• Home
  • Berita Sumut
  • Kerajaan Alam Pagaruyung Terhadap Turunan Pendiri (Negeri) Batubara

Kerajaan Alam Pagaruyung Terhadap Turunan Pendiri (Negeri) Batubara

Mtc/rel Rabu, 22 Januari 2020 01:05 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Medan:  Buku Biografi Muhammad Syafi'i yang ditulis Dr(HC) Aidi Yursal, SS.Ing dan diterbitkan penerbit Obor Jakarta setebal hampir 500 halaman sudah turut menjembatani dalam mendapatkan pengakuan  dari Kerajaan Alam Minangkabau Pagaruyung Darur Qarar terhadap turunan pendiri Negeri Batubara  yang kini sudah  menjadi daerah kabupaten di Sumut.
     




Hubungan yang tadinya  sebatas sejarah sejak hampir 400 tahun silam antara kedua daerah yang berbeda provinsi itu kini sudah menjadi suatu kenyataan, ditandai dengan penobatan Gelar Datuk (Dt) Panglima Mudo kepada Dr.H.Mhd.Syafi’i, SH.MH,M,Si  di Istano Silinduang Bulan Pagaruyung, 29 Oktober 2019 lalu oleh Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau Sultan Dr.H.Muhammad Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah.
      
Buku Biografi dengan judul lengkap: “The Authorized (of) Muhammad Syafi’i, Si Pemberani Dari Batu Bara, Bagai Mengalir Darah Satria Pangeran Asal Kerajaan Alam Pagaruyung”,  ditulis DR (HC) Aidi Yursal, kelahiran Silabuk, Kenagarian Parambahan, Kec.Lima Kaum, Kab.Tanah Datar, Sumatera Barat.

Sampai  siap terbit memakan waktu selama satu tahun, merupakan hasil wawancara, riset dan investagasi penulis sendiri, tidak saja  di daerah kabupaten Batubara tetapi juga  langsung terjun ke daerah Kerajaan alam Minangkabau Pagaruyung  yang melimputi luhak nan tigo (tiga), yakni Luhak (Daerah) Kabupaten Tanah Datar tempat berdirinya Istano Silinduang Bulan di kawasan kota Batusangkar, Kabupaten Agam dan daerah Kabupaten Lima Puluh serta Kodya Payakumbuh.
     




"Dengan dinobatkan  Dr.Muhammad Syafi’i, SH,MH,M.Si dengan gelar Datuk Panglimo Mudo, sejarah asal usul  berdirinya Negeri yang kini sudah menjadi daerah yang bernama Kabupaten Batubara, di Sumatera Utara,  pada hampir 400 tahun lalu, kini  bukan hanya lagi sebatas lagenda ditulis dalam buku sejarah.

Tetapi sudah benar-benar fakta berbicara dengan pengakuan yang ditandai penobatan gelar datuk itu kepada salah seorang putra terbaik Batubara dari turunan Kerjaan Alam Minangkabau Pagaruyung,” kata Aidi Yursal ketika diminta pendapatnya tentang terbitnya buku Biografi itu dan sekaligus mengungkap lengkap mengenai sejarah berdirinya Negeri Batu Bara 4 abad silam oleh seorang putra atau Pangeran Balambangan asal Kerajaan Alam Pagaruyung.

Mengenai penobatan gelar Datuk Panglimo Mudo kepada Mhd.Syafi’i, menurut penulis dari wartawan senior yang pernah meliput berabagai peristiwa penting dalam dan luar negeri, sudah berarti putra kelahiran Batu Bara yang mantan Kabiro Keuangan Pemprovsu dan sekarang pimimpin Yayasan Pendidikan Islam  Asy-Syafi’iyah.

Sudah menjadi anak kemenakan dari Kerjaan Alam Minangkabau Pagaruyung Darur Qarar dalam hubungan "Kuduang Karatan” (lelaki Minang yang merantau), artinya tidak punya hak “sako” dan "pusako" di istano Silinduang Bulan Pagaruyung tetapi hanya di daerah rantau semata, khususnya di Batubara.
     
