Bawaslu Kota Medan Temukan 2.327‎ Pemilih Belum Dicoklit

Mtc/rel Kamis, 13 Agustus 2020 22:00 WIB
Mtc/Ist
Anggota Bawaslu Kota Medan, M Fadly
MATATELINGA, Medan: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan sedikitnya menemukan 2.327 pemilih di wilayahnya belum dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit). 


Jumlah tersebut merupakan bagian dari 930 rumah yang belum dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih‎ (PPDP)‎ untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan Tahun 2020. 

Demikian diungkapkan Anggota Bawaslu Kota Medan, M Fadly kepada wartawan di Medan, Kamis, (13/8/2020). 

Ia menjelaskan, data tersebut berdasarkan hasil pengawasan dilakukan jajaran Bawaslu Kota Medan, pada 11 hingga hari terakhir Coklit 13 Agustus 2020.

"Jadi, seluruh jajaran Bawaslu Kota Medan turun tiga hari belakangan ini. Baik Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) turun langsung ke rumah-rumah warga dan bertanya langsung kepada warga tentang pendataan Pemutakhiran Data Pemilih dilakukan yang dilakukan PPDP. Dengan jumlah 930 rumah belum dicoklit ‎di dalamnya terdapat 2.327‎ pemilih," jelas Fadly.

Selain itu, Fadly mengungkapkan, pihaknya juga mengumpulkan dokumen-dokumen untuk memperkuat bahwa masih banyak warga Kota Medan belum dicoklit oleh PPDP dengan meminta foto copy Kartu Keluarga, KTP, rekaman video dan foto-foto.


"Ini bukti kami. Bahwa kami turun ke lapangan bersama jajaran dan bertemu langsung dengan warga-warga yang belum didatangi oleh PPDP," ungkapnya. 

Fadly menilai, masih banyak PPDP menjalani tugas tidak maksimal sesuai dengan ketentuan dan peraturan ditetapkan. 

Karena itu, menurutnya hal ini menjadi catatan buruk dalam tahapan-tahapan Pemutakhiran Data Pemilih‎ di Pilkada Medan 2020‎.

"Kami Bawaslu Kota Medan menjaga hak pilih masyarakat kota Medan. Data kami temukan di lapangan ini akan disampaikan ke KPU Kota Medan untuk segera ditindaklanjuti dengan melakukan Coklit terhadap warga dan rumah yang belum didatangi PPDP," imbuhnya.

Untuk itu, Fadly mengungkapkan data tersebut, merupakan pengawasan dan audit rumah belum dicoklit di  21 Kecamatan di Kota Medan.

Ia menduga, masih banyak lagi rumah masyarakat yang belum didatangi ‎oleh PPDP.

"Kami berharap KPU Kota Medan mengintruksikan jajarannya ke bawah seperti PPK dan PPS bisa mengecek keseluruhan rumah warga yang belum dicoklit. Jangan sampai hak pilih warga hilang," katanya dengan nada berharap.


Selanjutnya, Fadly menuturkan, dari pengawasan dilakukan pihak Bawaslu Kota Medan bersama jajaran juga ditemukan sebanyak 5.013  pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) kembali terdaftar dalam Daftar Pemilih Model A KWK. 

Sebaliknya, sebanyak 14.379 pemilih yang memenuhi syarat (MS) justru tidak masuk ke dalam Data A KWK. 

"Patut diduga di jajaran bawah KPU Kota Medan(PPK, PPS, dan PPDP) tidak maksimal dalam melakukan sinkronisasi antara Daftar Pemilih Pemilu 2019 dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan(DP4), masih banyak juga PPDP yang diduga tidak bekerja dengan sesuai aturan dan ketentuan dalam melakukan pemutakhiran data berdasarkan A KWK," tutur  ‎Fadly.

Selanjutnya, Fadly menyayangkan bahwa hal ini dapat berakibat pengulangan pekerjaan yang dilakukan oleh PPDP dan Panwaslu Kelurahan untuk melakukan coklit serta terkait hasil uji petik MS dan TMS.

“Kalau seperti ini PPDP pasti akan melakukan coklit ulang. Serta melihat hasil uji petik yang dilakukan Bawaslu Medan juga berpotensi masih akan melakukan sinkronisasi terhadap data TMS dan MS, yang seyogyanya hal tersebut sudah dilakukan saat melakukan sinkronisasi data pemilih terkahir dengan data DP4,” kata Fadly.

