Ketua PWI Sumut : Jangan Biarkan Preman 'Kuasai' Pengadilan

Faeza/rel Jumat, 24 Januari 2020 15:15 WIB
Mtc/ist
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Hermansjah
MATATELINGA, Medan: Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Hermansjah menyesalkan adanya sekelompok pria berbadan tegap yang berusaha menghalang-halangi jurnalis saat meliput persidangan pencemaran nama baik dan penghinaan dengan terdakwa Tan Sri Chandra alias Tan Ben Chong (73) beberapa waktu lalu. Dia berharap agar pengadilan bersikap tegas dengan tidak membiarkan 'preman' menguasai pengadilan.





"Apa pun agenda sidangnya. Masyarakat pencari keadilan harus leluasa mengikuti jalannya sidang dan PN Medan berhak melindungi pencari keadilan, apalagi ketika awak media melaksanakan tugas-tugas peliputan," tegas Hermanzjah ketika dihubungi lewat WhatsApp (WA), Jum'at (24/1).

Dia menegaskan jangan biarkan preman 'menguasai' institusi pengadilan. Karena jika suatu perkara sudah dilimpahkan ke pengadilan, maka biarlah pengadilan nantinya memutuskan apakah unsur tindak pidana sebagaimana didakwakan JPU, terbukti atau tidak. Dia juga menyebutkan kasus pengerahan massa preman 'menguasai' arena persidangan tersebut idealnya bisa dijadikan pelajaran ke depan agar tidak terulang lagi.

"Tugas-tugas jurnalistik yakni sebagai sarana mendidik publik adalah salah satu pekerjaan mulia dan dilindungi oleh UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Menghalangi kebebasan tugas-tugas peliputan artinya mencederai UU Pers,"





Salah satu solusi, imbuh Hermansjah, pimpinan di PN Medan dan Polrestabes Medan idealnya duduk bersama guna melakukan koordinasi. Misalnya membuka sambungan call center manakala ada aksi pengerahan massa menghalang-halangi tugas-tugas jurnalistik maupun warga pencari keadilan, aparat kepolisian dengan cepat memberikan tindakan preventif ke gedung pengadilan.

Sementara dilansir sebelumnya, Beberapa pria berbadan tegap sengaja berdiri di pintu masuk ruangan sidang Cakra 6. Arogansi massa tidak tanggung-tanggung. Mereka nekat menyortir pengunjung sidang termasuk awak media yang setiap harinya meliput berita sidang di pengadilan negeri kelas I A Khusus tersebut.

Hab, salah seorang wartawan media online di Medan pun sempat terlibat cekcok dengan massa preman di pintu tersebut. Karena tidak diperbolehkan masuk, Hab kemudian meminta bantuan tenaga sekuriti pengadilan dan akhirnya diperbolehkan masuk.





"Tadi saya sudah minta tolong mau masuk ruang sidang. Kubilang dari media tapi macam tidak mereka dengar. Ada pula malah memelototi saya. Kalau saya ladeni takutnya ribut dan mengganggu jalannya sidang," urainya.

Untuk diketahui, saksi korban Tony Harsono merasa nama baiknya tercemar karena postingan terdakwa di WA Grup marga Tan menyebutkan 'G6 merampok uang IT&B Rp2,4 miliar'.

Persisnya postingan di tanggal 16 April terdakwa  mengirim gambar / tulisan kalimat “INGAT G6. MERAMPOK UANG IT&B  JUMLAH RP 2.400.000.000 di grup WhatsApp YS Lautan Mulia. 'YA CUKUP BELI MOBIL MEWAH'.

"Mana buktinya kami merampok? Sementara uang yang kami terima itu adalah uang kompensasi supaya kami mundur dari yayasan. Kejadian sebenarnya kami dipaksa mundur supaya dia (terdakwa) menguasai yayasan (Lautan Mulia, red) itu," urainya.  (mtc/fae)
Editor: 1

T#g:bliblimatatelinga.commatatelinga comPN MedanTan Sri Chandra alias Tan Ben ChongTerkiniTravelokaPWI Sumut
Komentar
Selasa, 29 Sep 2020 18:15Berita Sumut

Aspidum Kejatisu Ingatkan Jaksa Laksanakan Protokol Kesehatan Selama Berada di Pengadilan

Himbauan untuk melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) sebagai antisipasi penyebaran Virus Covid19 tampaknya masih diabaikan para pengunjung sidang termasuk jaksa penuntut umum saat berada dalam ruang sidang.

Selasa, 29 Sep 2020 17:43Berita Sumut

Sepasang Kekasih Lagi Asyik Mesum di Pelataran Masjid Kepergok Warga

Ntah setan apa yang merasuki sepasang kekasih ini yang dipergoki penjaga masjid, Zulkifli Rambe, sedang berbuat asusila di dalam mobil yang terparkir di halaman masjid akhirnya diamankan, Selasa (29/9/2020).

Selasa, 29 Sep 2020 17:15Berita Sumut

Yanin Kholison: Jurnalis adalah Mitra dalam Menginformasikan Informasi Hulu Migas

Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut bersama KKKS Wilayah Sumatera Utara menggelar silaturahmi Virtual dengan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara, Selasa (29/9).

