Gedung Sekolah di Nias Dijadikan Tempat Isolasi

Faeza Kamis, 17 September 2020 11:00 WIB
MATATELINGA, Medan: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengambil sejumlah langkah untuk mencegah  peningkatan penyebaran Covid 19 di Kepulauan Nias. Di antaranya penyekatan, isolasi, serta percepatan pengiriman sampel tes swab-PCR.   

“Jadi kita melakukan penyekatan aktif namanya di Nias, karena Nias sendiri saat ini sudah 106 (kasus konfirmasi). Ini tidak boleh kita tunda lagi. Yang kita sekat pertama adalah lapangan terbang, pesawat dari Jakarta ke Nias, dari Medan ke Nias, disekat bukan berarti distop,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Rabu (16/9).

Mantan Pangkostrad ini sebenarnya berharap Kepulauan Nias diisolasi total. Namun rencana itu tidak dapat dilaksanakan karena memerlukan waktu.  Karena itu yang diperketat adalah aturan untuk penumpang pesawat. Perlakuan yang sama ditetapkan untuk penumpang kapal laut,  baik yang dari Sibolga ke Nias, Singkil ke Nias, atau Teluk Bayur ke Nias. Penyekatan di Kepulauan Nias ini berlaku 14 hari mulai hari Senin (21/9).

“Dia (penumpang) harus membawa surat swab pernyataan negatif. Namun demikian walaupun dia membawa surat swab pernyataan negatif begitu sampai di Nias tetap diisolasi selama 3 hari. Kita siapkan tempat isolasi,” jelasnya.

Edy mengakui saat ini alat atau perangkat pendukung swab di Nias terbatas. Laboratorium PCR pun belum ada di sana. Saat ini Pemprov Sumut tengah mengajukan pengadaannya di Nias.

Karena peralatan yang terbatas itu, swab hanya dilakukan untuk paseien dengan gejala berat. Sampel yang diambil dari swab langsung diterbangkan dengan pesawat ke Medan. Hasilnya diperkirakan dapat diketahui dua hari kemudian. 

Sementara untuk kontak erat terhadap kasus konfirmasi di Nias akan diikuti dengan rapid test. Warga yang reaktif akan diisolasi dan menjalani swab. Mereka akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang disiapkan. “Contoh, ada sekolahan-sekolahan yang saat ini libur, ada SMA ada SMK, kita siapkan, kita bikinkan tempat tidur di situ, kita siapkan kasur, kita isolasi di situ. Kita rawat rakyat-rakyat yang di sana,” sebut Edy.

Sementara puskesmas tidak merawat orang yang tepapar Covid-19. Fasilitas kesehatan ini hanya mengobati penyakit selain Covid-19. 

Satgas khusus telah dibentuk untuk menertibkan pelaksanaan protokol kesehatan di Nias dan menyiapkan pengaturan lokasi perawatan, tempat-tempat isolasi, dan pemakaman. Mereka juga  melakukan pencarian orang yang terpapar tetapi melakukan isolasi sendiri. “Tidak diperbolehkan melakukan isolasi sendiri, diambil, disiapkan, dan dirawat,”pungkasnya. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:GUBS EDY RAHMAYADInias
Komentar
Jumat, 25 Sep 2020 19:15Berita Sumut

Sidang Permeriksaan PK Mantan Walikota Medan Diharapkan Dilakukan Secara Virtual

Secara teknis, imbuh jubir KPK Ali Fikri, sidang tentu sepenuhnya menjadi kewenangan majelis hakim. Namun demikian, KPK berharap bisa dilakukan via online karena demi menjaga kesehatan bersama dalam situasi pandemi Covid 19 saat ini.

Jumat, 25 Sep 2020 19:00Berita Sumut

Belasan Rumah Warga Hancur Ditimpa Atap Sekolah SMA DR Wahidin

Selain puluhan rumah warga dihantam angin puting beliung, juga rumah Sekolah Dr Wahidin Sudiiro Husodo yang berlokasi di Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara atap sengnya diterbang

Jumat, 25 Sep 2020 18:30Berita Sumut

Puluhan Rumah Warga Porak Poranda di Hantan Angin Puting Beliung

Akibat hujan deras diserta petir dan angin kencang pada Kamis malam (24/09/09/2020 pukul 18.30 wib puluhan rumah warga di Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan atap sengnya berterbangan diterpa angin Puting Beliung.