Disebutkan Fadly, dari pelaksanaan pengawasan tahapan ‎Pemutakhiran Data Pemilih sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, Bawaslu Kota Medan sudah menyampaikan surat saran perbaikan disampaikan kepada PPK di 9 Kecamatan di Kota Medan.  

"Antara lain, kita temukan dari pengawasan melekat dan langsung di lapangan, ditemukan nama petugas PPDP yang tercantum di Surat Keterangan (SK) ‎berbeda dengan petugas PPDP yang bertugas di lapangan. Kemudian PPDP tidak mencoklit dari rumah ke rumah. PPDP tidak melakukan coklit tetapi hanya menempel stiker A.A2 KWK di rumah warga," sebutnya.

Selanjutnya, juga ditemukan masih ada PPDP yang menjalankan tugasnya tidak sesuai protokol kesehatan, A.A-2 KWK tidak diisi secara lengkap dan Petugas PPDP diduga sebagai anggota Partai Politik (Parpol) aktif. 

Sementara itu, Ketua Panwaslu Medan Labuhan, Rustam Efendi mengatakan, dari pengawasan tersebut, juga ditemukan ada sekitar 35 warga menolak dilakukan coklit oleh PPDP. 

Hal itu terjadi di Lingkungan 9 Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan.‎

"Penolakan Coklit terjadi pada Senin kemarin, 10 Agustus 2020‎. Saat itu, kami dari Panwaslu Kecamatan Medan Labuhan sedang melakukan pengawasan melekat bersama PPK Medan Labuhan, PPS Kelurahan Sei Mati," kata Rustam Effendi.

Penolakan itu, sebut Rustam, dari hasil klarifikasi dan pengumpulan informasi oleh Panwaslih Kecamatan Medan Labuhan diduga imbas dari Pemilihan Kepala Lingkungan (Kepling) 9 tersebut.

Rustam mengatakan, ada warga pro dan kontra terhadap ‎Kepling terpilih.

"Kita sudah juga sudah menjelaskan kedatangan kami waktu itu bersama PPK, PPS dan PPDP untuk melakukan pendataan atau coklit. Jadi, tidak ada hubungan dengan hal itu. Tapi, warga tersebut menolak dengan berbagai alasan," ungkap Rustam.

Dengan itu, Rustam mengatakan sudah menyampaikan Laporan Hasil Pengawasan Pemilih (LHPP) ke Bawaslu Kota Medan dan sudah menyampaikan ke PPK Medan Labuhan untuk berkodinasi dengan pihak Kecamatan Medan Labuhan guna mencari solusi bersama agar warga dilakukan coklit oleh PPDP.

"Kami awalnya sudah mengetahui terkait problem di lingkungan tersebut berdasarkan LHPP PKD Sei Mati. Kemudian, kami sampaikan surat saran perbaikan ke PPK Medan Labuhan dan ditindaklanjuti. Kami pun mendatangi lingkungan 9 bersama PPK, PPS dan PPDP. Itu lah terjadi, ada warga menolak,"‎ pungkas Rustam.
Editor: 1

T#g: Anggota Bawaslu Kota Medan Blibli Kota Medan M Fadly Matatelinga.com.matatelinga.com/matatelinga.com Matatelinga com Terkini Traveloka temukan 2.327Bawaslu Kota MedanIndeks
Komentar
Selasa, 29 Sep 2020 15:15Berita Sumut

Akhyar dan Gus Nur Tukaran Buku

Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution dan Penceramah Gus Nur saling tukar buku seusai salat Isya berjamaah di Masjid Al Musabbihin Komplek Taman Setia Budi Indah (Tasbih), Senin (28/9/2020) malam.

Selasa, 29 Sep 2020 15:06Berita Sumut

Persidangan di PN Medan Mulai Abaikan Protokol Kesehatan

Proses persidangan di Pengadilan Negeri Medan mulai mengabaikan protokol kesehatan. Seperti persidangan yang digelar di Ruang Cakra III, pada Senin (28/9) kemarin. Persidangan yang digelar secara maraton dengan berbagai kasus para jaksa dari Kejaksaan Neg

Selasa, 29 Sep 2020 14:35Berita Sumut

Kapendam I/BB Apresiasi Warga Ikut Berjibaku di TMMD Ke-109

Kecintaan rakyat kepada TNI semakin terlihat nyata pada pelaksanaan program reguler Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA 2020 di enam Kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

Selasa, 29 Sep 2020 14:12Lifestyle

Nikita Mirzani Diranjang Katanya Bisa Orgasme Sebanyak 11 Kali

Memang nggak habis-habis buka suara soal urusan ranjang si Nikita Mirzani ini. Selain bisa bercinta dengan dua pria dalam sehari, dia bisa orgasme sebanyak 11 kali.

Selasa, 29 Sep 2020 13:30Nasional

Panglima TNI Buka Lomba Bersepeda TNI-Pacific Virtual Fun Bike Tahun 2020

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., secara resmi membuka Lomba TNI-Pacific Virtual Fun Bike sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), bertempat di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sela

Selasa, 29 Sep 2020 13:03Berita Sumut

Pjs. Bupati Sergai Awali Tugas Pimpin Rakor Pemerintahan dan Pembangunan

Hari pertama dalam menjalankan tugasnya sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si langsung memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan dan Pembangunan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,

Selasa, 29 Sep 2020 12:45Berita Sumut

Kabaharkam Perkenalkan Helm Smart KC Wearble

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memperkenalkan helm smart kc weareble. Perkenalan helm smart ini dilakukan saat Kabaharkam datang ke Mapolda Sumut dalam agenda kunjungan kerja, Selasa (29/9).

Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

4 Kawanan "Becak Hantu" Diringkus, 1 Bandit Terpaksa di Dor Kakinya

Kawanan maling "Becak Hantu" digulung Personel Subnit Jatanras Unit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan di mana dalam suatu penyergapan dari 2 lokasi berbeda.

Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

Akhyar Sampaikan Duka Mendalam atas Kepergian Sahabatnya Parulian Tampulobon

Akhyar Nasution mengaku sangat sedih mendengar wafatnya Parulian Tampubolon, Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Kota Medan akibat infeksi virus Covid-19 pada Senin (28/9/2020). Akhyar mengaku sangat dekat dengan almarhum karena sama-sama akti

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Dua Pelaku Curat Modus 'Becak Hantu' Diciduk Polisi

Petugas Subnit Jatanras Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan ciduk dua pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) ketika beraksi di Kampus AMIK MPP Jalan Jamin Ginting kawasan Padang Bulan, Medan.

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Kapolda Sumut Sambut Kedatangan Kabaharkam Polri di Bandara Kualanamu

Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH tiba di Bandara Kualanamu International Airport, Selasa (29/09) sekira pukul 09.45 Wib. Kedatangan Kabaharkam Polri disambut Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si dan Pejabat Utama Pol

Selasa, 29 Sep 2020 12:00Berita Sumut

Usai Cabuli Anak Tirinya Berkali-kali, Pria Ini Kabur Dari Rumah

Seorang remaja wanita sebut saja Mawar (16) warga Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, harus melaporkan ayah tirinya L (28) ke Mapolsek Medan Labuhan pada Senin (28/09/2020) siang. Korban melaporkan perbuatan sang ayah tiri tega mencabuli

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Lifestyle

Harga HP Realme Terbaru Cuma Rp1 Jutaan Aja Loh !

Saat ini HP Realme masih menjadi alternatif pilihan HP murah. Daftar lengkap harga HP Realme terbaru berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih HP baru.

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Berita Sumut

Kantor DPD Demokrat Sumut Didemo, Massa Tuntut AHY Selamatkan Partai

Belasan massa dari Aliansi Rakyat Indonesia Pendukung Partai Demokrat (ARIP Demokrat) berunjuk rasa di depan Kantor DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, Jalan Gatot Subroto, Medan, Senin 28 September 2020.

Selasa, 29 Sep 2020 11:15Berita Sumut

Dandim 0208/Asahan : Terima Kasih Kepada Tokoh Masyarakat dan Warga Sekitar di TMMD 109

Komandan Kodim 0208/Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh sekaligus Dansatgas TMMD 109 dalam hal ini mengungkapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat dan antusiasnya warga dalam TMMD 109, wujud nyata kemanunggalan

Selasa, 29 Sep 2020 11:00Lifestyle

Catat ! 7 Drama Korea Terbaru 2020 yang Tayang Oktober

Ada beberapa drama Korea terbaru 2020 yang tayang Oktober sudah gencar promosi. Salah satunya adalah drama Korea terbaru Start-Up.