Selasa, 29 Sep 2020 16:55Berita Sumut

Hakim Tolak Eksepsi Joni Terdakwa Kepemilikan Senpi

Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan menolak eksepsi yang diajukan Joni terdakwa kepemilikan senpi. Selain itu hakim juga perintahkan Jaksa Penuntut Umum( JPU) Anwar Ketaren melanjutkan persidangan da sidang berikutnya untuk membawa saksi- saksi kepersid

Selasa, 29 Sep 2020 16:38Berita Sumut

Polisi Ciduk Enam Pelaku Komplotan Becak Hantu di Medan, 3 Diantaranya Wanita

Unit Jahtanras Polrestabes Medan menggulung komplotan pelaku pencurian yang dikenal dengan “becak hantu”. Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan enam orang, tiga di antaranya perempuan.

Selasa, 29 Sep 2020 16:21Berita Sumut

PJS Bupati Labuhanbatu Putra Kelahiran Labuhanbilik

Pejabat Sementara (PJS) Bupati Labuhanbatu Drs.H. MHD Fitriyus, SH, MSP silaturahmi bersama seluruh pimpinan forkopimda Labuhanbatu di ruang rapat Bupati,jalan Asrol Adam, selasa (29/9/2020).

Selasa, 29 Sep 2020 16:16Berita Sumut

Barang Haram di Musnahkan Polsek Kota Pinang Serta Paparkan Ungkap Kasus Narkotika

Barang Haram yang populer disebut Sabu di Musnahkan Polres Labuhanbatu dalam agenda pemusnahan Barang Bukti (BB) dari hasil pengungkapan 1 Bulan dari tanggal 28 Agustus hingga 28 September 2020 yang berlangsung di Polsekta Kota Pinang, Kabupaten Labuhanba

Selasa, 29 Sep 2020 16:15Ekonomi

Kurs Rupiah Naik Tipis di Level Rp14.895 Per Dolar AS

Pada perdagangan Selasa (29/9/2020) Rupiah spot ditutup pada level Rp 14.895 per dolar Amerika Serikat (AS) artinya menguat tipis 0,03% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 14.900 per dolar AS.

Selasa, 29 Sep 2020 16:01Berita Sumut

Pjs Wali Kota Medan Apresiasi Kehadiran Fasilitas Pengelolaan Limbah & Sampah

Pjs Wali Kota Medan, Ir Arif Sudarto Trinugroho MT sangat mendukung dan mengapresiasi kehadiran Fasilitas Pengelolaan Limbah dan Sampah di Kawasan Industri Medan (KIM) 4. Sebab, kehadiran fasilitas ini bertujuan untuk mengelola limbah bahan berbahaya dan

Selasa, 29 Sep 2020 15:46Berita Sumut

Kabaharkam Tinjau Kapal Poliklinik Terapung di Belawan

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, meninjau Kapal Poliklinik Terapung milik Dit Polair Polda Sumut yang berada di Dermaga Belawan, Selasa (29/9).

Selasa, 29 Sep 2020 15:45Ekonomi

IHSG Ditutup Melemah 0,56% ke Level 4.879,10 Sore Ini

Meski terus bergerak di zona hijau pada sesi I. Namun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tumbang di akhir perdagangan sore ini.

Selasa, 29 Sep 2020 15:30Berita Sumut

Kunjungi Polda Sumut, Ini Pesan-pesan Kabaharkam Polri

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, melakukan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polda Sumatera Utara, Selasa, 29 September 2020.

Selasa, 29 Sep 2020 15:15Berita Sumut

Akhyar dan Gus Nur Tukaran Buku

Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution dan Penceramah Gus Nur saling tukar buku seusai salat Isya berjamaah di Masjid Al Musabbihin Komplek Taman Setia Budi Indah (Tasbih), Senin (28/9/2020) malam.

Selasa, 29 Sep 2020 15:06Berita Sumut

Persidangan di PN Medan Mulai Abaikan Protokol Kesehatan

Proses persidangan di Pengadilan Negeri Medan mulai mengabaikan protokol kesehatan. Seperti persidangan yang digelar di Ruang Cakra III, pada Senin (28/9) kemarin. Persidangan yang digelar secara maraton dengan berbagai kasus para jaksa dari Kejaksaan Neg

Selasa, 29 Sep 2020 14:35Berita Sumut

Kapendam I/BB Apresiasi Warga Ikut Berjibaku di TMMD Ke-109

Kecintaan rakyat kepada TNI semakin terlihat nyata pada pelaksanaan program reguler Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA 2020 di enam Kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

Selasa, 29 Sep 2020 14:12Lifestyle

Nikita Mirzani Diranjang Katanya Bisa Orgasme Sebanyak 11 Kali

Memang nggak habis-habis buka suara soal urusan ranjang si Nikita Mirzani ini. Selain bisa bercinta dengan dua pria dalam sehari, dia bisa orgasme sebanyak 11 kali.