Kendati  Kerajaan  Alam Minangkabau Pagaruyung sudah mengakui  bahwa pendiri Negeri Batubara itu benar berasal dari ranah Minang Pagaruyung  setelah menelusuri tambo lama, namun di daerah Batubara sendiri sepertinya masih ada keraguan dari pemerintah daerah setempat untuk mengakui bahwa pendiri Batu Bara itu adalah benar pengeran Belambangan (Syek Marabullah) asal Pagaruyung hampir 400 tahun silam.     
     




"Buktinya, di gerbang masuk kuba Kuala Gunung yang sekarang hanya tertulis  “Kuba Batu Bara” dan bukan “Kuba Makam Pendiri Batu Bara dan Keluarga”,  padahal menurut masyarakat Batu Bara adalah Kuala Gunung itu benar  tempat bermakam pendiri Batu Bara asal Pagaruyung yang kini bernama Minangkabau.
    
Bedah buku dan sekaligus peluncuran buku biografi ini digelar Rabu (15/1/2020) di Hotel Grand Aston City Hall, Jl.Balai Kota Medan dengan dihadiri langsung Gubsu Letjen TNI (Purn) H.Edy Rahmayadi, Menteri Hukum dan HAM RI (diwakili) Prof.Dr.Yasonna Hamonangan Laoly, SH, M.Si,Kapoldasu (Diwakili) Pangdam I BB (Diwakili) serta Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau Dr.H.Mhd.Farid Thaib Tuanku Abul Fatah yang diwakili Ketua Umum BM-3 (Badan Musyawarah Masyarakat Minang) Sumatera Utara H.Syahruddin Ali, SH, M.Si bersama Ketua Umum Ikatan Keluarga Luhak Tanah Datar (IKLTD) Sumut, H.M.Yunan Sirhan serta Sultan Langkat Sri Paduka Duli Yang Mulia Tuanku Azwar Abdul Djalil Rahmatshah Al Hajj dengan lebih seratus undangan lainnya.
     
Penalis: pada acara bedah buku tersebut adalah Bpk. Dr.R.E Nainggolan, M.Si mantan Sekda Pemprovsu, Prof.Dr.Usman Pelly dan Prof.Dr.Abul Hamid K, M.Pd. Buku Biografi Mhd.syafi’i ini kini sudah beredar di berbagai toko buku.

Toko Buku Gramedia Medan serta sejumlah toko buku online seperti Shopee, Tokopedia, tokolapak, toko obor online serta lainnya. Buku Biografi Mhd.Syafi’i yang dirtulis Aidi Yursal itu  juga telah mendapat piagam penghargaan dari Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darur Qaral, Sultan Dr.H.Mhd.Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah yang diserahkan di Istano Silinduang Bulan Pagaruyung  pada rangkaian acara penobatan gelar DatukPanglimo Mudo kepada Mhd.Syafi’i
Editor: Amrizal

T#g:bedah bukuBedah Buku Kerajaan Alam Pagaruyungberita terkiniBliblibliKerajaan Alam Pagaruyungmatatelinga.commatatelinga comTerkiniTravelokaBerita Sumut
Komentar
Jumat, 21 Feb 2020 22:52Berita Sumut

Robin Simatupang Berikan Bimbingan Kepada Peserta Diklat Bela Negara

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang,SH,M.Hum memberikan Bimbingan Peserta Diklat Bela Negara Binaan Kesbangpol Linmas Kabupaten Serdang Bedagai & TNI Kodim 0204/DS di Dusun V Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (21

Jumat, 21 Feb 2020 22:34Nasional

Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meninjau pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) wilayah ruas Indrapuri-Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (21/02/2020) sore.

Jumat, 21 Feb 2020 22:00Berita Sumut

Kapolres Sergai Sampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Nelayan

Kapolres Sergai bersama Kasat Pol Air Polres Sergai melaksanakan giat patroli di perairan Sergai untuk memberikan himbauan kepada para nelayan di pesisir pantai untuk bersama -sama membasmi peredaran narkoba dan sekaligus sambangi para nelayan di TPI Tan

Jumat, 21 Feb 2020 21:45Berita Sumut

Peran Jurnalis dan Pewarta Foto Sangat Dibutuhkan Dorong Kepedulian Lingkungan

Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, bersama Photographers Without Borders (PWB), YOSL-OIC, TFCA Sumatera, Leuser Conservation Partnership, menggelar diskusi fotografi lingkungan bertemakan Harmony With Natur

Jumat, 21 Feb 2020 21:45Nasional

Erick Thohir Hanya Butuh 3 Bulan Tutup BUMN Sekarat

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk melakukan penertiban perusahaan pelat merah yang masuk dalam kategori sekarat. Nantinya perusahaan ini bisa ditutup atau justru dilebur atau disatukan dengan cara holding.

