• Home
  • Berita Sumut
  • Ini yang Dilakukan Ijeck untuk Kembalikan Semangat Ustad Abdul Somad

Ini yang Dilakukan Ijeck untuk Kembalikan Semangat Ustad Abdul Somad

faeza Minggu, 24 Maret 2019 16:28 WIB
Mtc/ist
Ustad Abdul Somad diajak berjalan jalan mengitari penangkaran rusa yang dimiliki kelurga Musa Rajekshah. Usai sarapan bersama, setelah makanan turun ke perut, Bang Ijeck (panggilan akrab Musa Rajekshah) mulai bergegas bersama Ustad Somad. Setelah sedikit
MATATELINGA,  Medan: Kata orang, kalau hati sedang risau, pergilah melihat alam, melihat dunia, mensyukuri nikmat Allah SWT


Musa Rajekshah rasanya pintar sekali menebak suasana hati sang sahabat yang sedang tak menentu. Untuk itu, agar sahabatnya ini, Ustad Abdul Somad kembali bersemangat, Bang Ijeck (sapaan akrab Musa) sengaja memboyong Ustad Somad ke kebunnya yang berada di Desa Sekoci, Besitang, Minggu (24/3).

Ustad Abdul Somad diajak berjalan jalan mengitari penangkaran rusa yang dimiliki kelurga Musa Rajekshah. Usai sarapan bersama, setelah makanan turun ke perut, Bang Ijeck (panggilan akrab Musa Rajekshah) mulai bergegas bersama Ustad Somad. Setelah sedikit pemanasan, merenggangkan otot-otot agar tak keram, Bang Ijeck dan UAS mulai berjalan.


Rute pertama dimulai dari berkeliling kolam yang iklan. UAS menyimak binatang apa saja yang hidup di sana. "Di sini ada burung belibis, sudah biasa dan akhirnya hidup dan beranak di sini," ujae Musa.

Selanjutnya, Musa melanjutkan rute yang kedua. Kali ini, rutenya sedikit menanjak. "Kita agak menanjak ni ustad, sekalian berolahraga," ujar Musa. "Alhamdulilah, biar segar badan ini kalau berolahraga," jawab Ustad Somad.

Sambil berjalan, sambil berkombur (bercerita-red) juga Bang Ijeck dan UAS. Suasana kebun yang rindang, jalan setapak, dipenuhi pohon-pohon, ditambah dengan kicauan burung-burung, seakan berteman dengan Bang Ijeck dan UAS. Tak jarang canda tawa saling berkelakar antara Musa dan UAS.

Tak lama berselang, Musa dan Ustad Somad mulai melihat rusa dari kejauhan. Memang di penangkaran ini, ada beberapa rusa yang dilepas tak di dalam kandang. Kontas Ustad Somad terkejut. Senyum merekah di ujung bibirnya. "Tegap-tegap rusa di sini ya. Masya Allah," ucap Ustad Somad.


"Tunggu sampai kita tiba di kandang ya Ustad," ajak Musa. Tak lama, sampailah di kandang rusa. Ustad Somad betul-betul terpana dengan pemandangan yang ia saksikan. "Masya Allah hilang lelah hilang letih," Ustad Somad takjub dengan apa yang ia lihat.

Lantas UAS juga bercerita, bahwa ada seorang perempuan yang mengasih minum anjing, dia masuk surga. Konon dengan yang menjaga ratusan hewan ini, menjaga dan memberi makan sehingga hewan-hewan ini terjaga kondisinya.

Karena menurut Ustad Somad, menjaga lingkungan, menjaga alam adalah salah satu ibadah yang bisa memasukkan manusia ke surga.

Musa Rajekshah juga bukan seorang yang tiba-tiba suka dengan hewan. Sejak kecil i sudah dikenalkan oleh orangtua untuk mencintai dan menjaga hewan. Karena ia tahu, hewan adalah makhluk hidup ciptaan Allah yang juga harus dijaga kelestariannya.

"Mudah-mudahan dengan kesenangan ini, juga bisa membantu populasi hewan ini agar tetap terjaga," ujar Musa Rajekshah.


UAS tampak khusyuk menikmati suasana. Sampai-sampai, ia terduduk jongkok melihat kerumunan rusa yang berlari-lari ke sana kemari. Wajahnya penuh senyum. Semangat tampak kembali. Letih di badan   Telah minggat tak kembali.

Apalagi waktu Musa Rajekshah membawakan makanan untuk rusa. Berdua mereka kompak memberi makan rusa-rusa ini sembari berjongkok di tanah.  Kretak, kretak, kretak, itulah suara dari makanan yang terantuk-antuk di gigi rusa ketika mereka mengunyahnya. Ustad Somad takjub, Musa Rajekshah Tersenyum.

Kalaulah bukan waktu yang memisahkan, rasanya Musa Rajekshah dan Ustad Somad tak ingin beranjak dari sana. Ingin rasanya melihat lebih lama lagi. Namun masih ada jadwal yang harus dikejar, masih ada hari yang harus dijalani.

Ada pepatah mengatakan, ada perjumpaan pertama, akan ada pula yang kedua dan ketiga. "Insya Allah, nanti kalau Ustad Somad ingin lagi berkunjung ke sini, saya akan temani sahabat saya jni lagi," ujar Musa Rajekshah. (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:MatatelingaTerkiniuasWagubsu ijeck
Komentar
Sabtu, 22 Feb 2020 23:02Berita Sumut

Gubernur Kunjungi Bagas Godang, Diharapkan Bisa Menjadi Destinasi Wisata Heritage

Bagas Godang di Desa Huta Godang Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menjadi salah satu tempat yang dikunjungi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam kunjungan kerjanya di Madina

Sabtu, 22 Feb 2020 22:32Lifestyle

Mawar Eva De Jongh Sudah Setahun Berpacaran?

