Cegah Covid - 19, Masyarakat Sumut Diminta untuk Tidak Mudik

Amrizal Kamis, 02 April 2020 16:00 WIB
Mtc/ist
Tokoh masyarakat Dr. H. Nispul Khoiri. M.Ag selaku Ketua PW ISNU Sumut (kanan) dan Tuan Guru Batak Dr. Ahmad Sabbana Elrahmaniy Rajagukguk (kiri_
MATATELINGA, Medan: Tokoh masyarakat Dr. H. Nispul Khoiri. M.Ag selaku Ketua PW ISNU Sumut menghimbau kepada masyarakat untuk sementara waktu untuk tidak melaksanakan mudik. Hal ini menyikapi penyebaran virus corona yang semakin mewabah di Indonesia.

Menjelang pelaksanaan bulan Ramadhan dan Idul Fitri, masyarakat selalu disibukkan dengan mudik ke kampung halaman. Namun dalam kondisi penyebaran virus corona yang tidak kasat mata ini, Nispul Khoiri mengajak masyarakat untuk tahun ini tidak melaksanakan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1441 H, baik dari kota ke desa maupun desa ke kota. 

Dia menyampaikan butuh Kesadaran masyarakat untuk mematuhi himbauan sebagai wujud perjuangan  bersama melawan virus corona (Covid 19) ysng semakin mewabah.

"Pencegahan virus corona ini membutuhkan kebersamaan masyarakat untuk turut andil melawan corona, dengan social distancing dan psychal distancing memutuskan mata rantai virus corona" ucap Nispul Khoiri.

"Dengan tidak bermudik, bukanlah berarti menghilangkan nilai - nilai ukhuwah lebaran, tetapi menambah nilai ibadah untuk menciptakan kemaslahatan jiwa  bersama," tutup Ketua PW ISNU Sumut itu. 

Hal yang sama juga disampaikan Tuan Guru Batak Dr. Ahmad Sabbana Elrahmaniy Rajagukguk yang juga mengajak masyarakat Sumut untuk berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan tidak melaksanakan mudik saat Idul Fitri 1441 H. 

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk membantu pemerintah dan aparat negara khususnya Polda Sumut dengan mengikuti anjuran untuk tidak mudik, dengan cara menahan diri karena ini salah satu cara ampuh untuk memutus dan mengurangi jatuhnya korban akibat virus yang mematikan ini" ucap Tuan Guru Batak.

"Jangan sampai kita sebagai faktor penyebabnya. Apakah kita yang menularkan atau kita yang tertular. Tidak akan berkurang khitmat puasa dan lebaran apa bila kita tidak mudik ke kampung halaman, jadikan moment ini sebagai bentuk kasih sayang kita terhadap keluarga dengan tidak memberikan penyakit yang tidak kasat mata ini. Semoga bencana ini cepat berlalu" tutup Tuan Guru Batak


 (mtc/rel)
Editor: Ismail

T#g:mudik lebaranPW ISNUCovid-19Covid 19Polda sumut
Komentar
Rabu, 27 Mei 2020 18:30Internasional

Gara-Gara Tertawai Presiden, Komedian Tanzania Diadili

Komedian Tanzania Idris Sultan disidang di pengadilan ibu kota komersial Dar Es Salaam pada Rabu pagi (27/5/2020), delapan hari setelah dia ditangkap karena menertawai Presiden John Magufuli.

Rabu, 27 Mei 2020 18:15Aceh

Dipa Syahbuana: Bantuan Masih Dalam Proses, Masyarakat Harap Bersabar

Dimohonkan masyarakat penerima Bantuan Tunai Langsung (BLT) Dana Desa (DD) dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, harap bersabar. Pasalnya, karena bantuan itu masih dalam proses dan dikabarkan akan dicairkan sepekan ke depan ini.

