Perbaikan Rumah dan Infrastruktur Jadi Prioritas,

Gubernur Langsung Tinjau Lokasi Banjir Bandang Tapteng

Mtc/rel Kamis, 30 Januari 2020 18:45 WIB
Mtc/Ist
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau beberapa lokasi banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah
MATATELINGA, Tapteng: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau lokasi banjir bandang di Barus, Tapanuli Tengah (Tapteng), Kamis (30/1/2020) pagi. Tiba dari Jakarta, Gubernur dan rombongan langsung menuju Barus dari Bandar Udara FL Tobing di Pinangsori.

 


Sampai di Posko Pengungsian Barus, Gubernur disambut Bupati Tapteng Bahtiar Sibarani. Selanjutnya rombongan meninjau desa-desa yang terdampak banjir bandang di Barus. Antara lain, Desa Kinali, Desa Ujung Batu dan jembatan Aek Muara Suhat.

Usai melakukan peninjauan, Gubernur menyampaikan perbaikan rumah dan infrastruktur menjadi prioritas dalam penanganan masalah banjir jangka pendek. "Untuk jangka pendek permasalahan yang harus diselesaikan lebih dulu adalah perbaikan rumah dan infrastruktur yang terdampak. Sementara untuk jangka panjang yang harus diselesaikan yakni sebab banjir bandang ini," kata Edy Rahmayadi.

Banjir bandang terjadi Selasa (28/1) malam, mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Meskipun sudah surut, masih banyak tampak rumah yang diselimuti lumpur. Sebagian warga desa yang dikunjungi tampak membenahi rumahnya. Ada juga rumah yang rusak parah diterjang banjir. "Nanti akan kita perbaiki ya," kata Edy Rahmayadi kepada warga yang ditemuinya saat membersihkan rumahnya dari kotoran lumpur.




Gubernur juga meninjau jalan putus di Aek Muara Suhat. Dikatakan Gubernur jembatan akan segera diperbaiki. “Ini akan segera diperbaiki. Kita akan memperbaiki jembatan dan jalan yang putus secepat mungkin. Sehingga masyarakat bisa menggunakannya kembali,” ujar Gubernur yang didampingi sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sumut.

 

Gubernur juga meminta pihak terkait agar bersinergi menyelesaikan masalah tersebut, sehingga masalah dapat cepat terselesaikan. "Segera kita perbaiki, sehingga akses rakyat berjalan seperti biasa. Namun kita buat yang sementara, kemudian secara permanen akan kita lakukan," katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan bahan pokok kepada korban banjir bandang, serta memberikan santunan untuk keluarga korban yang meninggal. "Saya turut berbelasungkawa atas kejadian yang menimpa korban, semoga amal dan ibadah korban diterima di sisi-Nya," ucap Gubernur, sambil menyerahkan santunan kepada keluarga korban meninggal.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik BPBD Sumut Mega Hadi mengatakan saat ini korban banjir bandang yang masih berada di pengungsian berjumlah 500 orang. Adapun jumlah korban meninggal hingga saat ini berjumlah 8 orang. "Sudah ada yang pulang, karena tidak semua rumahnya rusak parah," kata Mega.

 


Sementara itu, warga Desa Ujung Batu Barus, Zainul Marbun mengatakan tinggi banjir yang mengenai rumahnya hampir setinggi dada orang dewasa. Tampak di halaman rumahnya kasur dan sepeda motor berlumuran lumpur serta barang-barang di dalam rumahnya juga ikut terkena banjir.

"Banjirnya langsung surut, tapi sisa lumpurnya banyak sekali. Itu sepeda motor sama barang barang lain kena. Harapan kami pemerintah mau membantu kami di sini," kata Zainul.
Editor: 1

T#g:Banjir Bandang TaptengBerita SumutblibliGubsu Edy Rahmyadimatatelinga.commatatelinga comPemkab Tapteng banjirPemprovsuPerbaikan rumah wargaTerkiniTravelokarumah warga porak poranda
Komentar
Rabu, 08 Apr 2020 07:15Internasional

Manila Memperpanjang lockdown

Aturan karantina wilayah atau lockdown di Pulau Luzon diperpanjang Presiden Filipina Rodrigo Duterte hingga 30 April.

Rabu, 08 Apr 2020 07:00Bola

Pandemi virus corona, Menjadi Berdampak Kompetisi Sepakbola Eropa

Federasi tertinggi sepakbola Spanyol (REFF) bahkan sebelumnya mengkonfirmasi kalau penangguhan kompetisi masih akan berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan.