Jumat, 21 Feb 2020 21:30Berita Sumut

Digrebek Polisi, Pengedar Ganja Dolok Sagala Masuk Bui

Dari hasil penggrebekan, BW (43) warga Sarang puah, Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai harus meringkuk di Sel Mapolsek Dolok Masihul setelah kedapatan Narkoba jenis Daun Ganja di rumahnya, Kamis (20/02/2020).

Jumat, 21 Feb 2020 21:22Berita Sumut

27 Warga Simalungun Keracunan Usai Menyantap Daging Anjing

Sebanyak 27 orang warga Desa Panombean Hutahurung, Kecamatan Hataran, Kabupaten Simalungun, Sumut mengalami keracunan usai menyantap daging anjing pada Rabu (19/2) . Daging anjing ini mereka beli secara patungan.

Jumat, 21 Feb 2020 21:15Berita Sumut

Akhyar : Stunting Menjadi Perhatian Kita Bersama

Dalam rangka persiapan kunjungan Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian pada minggu kedua bulan Maret ke lokasi stunting yang ada di Kota Medan tepatnya di Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan I

Jumat, 21 Feb 2020 21:00Nasional

Ratusan Murid SMPN 1 Turi Sleman Susur Sungai Saat Arus Deras, 4 Tewas

Ratusan murid yang melakukan penyusuran sungai, mengakibatkan hanyut ketika arus sungai yang deras di Sungai Sembor, Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat

Jumat, 21 Feb 2020 20:45Berita Sumut

Kagumi Aek Sijorni, Edy Rahmayadi Ajak Warga Jaga Keindahannya

Keindahan dan keasrian destinasi wisata Aek Sijorni membuat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terkagum-kagum. Airnya yang jernih mengalir deras di bebatuan cadas berundak menjadi pemandangan yang luar biasa dan membuat Gubernur betah berlama-l

Jumat, 21 Feb 2020 20:30Berita Sumut

Wabup Sergai H Darma Wijaya Hadiri Sertijab Kepala BPK RI

Wabup Sergai H Darma Wijaya Hadiri Sertijab Kepala BPK RI Perwakilan Sumut,di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Provsu di Medan Jalan Dipenegoro Medan, pada Jum'at (21/2/2020)

Jumat, 21 Feb 2020 20:15Ekonomi

Management XL Axiata Raih Penghargaan International

Mengawali tahun 2020, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih penghargaan dalam ajang internasional “15th Annual Customer Experience Management in Telecoms Global Summit 2020” yang berlangsung di London pada akhir Januari 2020 lalu.

Jumat, 21 Feb 2020 20:00Nasional

Bertemu Dua Menteri, Kepala Bakamla RI Sampaikan Keinginan Presiden RI

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melaksanakan pertemuan dua Menteri Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Jakarta

Jumat, 21 Feb 2020 19:45Berita Sumut

Pawai Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim pada Kegiatan MTQ XVI Kabupaten Sergai

Pawai Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim pada Kegiatan MTQ XVI Kabupaten Sergai Tahun 2020, yang dilaksankan di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan

Jumat, 21 Feb 2020 19:30Berita Sumut

Warga Ambacang Pemilik Narkotika Jenis Sabu

Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai mengamankan pemilik narkoba jenis Shabu Pada Kamis(20/2/2020) sekitar pukul 16.30 wib.

Jumat, 21 Feb 2020 19:15Berita Sumut

Polres Tanjungabali Menerima Kunjungan Tk/Darul Fikri Kota Tanjungbalai

Dihalaman Mapolres Tanjung Balai, Pada Kamis (20/2/2020) sekirapukul 09.10 Wib, Polres Tanjung Balai menerima Kunjungan Anak Anak TK/PAUD Darul Fikri Kota Tanjung Balai.