Jumat, 25 Sep 2020 18:00Berita Sumut

Nangkap Pelaku Pemerasan Sopir, Anggota Polri Korban Penembakan

Anggota Reskrim Polsek Kuala Hulu, Polres Labuhanbatu yang berinisial Bripka RS (38), menjadi korban penembakan yang dilakukan pelaku pemerasan supir truk.

Jumat, 25 Sep 2020 17:45Berita Sumut

Rektor UINSU Cs Diperiksa, Poldasu Segera Kirim BAP Ke JPU

Direktur Reskrimsus Poldasu Kombes Pol.Rony Samtana mengakui tiga tersangka dugaan korupsi mangkrak pembangunan gedung perkuliahan terpadu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) sudah diperiksa.

Jumat, 25 Sep 2020 17:30Berita Sumut

Akhyar Lakukan Penanaman Pohon, Demi Untuk Lingkungan

Dalam rangka memperingati Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi lakukan penanaman pohon, Jumat (25/9/2020) pagi. Perayaan ini dilakukan merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan

Jumat, 25 Sep 2020 17:15Berita Sumut

Para Guru SMKN 1 Lima Puluh, Berterima Kasih Sama Kodim 0208/Asahan

Kinerja Kodim 0208/Asahan yang melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 mendapat respon positif dari berbagai kalangan baik dari tukan penjual rujak, becak, Lembaga Swadaya Masyarakat

Jumat, 25 Sep 2020 17:00Nasional

Panglima TNI Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 19 Perwira Tinggi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 19 Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri dari 9 (sembilan) Perwira Tinggi TNI AD, 4 (empat) Perwira Tinggi TNI AL dan 6 (enam) Perwira Tinggi TNI AU, bertempat di Mabes

Jumat, 25 Sep 2020 16:50Berita Sumut

Semakin Dekat Pelaksanaan Pilkada Semakin Bertambah Jumlah Warga Terinfeksi Covid 19

Pelaksanaan pemilihan kepala daerah di seluruh kabupaten kota yang mengikuti pesta demokrasi tersebut hanya tinggal tujuh puluh enam hari terhitung dari 26 September hingga 09 Desember 2020.

Jumat, 25 Sep 2020 16:35Berita Sumut

Gereja GKII Direnovasi, Jemaat Doakan Kodim 0208/Asahan Sehat Dan Naik Pangkat

Kegiatan merenovasi rumah ibadah Gereja Kemenangan Indonesia (GKII) yang terletak dijalan Dusun VI Datuk Lima Puluh Simpang Dolok Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara terus mendapat perhatian para Jemaat. Yang dilaksanakan oleh Kodim 0208/Asahan

Jumat, 25 Sep 2020 16:03Ekonomi

Jelang Sore, Harga Emas Naik Sentuh US$1.876,50 Per Ons Troi

Pada perdagangan Jumat (25/9/2020) sore harga emas spot menguat 0,28% ke level US$ 1.873,38 per ons troi di pasar spot.

Jumat, 25 Sep 2020 15:56Ekonomi

IHSG Menguat 2,13% ke Level 4.945,79 Jelang Akhir Pekan

Akhir perdagangan terakhir pekan ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat setelah turun dalam empat hari perdagangan berturut-turut.

Jumat, 25 Sep 2020 15:53Ekonomi

Sore Ini Rupiah Menguat di Level Rp14.873 Per Dolar AS

Akhir perdagangan Jumat (25/9/2020) nilai tukar rupiah di pasar spot akhirnya bangkit. Kurs rupiah spot berada di level Rp 14.873 per dolar Amerika Serikat (AS).

Jumat, 25 Sep 2020 15:32Nasional

Seorang Napi China Kabur dari Lapas Kelas I Tangerang

Seorang Napi China Kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Saar ini Polda Metro Jaya bersama Badan Nasional Narkotika (BNN) tengah menyelidiki keterlibatan oknum petugas atas kaburnya narapidana berkewarganegaraan China itu.

Jumat, 25 Sep 2020 14:18Nasional

Ketua PP Bamusi Apresiasi Pidato Jokowi Soal Palestina di Sidang Majelis Umum PBB

Ketua PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Yayan Sopyani Al Hadi, sangat mengapresiasi Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-75, yang memberikan dukungan untuk Palestina.

Jumat, 25 Sep 2020 13:53Berita Sumut

Belum Ada Terobosan Kebijakan Akhyar Atasi Banjir di Medan.

Wakil Ketua Gerindra Sumut Sugiat Santoso menilai Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution gagal mengatasi banjir. Dia menyebut tak ada terobosan kebijakan dari Akhyar untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di Medan.