• Home
  • Berita Sumut
  • Ditilang di Medan, Jangan Takut! Kamu Tinggal Datang Ke Kantor Pos Terdekat

Ditilang di Medan, Jangan Takut! Kamu Tinggal Datang Ke Kantor Pos Terdekat

Mtc/Jam Rabu, 08 Juli 2020 18:00 WIB
Matatelinga/Istimewa
Kajari Medan Dwi Setyo budi Utomo, SH,MH
MATATELINGA, Medan : Setelah berinovasi dengan program Si Abang Lae (Sistem Antar Barang Bukti & Tilang Lewat Online), Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan kembali membuat terobosan baru untuk mendukung program pemerintah menerapkan Protokol Kesehatan. Program terbaru tersebut adalah menjalin kerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam hal pembayaran denda tilang, biaya perkara dan biaya pengiriman. Selanjutnya, pihak kantor pos yang akan mengantar STNK, SIM dan barang bukti ke rumah.

"Terobosan ini menjadi salah satu domain penting dalam mendukung protokol kesehatan, dimana masyarakat tidak perlu harus datang ke kantor Kejari Medan membayar denda tilang dan mengambil barang bukti tilang," kata Kepala Kejaksaan Negeri Medan Dwi Setyo Budi Utomo, SH,MH didampingi Kasi Pidum Kejari Medan Parada Situmorang,SH,MH, Rabu (8/7/2020).




Lebih lanjut Kajari Medan menyampaikan, Perjanjian Kerjasama antara antara PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Medan 20000 dengan Kejaksaan Negeri Medan tentang Pembayaran denda dan biaya perkara serta pengiriman barang bukti pelanggar lalu lintas melalui Kantor Pos telah disepakati dan ditandatangani oleh Kepala Kantor Pos Medan Achmad Fuad Khamali, SE, MM dengan Kajari Medan H. Dwi Setyo Budi Utomo, SH,MH.

"Kerjasama ini dimaksudkan dalam rangka untuk efisiensi proses pembayaran denda dan biaya perkara tilang dengan cara menggunakan jasa pengiriman barang bukti tilang secara terbukukan untuk tujuan dalam negeri," kata Dwi Setyo Budi Utomo.




Dengan adanya kerjasama ini, lanjut Dwi Setyo, pelanggar lalu lintas yang ditilang di Medan sementara alamat domisilinya di luar Kota Medan, contohnya, warga yang ditilang adalah warga Jakarta atau daerah lain tak perlu khawatir lagi. Pelanggar lalu lintas tinggal mendatangi kantor pos terdekat dan membayar denda tilang, biaya perkara serta biaya pengiriman setelah perkaranya putus.

"Selanjutnya, pihak kantor pos yang akan mengantarkan STNK, SIM atau barang bukti lainnya ke rumah masyarakat. Perlu diperhatikan, alamat pengiriman barang bukti tilang harus jelas dan benar agar tidak salah kirim," tandas Kajari Medan.

Kedepannya, kata Dwi Setyo pembayaran tilang dapat dibayarkan di seluruh Kantor pos di Indonesia dengan aplikasi SOPP Pos dan Aplikasi M-Giropos dapat dikembangkan sebagai opsi pembayaran tilang dengan platform aplikasi mobile.
 



Sebelumnya, tambah Dwi Setyo, Kejari Medan telah menjalankan program Si Abang Lae, dimana program ini memberi kemudahan kepada masyarakat yang harta bendanya dijadikan barang bukti, dan tilang setelah perkaranya diputus pengadilan dan berkekuatan hukum tetap. Masyarakat tinggal hubungi petugas tilang atau barang bukti, maka barang bukti dan tilang akan diantar setelah masyarakat menyelesaikan administrasi denda tilang (khusus untuk kota Medan).

"Perbedaan program Si Abang Lae dengan kerjasama Kantor Pos ini adalah warga masyarakat di luar Kota Medan yang ditilang di Kota Medan tak perlu repot. Prosesnya menjadi lebih mudah dan program ini sangat membantu masyarakat, terutama yang tinggal di luar kota Medan," papar Dwi Setyo mantan Kasubdit Tindak Pidana Perpajakan dan Tindak Pidana Pencucian Uang pada Direktorat Upaya Hukum Luar Biasa Eksekusi dan Eksaminasi Jampidsus Kejagung.
Editor: James P Pardede

T#g: Kantor Pos Kejaksaan Si Abang Lae TilangKejari MedanKejari.medan
Komentar
Senin, 03 Agu 2020 16:06Berita Sumut

Ratusan Warga Unjuk Rasa Ke Kantor Bupati Labuhanbatu

Ratusan warga mengatasnamakan Rakyat Pesisir Desa Sei Pegantungan Kabupaten Labuhanbatu bersama Gerakan Mahasiswa Labuhanbatu (Gemerlab) dan Posko Perjuangan Rakyat Sumatera Utara (Pospera Sumut) unjuk rasa kekantor Bupati mempertanyakan kenapa akses jala

Senin, 03 Agu 2020 15:32Berita Sumut

ASN dan Honorer Pemko Tebing Tinggi di Rapid Test, 3 Orang Reaktif

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid -19 Pemko Tebing Tinggi melalui Tim Medis Dinas Kesehatan mengadakan pemeriksaan uji cepat Rapid Test, Senin (03/08) di Balai Kota Tebing Tinggi.

