Desa Tanjung Selamat Pasar ll Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Dia diciduk dari tempat usahanya, Minggu (3/8).

Senin, 03 Agu 2020 09:00Bola

Jangan Lewatkan Laga, Man City vs Real Madrid

Saat bertandang ke markas Manchester City, Bek Real Madrid, Raphael Varane, mengaku cukup percaya diri timnya mampu membalikan keadaan di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2019-2020.

Senin, 03 Agu 2020 08:21Berita Sumut

Kijang Krista Hantam Dua Sepeda Motor di Simalungun, Satu Tewas

Seorang pengendara sepeda motor Dede Afrian (28) tewas dalam perjalanan menuju Rumah Sakit setelah kendaraan yang dikendarainnya ditabrak oleh satu unit Mobil Kijang Krista. Peristiwa ini tejadi di Jalan Umum Km 16-17 jurusan Pematangsiantar - Medan tepat

Senin, 03 Agu 2020 08:00Lifestyle

Apa Penyebab Perempuan, Benci dengan Hubungan Romantis...?

Setiap pasangan pasti biasanya mendambakan ingin hubungan yang romantis setipa masing masing. Selain itu, tidak terlepas kebanyakan mereka menyukai drama percintaan yang indah.

Senin, 03 Agu 2020 07:15Ekonomi

Harga Emas Naik, Membuat Gairah Investasi Meningkat

Sejak beberapa lalu, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) telah menembus Rp1 juta per gram. Di mana, rekor tertingginya mencapai Rp1.022.000 per gram.

Senin, 03 Agu 2020 07:00Aceh

Meluapkan Kegembiraan Sama Keluarga di Wisata Irigasi Jeuram

Wisata Irigasi Jeuram, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya dipadati masyarakat dengan menikmati pemandangan serta tempat pemanadian, memasuki hari ketiga Idul Adha

Senin, 03 Agu 2020 06:45Ekonomi

Pegadaian Menyiapkan Produk digital Lending, Bagi Usaha Menengah ke atas

PT Pegadaian (Persero) telah menyiapkan strategi menghadapi perkembangan fintech peer to peer lending yang semakin berkembang di tanah air.

Senin, 03 Agu 2020 06:30Bola

Pendapatan Barcelona Berkurang Gara Virus Corona, Menahan Diri Belanja Pemain

Dalam pemaparan Bartomeu, wabah virus corona telah membuat pendapatan Barcelona berkurang hampir 30% dari total pendapatan mereka yang diprediksi menyentuh 1,1 miliar euro (Rp19 triliun) di musim ini.