Dinas Pariwisata Pemkot PSP Salurkan "BaLaSa"

Mtc/Heri AN Selasa, 07 Juli 2020 15:45 WIB
Matatelinga/Heri AN
Penyaluran Bantuan BaLaSa dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
MATATELINGA, Padangsidimpuan : Pemkot Padangsidimpuan melalui Dinas Pariwisata (Dispar) setempat menyalurkan bantuan paket BaLaSa (Bahan Pokok Lauk Siap Saji) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), kepada tenaga kerja sektor pariwisata yang terdampak Covid-19, pada Senin 06 Juli 2020.

Mewakili Wali Kota Asisten I dan Plt kadis Pariwisata kota Padangsidimpuan secara simbolis menyerahkan bantuan kepada penerima bantuan. Total ada 357 paket yang siap disalurkan, dipusatkan di area Kolam Kaisar, Joring Natobang, Kec. Angkola Julu, dengan disaksikan pihak kepolisian.





"Paket bantuan yang kita salurkan ini berasal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Setiap bantuan dipaket dalam dos yang berisi beras dan makanan siap saji tanpa bahan pengawet. Jadi tingkat kadaluarsanya cepat jadi harus didistribusikan secepatnya, terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Mei Jenni Harahap, S.Sos, MM, menjawab wartawan.

Dijelaskannya, untuk Kota Padangsidimpuan hanya menerima kuota sebanyak 357 paket bantuan dari 412 data calon penerima yang diusulkan pihaknya ke kementerian, data hasil penjaringan ke lapangan sebelumnya.

"Jumlah itu kita akumulasi dari hasil pendataan pada saat menjelang bulan Ramadhan kemarin, dengan cara mendatangi langsung tempat atau lokasi usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kota Padangsidimpuan,' ujarnya.




Sayangnya disaat pendataan itu, menurut Mei Jenni, banyak lokasi usaha berbasis pariwisata dalam kondisi tutup atau tidak beroperasi. Hal ini menjadi salah satu faktor kesulitan pihaknya untuk bisa mendapatkan data menyeluruh.


"Meski kuota tersebut terbilang tidak ideal atau belum mengakomodir seluruh calon penerima, distribusi paket bantuan yang diterima ini patut kita syukuri. Mengingat tidak semua daerah di Indonesia memperoleh jatah," sebutnya.

Adanya 357 paket bantuan berisikan beras 5 kg, minyak goreng dua liter, tepung terigu 1 kg, mie telur 200 gram dua bungkus, dan kentang kering 150 gram ini diharapkan dapat sedikit mengurangi beban dimasa pandemi.




"Sektor pariwisata adalah sektor yang paling pertama terkena dampak positif pandemi Covid-19. Jadi pemerintah sangat peduli untuk membantu seperti BaLaSa yang diberikan ke berbagai kabupaten/kota," tutur Jenni.

Terakhir, Plt. Kadis mengajak semua pihak agar sama-sama mendoakan supaya wabah Corona segera berakhir. Kondisi perekonomian stabil kembali dengan akan aktifnya sektor pariwisata yang merupakan bagian nadi geliat ekonomi.

Disisi lain, Manajer SDM Hotel Mega Permata, Nafsi, disela mendampingi stafnya menerima bantuan mengaku menyambut baik kepedulian pemerintah terhadap beban kesulitan mereka di tengah menghadapi masa pandemi.





"Akibat pandemi Covid-19, pendapatan drastis menurun hingga berimplikasi kepada sejumlah karyawan yang harus dirumahkan. Dan seperti mereka-mereka yang disodorkan sebagai calon penerima bantuan," ungkapnya.

Bagi Nafsi, bukan besaran jumlah bantuan yang diterima menjadi skala prioritas. Tetapi bentuk perhatian pemerintah terhadap pelaku usaha yang begitu tertatih di tengah pandemi, dalam memperjuangkan nasib karyawan.

"Terima kasih kepada kementerian terkait khususnya Pemkot Padangsidimpuan melalui Dinas Pariwisata setempat. Bantuan ini sangat berarti bagi kami. Dan semoga ke depan situasi ini akan pulih kembali," harapnya.
Editor: James P Pardede

T#g: DPRD Sumutpsp
Komentar
Sabtu, 08 Agu 2020 21:08Berita Sumut

Pangdam I/BB Sebagai Keynote Speaker Dalam Seminar Nasional

Kodam I/BB melalui Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Irwansyah MA, MSc, telah tampil sebagai Keynote speaker atau Pembicara Utama di acara Seminar Nasional.

Sabtu, 08 Agu 2020 18:57Berita Sumut

Sore Ini, Sinabung Erupsi Lagi Setinggi 1.000 Meter

Sore ini, Gunung Sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik sejauh kurang lebih 1.000 meter. Sebelumnya pada Sabtu (8/8) pagi tadi Gunung Sinabung setelah 14 bulan vakum.

Sabtu, 08 Agu 2020 17:41Berita Sumut

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Setelah 14 Bulan Tenang

Pada Sabtu (8/8) pukul 01.58 WIB Gunung Sinabung di Sumatra Utara kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter dari atas puncak.