Rabu, 08 Apr 2020 06:45Berita Sumut

Sudari ST MInta Pemko Medan Perhatikan Panti Asuhan

Panti Asuhan yang selama ini banyak mengharapkan menerima bantuan dari pihak ke tiga saat ini mulai menurun. Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari ST minta Pemko Medan segera memberikan bantuan sembako kepada Panti Asuhan yang ada di Kota Medan.

Rabu, 08 Apr 2020 06:30Ekonomi

Prediksi Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Rupiah spot ditutup menguat 1,31% ke level Rp 16.200 per dolar AS dari penutupan sebelumnya.

Rabu, 08 Apr 2020 06:15Berita Sumut

Komisi II DPRD Medan Berkunjung ke Dinsos Kota Medan

Soal pelaporan warganya untuk mendapatkan bantuan beras dari Pemko Medan terkena dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), ternyata Pemko Medan tidak ada melakukan pembatasan waktu.

Rabu, 08 Apr 2020 06:00Berita Sumut

Petugas PDAM Tirtanadi Sigap Perbaiki Pipa ke Pelanggan Akibat Sumur Bor yang Rusak

Petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtnanadi Sumatera Utara (Sumut) Cabang Medan Labuhan dengan sigap dan cekatan langsung turun ke lokasi sumur bor Kota Bangun yang mengalami kerusakan dengan memperbaiki pipa ke pelanggan yang mengakibatkan te

Rabu, 08 Apr 2020 05:14Berita Sumut

Tinjau RSUD dr Djasamen Saragih, Gubernur Minta Dandim dan Kapolres Bantu Para Medis

Untuk memastikan penanganan pasien Covid-19 berjalan dengan baik, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus melakukan peninjaun di sejumlah rumah sakit umum daerah. Kali ini, giliran RSUD dr Djasamen Saragih, Jalan Sutomo No 230 Kota Pematangsia

Rabu, 08 Apr 2020 04:11Nasional

Koperasi Brigif Para Raider 18/Kostrad Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok

Untuk memastikan ketersediaan bahan pokok bagi kebutuhan Prajurit dan keluarga, Danbrigif Para Raider 18/Kostrad Kolonel Inf Roynald Sumendap lakukan pengecekan ke koperasi Satuan.

Rabu, 08 Apr 2020 03:06Berita Sumut

8 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Whiko Irwan menyampaikan perkembangan terbaru penanganan pasien Covid-19. Antara lain, adanya 8 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kemudian, ada 76 kasus positif d

Rabu, 08 Apr 2020 02:00Berita Sumut

Pelimpahan Kasus Narkotika Dari Polsek Bosar Maligas

Satres Narkoba Polres Simalungun menerima pelimpahan berkas kasus penyalahgunaan Narkotika jenis Sabu

Rabu, 08 Apr 2020 01:49Berita Sumut

Aroma Bakery Bantu Warga Tertimpa Musibah Angin Puting Beliung

Aroma Bakery & Cake Shop memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah angin puting beliung di Jln Pertahanan, Desa Patumbak, Psr V, Kab Deliserdang

Selasa, 07 Apr 2020 23:29Berita Sumut

Tim Gugus tugas pecegahan covid - 19 tanjung balai amankan 20 TKI ilegal dari Malaysia

Tim Deteksi Gabungan yang terdiri dari Kesbangpol sat Intelkam Polres Tanjungbalai, Unit Intel Kodim 0208 Asahan, Tim Intel Korem 022/PT, Tim Kesehatan RS UD Tengku Mansyur telah mengamankan TKI Ilegal asal Negara Malaysia

Selasa, 07 Apr 2020 23:15Berita Sumut

Soal Penanganan Covid – 19 Bupati Asahan Vidcon Bersama Mendagri

Terkait penanganan Corona Virus Desase 2019 Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengelar vidcon bersama Bupati Asahan H.Surya serta kepala daerah dan gubernur seluruh Indonesia, Selasa (7/4/2020) sekira pukul 13.30 Wib.

Selasa, 07 Apr 2020 23:00Ekonomi

IHSG Melemah 0,69% ke 4.779

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan di zona merah. IHSG ditutup melemah 33,19 atau 0,69% ke 4.778,64 atau 4.779.

Selasa, 07 Apr 2020 22:55Nasional

Kapolri Jenderal Idham Azis : Kabareskrim dan Kapolda Diminta Petakan Potensi Kejahatan APD

Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Surat Telegram Kapolri mengenai pelaksanaan tugas jajaran Reskrim dalam mengatasi masalah keterbatasan jumlah alat pelindung diri (APD), hand sanitizer dan alat kesehatan lainnya.

Selasa, 07 Apr 2020 22:24Berita Sumut

Gubernur Sumatera Utara Tinjau Rumah Sakit Umum dr Djasamen Saragih Pematangsiantar

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih agar memberikan yang terbaik dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).