Tak tercium publik, aktris Mawar Eva De Jongh mengaku sudah punya kekasih. Hubungan itu bahkan sudah terjalin selama setahun.

Sabtu, 22 Feb 2020 22:17Nasional

Danrem 032/Wbr Sambut Kedatangan Wakasad di BIM

Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja, Kodam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, menyambut kedatangan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Tatang Sulaiman di Bandara International Minangkabau (BIM)

Sabtu, 22 Feb 2020 22:01Aceh

Di Aceh, Mendagri Kunjungan Stand Pameran ADM Dukcapil

Menteri Dalam Negeri Prof. H. M. Tito Karnavian didampingi Dirjen Dukcapil Kemendagri mengecek kesiapan dan mengunjungi stand pameran Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), sebelum kedatangan Presiden Joko Widodo pada acara Kenduri Kebangsaan.

Sabtu, 22 Feb 2020 21:32Berita Sumut

Lagi Asyik Nulis, Jurtul Judi KIM Ini Diamankan Polres Sergai

Nasib baik lagi tak berpihak pada AP alias Poler (51), warga Dusun II Hutabaru Desa Gempolan Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai, karena terlibat kasus perjudian jenis KIM, Jumat (21/2/2020) kemarin akhirnya harus berurusan dengan pihak berwaji

Sabtu, 22 Feb 2020 21:18Nasional

Wakasad Deklarasikan Army Cyling Club TNI AD dan Kotama /Balakpus

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Tatang Sulaiman, secara resmi Deklarasikan Peresmian Club Sepeda (Army Cyling Club) TNI AD dan Kotama /Balakpus di Gedung Balai Kota Jalan Belakang Balok, Bukit Tinggi, Sumbar

Sabtu, 22 Feb 2020 21:03Bola

Askab Sergai, Juara Piala Inalum 2020

Turnamen Sepakbola Piala INALUM 2020 dalam Rangka HUT ke- 44 PT INALUM (Persero) di Lapangan Sepakbola Komplek Perumahan Tanjung Gading diakhiri dengan pertandingan final antara Tim kesebelasan Askab Sergai dengan Tim kesebelasan INALUM FC.

Sabtu, 22 Feb 2020 20:48Berita Sumut

Bawa Kabur Sepeda Motor Mertua, Pindah Tidur di Sel Polsek Medan Timur

Ada ada saja ulah pria berinisial Er ,50, warga Perumahan Mekar Sari jalan Deli Tua, Deli Serdang ini. Sepeda Motor milik mertuanya Ratnasari warga Jalan Sei Kera Gang Jawa, Kecamatan Medan Perjuangan dibawa kabur.

Sabtu, 22 Feb 2020 20:33Nasional

Kejagung Endus Aset Tersangka Jiwasraya di Singapura

Kejaksaan Agung menginventarisasi negara-negara yang diduga menjadi penyimpanan aset milik tersangka kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Negeri jiran Singapura salah satu lokasi aset milik tersangka.

Sabtu, 22 Feb 2020 20:18Internasional

Korban Tewas Corona Capai 2.360 Jiwa

Jumlah korban meninggal akibat virus corona hingga Sabtu (22/2) kembali meningkat menjadi 2.360 jiwa di seluruh dunia. Yang mana 2.345 kasus kematian terjadi di Tiongkok dan 15 kasus kematian lain terjadi di luar kawasan tersebut.

Sabtu, 22 Feb 2020 20:01Berita Sumut

Gelar Operasi Gaktib 2020, Denpom 1/5 BB Razia Tempat Hiburan Malam di Medan

Detasemen Polisi Militer (Denpom) 1/5 BB menggelar razia di sejumlah tempat hiburan malam (THM) di Medan, Jum'at (21/2/2020) malam. Razia yang melibatkan tim gabungan dari POM TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Propam Polda Sumut ini merupakan bagian dari Op

Sabtu, 22 Feb 2020 19:29Berita Sumut

MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 Resmi Dibuka

Bupati Soekirman resmi membuka MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Jum'at (21/2) malam. MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 akan berlangsung selama 21- 25

Sabtu, 22 Feb 2020 18:15Berita Sumut

Akhyar : Pramuka Mampu Lahirkan Manusia Yang Berkarakter

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Medan bertindak sebagai Pembina Upacara pada Peringatan Hut Gudep 07.027-07.028 UPT SMP Negeri 22 Medan sekaligus Giat Pramuka Prestasi I

Sabtu, 22 Feb 2020 18:00Berita Sumut

Gubernur Edy Pastikan Pelayanan Kesehatan Sampai ke Pelosok Desa

Di sela-sela kunjungan kerjanya di Mandailing Natal (Madina), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyempatkan diri mengunjungi acara Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis yang dilaksanakan di Halaman UPT Puskesmas Ulu Pungkut Kelurahan Huta Godang

Sabtu, 22 Feb 2020 17:00Berita Sumut

Buka Musda Tapak Suci, Akhyar Gelorakan Semangat Medan Jadi Kota Atlet

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution secara resmi membuka musyawarah daerah (Musda) Pimpinan Daerah 018 Tapak Suci Kota Medan, Sabtu (22/2/2020) di Ballroom Istana Koki Jalan Teuku Cik Ditiro.

Sabtu, 22 Feb 2020 16:45Aceh

Hadiri Kenduri Kebangsaan, Presiden: Mari Bersama Hadapi Tantangan Bangsa

Presiden Joko Widodo hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan yang digelar oleh Yayasan Sukma Bangsa dan Forum Bersama (Forbes) anggota DPR dan DPD RI asal Aceh. Acara yang hendak membangun semangat keacehan, keislaman, dan keindonesiaan dalam satu bagian tak