• Home
  • Berita Sumut
  • Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2020 untuk Ciptakan Prajurit Profesional, Disiplin dan Beretika

Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2020 untuk Ciptakan Prajurit Profesional, Disiplin dan Beretika

amrizal Jumat, 14 Februari 2020 11:45 WIB
Mtc/ist
Pangdam I/BB di sela memimpin upacara gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020 di Lapangan Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Jumat (14/2/2020).
MATATELINGA, Medan: Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah menegaskan, Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020 di wilayah Kodam I/Bukit Barisan bertujuan untuk menciptakan Prajurit TNI yang profesional, disiplin dalam berlalu lintas, dan memiliki etika dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan. 

Hal ini disampaikan Pangdam I/BB di sela memimpin upacara gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020 di Lapangan Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Jumat (14/2/2020).

Upacara diikuti Prajurit Polisi Militer gabungan dari tiga matra (AD, AL, dan AU) dan Perwakilan dari Propam Polda Sumut di wilayah Kodam I/BB. Hadir juga Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul SAB, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, Danpomdam I/BB, Kolonel Cpm Sudarma Setiawan, para Danrem dan PJU jajaran Kodam I/BB serta Polda Sumut. 

"Tujuan akhir Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini adalah menciptakan Prajurit TNI yang profesional, berdisiplin, berdedikasi dan memiliki etika dalam pelaksanaan tugas di lapangan," terang Pangdam. 

Pangdam menjelaskan, operasi ini adalah kegiatan tahunan, yakni dari 2 Januari sampai 31 Desember, dan digelar sepanjang tahun, sehingga setiap tahun akan dimulai lagi. 

Diakui Pangdam, operasi ini sebenarnya lebih bersifat ke dalam institusi TNI. Namun karena penegakan hukum dan tata tertib tidak hanya dilakukan institusi TNI sendiri, maka keterlibatan Polri dan lembaga peradilan, seperti Dilmilti, juga disertakan. 

"Dengan digelarnya operasi ini, maka semua unsur TNI wajib mentaati dan berdisiplin dalam segala hal. Baik dalam tindakan maupun dalam mematuhi aturan dan perintah pimpinan, termasuk dalam hal netralitas yang kembali ditegaskan Pimpinan TNI," urai Pangdam. 

Dalam pelaksanaan upacara ini, Pangdam juga menyampaikan amanat tertulis Panglima TNI, Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto, SIP.     

Yakni, Panglima TNI memerintahkan agar diterapkan inovasi-inovasi baru Gakkum yang dapat meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pencapaian tugas pokok TNI. 

Melalui Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini, TNI dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya, dan salah satu ciri dari profesionalitas adalah disiplin yang tinggi," tegas Panglima TNI. 

Sebelum menegakkan disiplin, maka seluruh satuan dan personel POM TNI harus terlebih dahulu menguasai tugas dan tanggungjawabnya serta berdisiplin tinggi. Petugas tidak bersikap arogan di lapangan, namun harus tegas dan tidak ragu-ragu serta mengedepankan profesionalitas. 

Pelaksanaan operasi harus dikembangkan ke arah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi. 

"Ini karena esensi operasi adalah proses lanjutan dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit dan PNS TNI. Dengan demikian kepatuhan terhadap norma, peraturan dan hukum dapat ditegakkan, baik atas kesadaran individu maupun secara struktural formal," jelas Panglima TNI. 

Hal ini sesuai dengan tema yang ditetapkan yaitu "Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020, Polisi Militer Siap Meningkatkan Ketaatan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit Guna Membangun TNI yang Profesional dan Menjadi Kebanggaan Rakyat Menuju Indonésia Maju".

Diakhir amanat Panglima TNI yang dibacakan Pangdam, disampaikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit TNI. Yaitu; Pegang teguh komitmen Netralitas TNI dalam rangka Pilkada Serentak tahun 2020, sehingga pesta demokrasi dapat berjalan aman, lancar dan sukses. 

Kemudian; sikapi secara cerdas perkembangan lingkungan strategis termasuk paradoks kemajuan teknologi. 

Patuhi aturan yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan serta hargai pelaksanaan tugas aparat penegak hukum. "Para Komandan Satuan agar memberikan dukungan penuh demi suksesnya penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini," tegas Panglima TNI. (mtc)
Editor: faeza

T#g:Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2020Pangdam I/BBPangdam I BBPangdam I?BBPangdam I.BB
Komentar
Kamis, 01 Okt 2020 18:31Berita Sumut

BPODT Terima Rombongan Praeses HKBP Distrik III Toba

Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Bambang Cahyo Murdoko menerima kunjungan rombongan Praeses HKBP Distrik III Toba yang dipimpin Pdt. Tumpak Siahaan STh, di Tourist Information Center (TIC) The Kaldera

Kamis, 01 Okt 2020 17:45Berita Sumut

GKN di Multatuli, Tekab Polsek Medan Kota Ciduk 4 Pelaku Narkoba

Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Medan Kota meringkus 4 orang pria yang diduga sebagai pemakai narkoba saat melaksanakan Gerebek Kampung Narkoba (GKN) di kawasan Jalan Multatuli Lingkungan I, Kelurahan Hamdan, Medan Maimun.