Senin, 03 Agu 2020 14:45Berita Sumut

Jabatan Pamen dan Dandim di Lingkungan Kodam I/BB Diserahterimakan

Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Irwansyah MA., MSc., pimpin Serahterima jabatan atau Sertijab dalam acara Tradisi Korps Penerimaan dan Pelepasan Perwira Menengah Kodam I/BB di Balai Prajurit Makodam I/BB Jl. Gat

Senin, 03 Agu 2020 14:26Berita Sumut

Curi 50 Gram Emas, Komar Dibedil Polisi

Seorang warga Pancurbatu berinisial KG alias Komar (38) dilumpuhkan dan harus merasakan dinginnya terali besi Polsek Delitua. Dia diciduk lantaran membobol rumah seorang warga di kawasan Jalan Jamin Ginting Kelurahan Sidomulyo dan mencuri emas seberat 50

Senin, 03 Agu 2020 13:25Berita Sumut

Kapolda Sumut Buka Supervisi Operasi Aman Nusa ll dalam Rangka Penanganan Covid 19

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin membuka langsung kegiatan Supervisi Operasi Aman Nusa ll dalam rangka penanganan Covid 19 di Aula Tribrata Mapolda Sumut. Senin (03/08/20). Dalam kesempatan ini Kapolda Sumut menyampaikan Supervisi ini dilaksanakan

Senin, 03 Agu 2020 13:08Berita Sumut

Takut Diburu Polisi, Perampok yang Lukai Mantan Pegawai BKD Siantar Serahkan Diri

TRH Manik (25), pria yang berkediaman di Abdeling C Toba Sari Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun diserahkan oleh pihak keluarganya ke Polres Siantar, Senin (03/08) dini hari sekira pukul 03.00 Wib. Pemuda itu tersandung kasus penganiayaan

Senin, 03 Agu 2020 11:30Berita Sumut

DMI dan SMSI Dorong Belajar Daring Fungsikan Masjid

Masjid sebagai sarana ibadah dan sosial, merupakan sarana vital di tengah mayoritas masyarakat Muslim. Menghadapi Covid-19 ini, Masjid dapat menjadi ujung tombak dalam membantu anak usia sekolah untuk belajar dari jarak jauh dengan daring. “Penguru

Senin, 03 Agu 2020 11:13Berita Sumut

Satnarkoba Polres Labuhanbatu Ciduk DPO Kejaksaan

Personil Satnarkoba Polres Labuhanbatu berhasil menciduk seorang buronan kasus narkoba Kejari Labuhanbatu. Pelaku diringkus saat tengah tertidur pulas di Kebun Afdeling III PTPN III Pulo Mandi Kab.Asahan, Senin (3/8) dinihari.

Senin, 03 Agu 2020 10:32Berita Sumut

Pemko Medan Apresiasi BNN Gelar Turnamen Sepakbola Kemerdekaan U-14

Pemko Medan mengapresiasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara bersama Klub Batak United FC yang telah menggelar pertandingan sepakbola U-14, Minggu (2/8) sore. Turnamen ini digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Ind

Senin, 03 Agu 2020 09:14Berita Sumut

Polisi Ciduk Pelaku Perdagangan Anak Dipekerjakan Sebagai Tukang Kusuk Lulur

Polres Pelabuhan Belawan meringkus seorang pelaku perdagangan anak di bawah umur berinisial RP (45) warga Desa Tanjung Selamat Pasar ll Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Dia diciduk dari tempat usahanya, Minggu (3/8).

Senin, 03 Agu 2020 09:00Bola

Jangan Lewatkan Laga, Man City vs Real Madrid

Saat bertandang ke markas Manchester City, Bek Real Madrid, Raphael Varane, mengaku cukup percaya diri timnya mampu membalikan keadaan di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2019-2020.

Senin, 03 Agu 2020 08:21Berita Sumut

Kijang Krista Hantam Dua Sepeda Motor di Simalungun, Satu Tewas

Seorang pengendara sepeda motor Dede Afrian (28) tewas dalam perjalanan menuju Rumah Sakit setelah kendaraan yang dikendarainnya ditabrak oleh satu unit Mobil Kijang Krista. Peristiwa ini tejadi di Jalan Umum Km 16-17 jurusan Pematangsiantar - Medan tepat

Senin, 03 Agu 2020 08:00Lifestyle

Apa Penyebab Perempuan, Benci dengan Hubungan Romantis...?

Setiap pasangan pasti biasanya mendambakan ingin hubungan yang romantis setipa masing masing. Selain itu, tidak terlepas kebanyakan mereka menyukai drama percintaan yang indah.

Senin, 03 Agu 2020 07:15Ekonomi

Harga Emas Naik, Membuat Gairah Investasi Meningkat

Sejak beberapa lalu, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) telah menembus Rp1 juta per gram. Di mana, rekor tertingginya mencapai Rp1.022.000 per gram.

Senin, 03 Agu 2020 07:00Aceh

Meluapkan Kegembiraan Sama Keluarga di Wisata Irigasi Jeuram

Wisata Irigasi Jeuram, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya dipadati masyarakat dengan menikmati pemandangan serta tempat pemanadian, memasuki hari ketiga Idul Adha

Senin, 03 Agu 2020 06:45Ekonomi

Pegadaian Menyiapkan Produk digital Lending, Bagi Usaha Menengah ke atas

PT Pegadaian (Persero) telah menyiapkan strategi menghadapi perkembangan fintech peer to peer lending yang semakin berkembang di tanah air.