Rabu, 27 Mei 2020 18:00Berita Sumut

Tak Terima Ditegur Karena Ugal-ugalan, Dua Kelompok Pemuda Saling Serang di Tapsel, Satu Tewas

Pasca terjadinya bentrok antar warga di Tapanuli Selatan, Polisi dan TNI berhasil meredam warga kedua desa di Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapsel, Selasa (26/5/2020) malam, hal yang sama juga kembali terjadi di Desa Huraba, Kecamatan Angkola Timur,

Rabu, 27 Mei 2020 17:45Berita Sumut

Gunakan Kapal Kayu, Satu Meninggal Dunia dari Puluhan TKI Asal Malaysia

Puluhan TKI ilegal dari Malaysia, menumpang kapal kayu diperkirakan mendarat di Pelabuhan Tanjungtiram, dikabarkan satu orang meninggal dunia

Rabu, 27 Mei 2020 17:30Ekonomi

Ingin tahu harga Emas Jalang Sore Ini, Bergerak di US$ 1.706,87 per ons troi

Prospek ekonomi untuk negara maju tahun ini telah kembali gelap dalam sebulan terakhir, dengan pemulihan tajam berbentuk V diperkirakan oleh kurang dari seperlima ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Rabu, 27 Mei 2020 17:15Berita Sumut

Dua Desa Masih Mencekam, Brimob dan Personel Dari Polres Tapsel Masih Berjaga-jaga

Terkait dengan masalah yang terjadi di Tapanuli Selatan, pengamanan dan mediasi perkelahian antara warga masyarakat Kel. Pintu Padang dengan warga masyarakat Desa Huraba Kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan, Selasa (26/5/2020) berlangsung aman.

Rabu, 27 Mei 2020 17:00Nasional

Panglima TNI Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan I-II dan Sertijab Pangkohanudas

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) kepada Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M., dan Pangkogabwilhan II Marsda TNI Im

Rabu, 27 Mei 2020 16:45Berita Sumut

Tuan Rondahaim Saragih Disepakati Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Tuan Rondahaim Saragih diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Raja ke-14 dari Kerajaan Raya (Simalungun) ini dinilai telah berperan dalam memimpin dan melakukan perjuangan mempertahankan wilayah Indonesia dari penjajahan Belanda.

Rabu, 27 Mei 2020 16:15Berita Sumut

Kota Medan Siap Laksanakan New Normal

Kota Medan siap melaksanakan kondisi new normal. Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri, guna

Rabu, 27 Mei 2020 16:00Berita Sumut

Bawa Rombongan Pejabat Utama, Kapolres Simalungun Silaturahmi dengan Forkopimda

Kapolres Simalungun AKBP.Agus Waluyo, S.I.K., membawa para pejabat utama Polres Simalungun untuk melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Simalungun sebagai pengantar tugas Kapolres di Simalungun Rabu (27/05/2020

Rabu, 27 Mei 2020 15:42Berita Sumut

Kadispenad : SDM Penerangan harus Bangkit dan Kreatif

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus menggelar video conference (Vidcon) kepada para Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) jajaran Angkatan Darat.

Rabu, 27 Mei 2020 14:45Berita Sumut

Usai di Rapid Test, 250 Warga Kota Medan Dapat Bantuan Sembako Dharma Pertiwi Daerah "A"

Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatannya di masa Covid-19 ini, Dharma Pertiwi Daerah "A" menggelar Rapid Test kepada 250 warga Kota Medan yang dilanjutkan dengan pembagian sembako.

Rabu, 27 Mei 2020 13:45Nasional

Mutasi Jabatan 78 Perwira Tinggi TNI, Berikut Daftarnya

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dina

Rabu, 27 Mei 2020 13:15Berita Sumut

Terima Kunjungan GTPP Covid 19 Sumut, Wakil Walikota Siantar Harapkan RSUD dr Djasamen Bisa Lakukan Uji Swab

Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM mengharapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih bisa melakukan uji swab (PCR). Sehingga tidak lagi harus ke Jakarta atau Medan.

Rabu, 27 Mei 2020 13:00Berita Sumut

Dharma Pertiwi Kodam I/BB Gelar Rapid Test Kepada Masyarakat

Pengurus Dharma Pertiwi Kodam I/BB menggelar rapid test kepada masyarakat di Jalan Kapten Muslim Medan, Rabu (27/5/2020). Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

Rabu, 27 Mei 2020 11:45Berita Sumut

Jadwal Sekolah Aktif Belum Bisa Dipastikan

Pemerintah Kota (Pemko) Medan belum bisa memastikan jadwal sekolah kembali aktif seperti biasanya. Sampai saat ini, Dinas Pendidikan Kota Medan masih menunggu instruksi lebih lanjut.