Kamis, 01 Okt 2020 17:30Berita Sumut

Lecehkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah, YouTuber Asal Medan Dituntut 7 Bulan Bui

YouTuber Aleh-Aleh Khas Medan, Rahmat Hidayat alias Aleh (19) warga Jalan Ileng Gang Nangka LK II Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan ini dituntut 7 bulan penjara. Dia dinilai bersalah dalam kasus UU Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Kamis, 01 Okt 2020 17:15Berita Sumut

Wanita Asal Medan Dibunuh 3 Rekannya di Humbahas, Korban Juga Diperkosa

Seorang wanita asal Medan bernama Kurnia Maya Sari (33) ditemukan tewas di sebuah gubuk di Perladangan Sayur di Desa Sait Nihuta Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (28/9). Korban ternyata dibunuh 3 rekan kerjanya

Kamis, 01 Okt 2020 17:00Ekonomi

Sore Ini, Harga Emas spot Naik di Level US$1.896,31 Per Ons Troi

Akhir perdagangan Kamis (1/10/2020) pukul 15.06 WIB, harga emas spot berada di level US$ 1.896,31 per ons troi alias menguat 0,56% di pasar spot.

Kamis, 01 Okt 2020 16:50Berita Sumut

Pangdam I/BB : Kenaikan Pangkat meningkatkan Etos Kerja

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA, M.Sc menerima acara Korp Raport Kenaikan Pangkat Pamen Kodam I/BB, acara digelar di Serambi Kehormatan Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto km 7,5 Medan pada Kamis, (1/10/2020).

Kamis, 01 Okt 2020 16:45Ekonomi

IHSG Naik 2,05% ke Level 4.970,09 di Akhir Perdagangan

Akhir perdagangan Kamis (1/10/2020) sore ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melonjak setelah turun dalam tiga hari perdagangan sebelumnya.

Kamis, 01 Okt 2020 16:25Berita Sumut

Arief: Kebijakan & Keputusan Diambil Dengan Berbasis Data

Pjs Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT melakukan pengecekan data jumlah kasus terbaru Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Medan di Command Center Balai Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kamis (1/10). Hal ini dilakukan guna mengetah

Kamis, 01 Okt 2020 16:15Berita Sumut

Ketua DPD Sumut: TMMD Ke-109 Wujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI

Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan merupakan hal yang gampang. Tapi upaya pemecah belah itu, diduga selalu ada.

Kamis, 01 Okt 2020 16:10Berita Sumut

Pedagang Es Tebu Berterimakasih Pada Kodim 0208/Asahan

Adanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 yang juga dilaksanakan diseluruh Indonesia terdiri dari 50 Kodim, tapi yang mengikuti kegiatan 47 Kodim. Termasuk Kodim 0208/Asahan yang dipusatkan diBatu Bara membuat masyarakat senang.

Kamis, 01 Okt 2020 15:54Berita Sumut

Program TMMD Ke-109 adalah Wujud Dari Butir Pancasila

Segala Kegiatan yang dilakukan pada agenda TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109. Merupakan wujud dari butir-butir Pancasila.

Kamis, 01 Okt 2020 15:47Berita Sumut

Tersangka Dugaan Keterangan Palsu Dikonfrontir dengan Korban

Penyidik Subdit II/Harda-Bangtah Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut melakukan konfrontir terhadap tersangka kasus dugaan penipuan dan penempatan keterangan palsu dengan korban Tansri Chandra, Selasa (29/9).

Kamis, 01 Okt 2020 15:32Berita Sumut

Sidang Kasus Narkoba Oknum Polisi, Hakim Pertanyakan Status Kanit Reskrim Hamparan Perak

Oknum Panit Reskrim Polsek Hamparan Perak, Jenry Heriono dan Kiki Kusworo alias Kibo menjalani sidang perdana kasus kepemilikan dan peredaran sabu dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Penuntut Fransisca Panggabean yang dilanjutkan dengan keterangan saksi.

Kamis, 01 Okt 2020 15:01Ekonomi

BPS Sumut: Kota Medan Alami Deflasi 0,05 persen

Berdasarkan hasil pemantauan Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan ini Kota Medan deflasi 0,05 persen.

Kamis, 01 Okt 2020 14:59Berita Sumut

Tak Patuhi Prokes, Gubsu Minta Waterpark yang Viral Karena Kerumunan Orang Ditutup

Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi angkat bicara terkait kerumuman orang di Hairos Waterpark di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Menurutnya tindakan pengelola jelas melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Kamis, 01 Okt 2020 14:45Berita Sumut

Pemko PSP Launching BSB PKH

Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melaksanakan Launching Bantuan Sosial Beras (BSB) Program Keluarga Harapan (PKH), Kamis (1/10) di Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan.