• Home
  • Berita Sumut
  • Gema Santri Nusa Sesalkan Terjadinya Pembakaran Bendera PDI Perjuangan

Gema Santri Nusa Sesalkan Terjadinya Pembakaran Bendera PDI Perjuangan

Mtc/Jam Kamis, 25 Juni 2020 19:30 WIB
Matatelinga/Istimewa
Akhmad Khambali
MATATELINGA, Medan : Masyarakat sontak terkejut dengan adanya aksi pembakaran bendera PDI Perjuangan dalam demonstrasi menolak RUU HIP yang dilakukan oleh sekelompok massa di depan Gedung DPR kemarin.

Menyikapi hal ini, Ketua Umum Gema Santri Nusa (Gerakan Mitra Santri Nusantara) Akhmad Khambali, SE, MM menyampaikan sikapnya dan pokok-pokok pikiran atas terjadinya perilaku tersebut.

Pertama, Partai Politik, termasuk PDI Perjuangan, dengan segala kelengkapan tanda-tanda kebesarannya termasuk bendera partai politik adalah sesuatu yang legal dan dilindungi di Indonesia. Melakukan penghinaan terhadap simbol-simbol partai politik yang telah disahkan adalah perbuatan melawan hukum dan mencederai sistem demokrasi Indonesia.






Kedua, Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah partai yang telah resmi dibubarkan di Indonesia berdasarkan TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966. Memproduksi, menyebarkan dan dengan sengaja mengibarkan di depan publik adalah perbuatan melawan hukum dan patut diduga ditumpangi kepentingan-kepentingan tertentu. Pembakaran bendera PDI Perjuangan adalah tindakan melawan hukum, demikian juga pengibaran bendera PKI.

Ketiga, Gema Santri Nusa sangat menyayangkan terjadinya pembakaran bendera PDI Perjuangan karena di samping melanggar hukum juga berpotensi menyebabkan terjadinya konflik di masyarakat Indonesia.

"Apapun alasannya pembakaran bendera PDI Perjuangan tersebut tidak dapat dibenarkan," tandas Akhmad Khambali.

Keempat, Gema Santri Nusa menyerukan agar kita sebagai Bangsa menghindarkan diri dari kemungkinan terjadinya proxy war dan politik adu domba di dalam negeri sebagai akibat dari naiknya eskalasi konflik global yang kecenderungannya akan semakin menemukan episentrumnya di Pasifik.




"Alih-alih melegitimasi proxy war, kita harus menyembuhkan luka-luka lama bangsa Indonesia dengan membangun rekonsiliasi dan konsensus nasional agar kita dapat membangun roadmap masa depan Indonesia yang lebih utuh dan bersatu," tegasnya.

Kelima, Bangsa Indonesia adalah bangsa besar yang berpotensi memberikan solusi bagi dunia. Menghabiskan energi dengan berkonflik sesama anak bangsa adalah perbuatan yang dapat mengganggu tercapainya tujuan nasional.

"Mari kita dayagunakan energi nasional kita untuk kebesaran bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," paparnya.




Keenam, Bangsa Indonesia harus bersatu untuk menghadapi situasi pasca Covid-19. Ancaman krisis ekonomi yang terjadi harus diantisipasi secara bersama-sama. Sudah tiba waktunya rakyat diberikan pendidikan politik dan pemahaman tentang krisis ekonomi secara lebih terbuka.

"Disinformasi terhadap rakyat akan menembak balik. Dengan landasan ini, pemerintahan yang bersih dan akuntabel dapat tercipta. Dan, Indonesia Emas akan menjadi milik semua rakyat Indonesia. Sebaliknya, pembodohan politik rakyat akan selalu menyisakan masalah di masa mendatang dan semakin menjauhkan kedaulatan rakyat," kata Akhmad Khambali.
Editor: James P Pardede

T#g:Gema Santri Nusapenjaga masjidPolrestabes Deli SerdangSembakoTerkini
Komentar
Minggu, 12 Jul 2020 19:15Nasional

Penyemprotan Disinfektan dan Pengukuran Suhu Tubuh serta Pembagian Masker di Gereja

Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kita dituntut untuk melakukan berbagai upaya melalui tindakan nyata.

Minggu, 12 Jul 2020 19:00Berita Sumut

Berselang Tiga Jam Tekab Polresta Deli Serdang Ringkus Tersangka Curanmor

Respon cepat (Quick Respon) kembali diperlihatkan jajaran Satuan Reskrim Polresta Deli Serdang dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan menindak lanjuti laporan pengaduan masyarakat.

Minggu, 12 Jul 2020 18:38Berita Sumut

Pecandu Narkoba Mengaku Polisi, Saat Merampok

Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Belawan menangkap seorang laki laki mengaku anggota Polisi yang bertugas di Polda Sumatera Utara. Setelah ditangkap petugas KePolisian ternya Polisi ini adalah Polisi gadungan yang kerjanya melakukan pemerasan,perampasan d

Minggu, 12 Jul 2020 17:29Berita Sumut

Peringati Hari Diabetes Nasional, Nawal Ajak Masyarakat Sumut Perbanyak Aktivitas Fisik

Sekitar 90-95% kasus diabetes merupakan Diabetes Tipe 2, yakni jenis diabetes yang disebabkan oleh keadaan tubuh yang tidak dapat merespon insulin atau hormon pengendali gula darah. Hal itu antara lain disebabkan kurangnya melakukan aktivitas fisik.

Minggu, 12 Jul 2020 16:00Berita Sumut

Bripka Sukisno Terobos Banjir Demi Bantu Warga

Bhabinkamtibmas Polsek Perdagangan Polres Simalungun Bripka Sukisno menerobos banjir demi dapat membantu warga nya yang mengalami banjir, Hujan deras dengan durasi cukup tinggi menyebabkan banjir terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Simalungun, termasuk

Minggu, 12 Jul 2020 14:00Berita Sumut

Kawasan Wisata Tomok Masih Ditutup Untuk Umum

Kawasan wisata Danau Toba sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat terutama menuju penerapan new normal (tatanan kehidupan baru), bahkan seperti disampaikan Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan Drs Wong Chun Sen Tarigan, M.PdB yang berkesempatan mengunjungi

Minggu, 12 Jul 2020 13:55Berita Sumut

Rektor dan WR 1 USU Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Kabar mengejutkan datang dari Universitas Sumatera Utara (USU). Rektor USU Prof.Runtung Sitepu dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab di Labotorium ‎Labotorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di RS USU. Namun, Runtung masuk dalam

Minggu, 12 Jul 2020 12:30Berita Sumut

Hadiri Pelantikan Rempala & Rakerda DMDI Sumut, Akhyar Ajak Lestarikan Lingkungan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh pengurus Remaja Masjid Pecinta Alam (Rempala) Indonesia Sumut yang baru dilantik agar belajar kehidupan dan kepemimpinan. Sebab, tidak sedikit lahir kader pemimpin masa depa

Minggu, 12 Jul 2020 12:15Berita Sumut

Seorang Warga Sergai Asal Tebing Syahbandar Positif Covid-19

Kerja Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih terus berlanjut dengan kembali bertambahnya 1 (satu) orang warga Sergai yang dinyatakan positif terjangkit virus asal Wuhan.

Minggu, 12 Jul 2020 12:00Berita Sumut

Pengendara Motor yang Hilang Dihantam Banjir di Siantar Ditemukan Tewas, Identitas Belum Diketahui

Sempat dinyatakan hilang terseret banjir saat melintas di Jalan Rondahaim Kelurahan Tanjung Tongah Kota Pematang Siantar ditemukan dalam kondisi tewas, Minggu (12/07) sekira pukul 09.00 Wib

Minggu, 12 Jul 2020 11:45Berita Sumut

Sempat Ditimbun Longsor, Arus Lalu Lintas di Parapat Mulai Lancar

Arus lalu lintas di Jalinsum Parapat tepatnya 2 km sebelum kota Parapat, Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun pada saat ini Minggu (12/07) sudah dapat dilewati oleh pengendara roda dua maupun roda empat. Sebelumnya

Minggu, 12 Jul 2020 10:55Berita Sumut

Dihantam Banjir, Seorang Pengendara Motor di Siantar Martoba Hilang Terseret Air

Curah hujan yang tinggi disertai dengan petir yang mengguyur Kota Pematang Siantar menyebabkan banjir bandang di beberapa tempat di Siantar. Akibat banjir bandang tersebut satu orang pengendara terseret arus banjir dan meninggal dunia.

Minggu, 12 Jul 2020 10:00Berita Sumut

Pedagang dan Pembeli di Pasar di Kawasan Medan Utara Masih Banyak Abaikan Protokol Kesehatan

Meski saat ini pemerintah meminta masyarakat untuk menggunakan masker, namun di Pasar Inpres yang terletak di Jalan Jawa/Jalan Bunga dan Jalan Pasar Kelurahan Belawan ll Kecamatan Medan Belawan Kota Medan banyak para pedagang dan pengunjung tidak mengikut

Minggu, 12 Jul 2020 09:45Berita Sumut

Polda Sumut dan Ditjen Bea Cukai Gagalkan Penyeludupan 500 Ballpres Pakaian Bekas Asal Malaysia

Kapal Patroli gabungan Ditpolairud Polda Sumut dan Ditjen Bea Cukai berhasil menangkap Kapal KM Doa Ibu bermuatan 500 ballpres asal Malaysia yang akan diseludupkan ke Tanjung Asahan pada Sabtu (11/07/2020.)

Sabtu, 11 Jul 2020 23:59Internasional

Lee Hsien Loong Kembali Jabat PM Singapura

Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa di Singapura kembali mempertahankan kekuasaannya setelah memenangi pemilihan umum pada Jumat (10/7/2020). Meski meraih keunggulan, tetapi dukungan bagi partai itu sebagai mayoritas telah berkurang.

Sabtu, 11 Jul 2020 23:14Berita Sumut

Hujan Deras,,, Mengakibatkan Jalur Siantar- Parapat Lumpuh Total.

Hujan yang turun mulai sore hari dengan debit yang cukup deras mengguyur daerah di Kabupaten Simalungun mengakibatkan tanah longsor dan menimpa badan jalan membuat jalur Siantar-Parapat lumpuh total dan untuk sementara dilakukan pengalihan arus lalu lint