Sabtu, 08 Agu 2020 16:48Berita Sumut

Rahmad Penyandang Disabilitas Dagang Narkoba

Opsnal Reskrim Polsek Bandar Pulau Asahan membekuk "RM alias Rahmad" (31) warga dusun IV desa Gajah Sakti Kecamatan Bandar Pulau Asahan , yang sudah sangat meresahkan warga masyarakat setempat.

Sabtu, 08 Agu 2020 15:45Berita Sumut

Pengedar Sabu di Brayan Bengkel Diciduk Polisi

Petugas Satres Narkoba Polres Pelabuhan Belawan kembali menangkap seorang laki laki pengedar sabu sabu di Jalan Masjid Lingkungan ll Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Kecamatan Medan Timur Kota Medan Propinsi Sumatera Utara, Jumat (07/08/2020) pulul 16.30 wib

Sabtu, 08 Agu 2020 15:25Berita Sumut

Warga Jalan Karya Jaya Tewas di Depan Losmen Cibulan

Seorang pria warga Jalan Karya Jaya Lingkungan 6 Kel.Pangkalan Mansyur Kec.Medan Johor dilaporkan tewas di depan Losmen Cibulan Jalan Jl.Rupat Kel.Gg.Buntu Kec.Medan Timur, Sabtu (8/8).

Sabtu, 08 Agu 2020 15:05Nasional

Pangdam I/BB Keynote Speaker Seminar Nasional Bertema Peranan TNI Dalam Penanganan Covid-19

Kodam I/BB melalui Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Irwansyah MA, MSc, telah tampil sebagai Keynote speaker atau Pembicara Utama di acara Seminar Nasional Dengan Tema Peranan TNI Dalam Penanganan Covid-19 dan ketahanan Ekonomi di Wilayah Kepulauan Riau.

Sabtu, 08 Agu 2020 14:22Berita Sumut

Erupsi Gunung Sinabung, 4 Kecamatan Tertutup Abu Vulkanik

Erupsi Gunung Sinabung yang terjadi pada Sabtu (8/8) dini hari, dengan ketinggian kolom abu lebih kurang 2.000 meter mengakibatkan 4 kecamatan di Kabupaten Karo tertutup abu vulkanik.

Sabtu, 08 Agu 2020 13:29Berita Sumut

Sepeda Motor Terseret 10 meter, Wanita Ini Tewas Menghantam Trotoar Jalan

Seorang pengendera sepeda motor diketahui bernama Cut Ziah (37) tewas setelah menabrak trotoar hingga terseret 10 meter saat melintas di Jalan A.H Nasution Kel. Kwala Bekala Kec. Medan Johor. Kota Medan mengarah ke Arah Asrama Haji, Sabtu (8/8/2020) pagi.

Sabtu, 08 Agu 2020 13:14Ekonomi

Emas Antam Turun Rp10.000 Per Gram di Akhir Pekan

Pada perdagangan hari Sabtu (8/8/2020) harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) terkoreksi di pasar spot.

Sabtu, 08 Agu 2020 12:48Berita Sumut

Bupati Sergai Ingatkan Desa Taat Pajak

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama jajaran melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Pembangunan Desa di Kecamatan Sei Rampah, Jumat (7/8/2020).

Sabtu, 08 Agu 2020 11:10Nasional

PVMBG: Gunung Sinabung Kembali Alami Erupsi Setinggi 2.000 Meter

Pada Sabtu (8/8) pukul 01.58 WIB Gunung Sinabung di Sumatra Utara kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter dari atas puncak.

Sabtu, 08 Agu 2020 08:48Nasional

Gilang Ditetapkan Jadi Tersangka dan Langsung Nginap di Sel

Akhir pihak kepolisian menetapkan Gilang Aprilian (GA) sebagai tersangka terkait kasus fetish kain jarik yang sempat viral di media sosial (medsos).

Sabtu, 08 Agu 2020 08:45Berita Sumut

Kapolres Tapanuli Tengah Sambut Kedatangan Pangdam l/BB Mayjen TNI Irwansyah

Tapanuli Tengah AKBP Nicolas Dedy Arifianto, sambut kedatangan Pangdam l/BB Mayjen TNI Irwansyah di Mapolres Tapteng

Sabtu, 08 Agu 2020 08:30Nasional

Bersama Komite Penanganan Covid-19 dan PEN, TNI AD Siap Dukung Penanggulangan Pandemi

Menteri BUMN, Erick Thohir dan KSAD Jenderal Andika Perkasa, usai bertemu di Markas TNI AD, Provinsi DKI Jakarta, Jumat

Sabtu, 08 Agu 2020 08:00Internasional

Kecelakaan Pesawat Terbelah Dua,Sedikitnya 16 Orang Meninggal Dunia

Kecelakaan pesawat saat musim hujan di India bukan pertama kali terjadi. Musim ini berlangsung mulai Juni hingga September dan sering menimbulkan gangguan di kawasan Asia Selatan.