• Home
  • Berita Sumut
  • Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2020 untuk Ciptakan Prajurit Profesional, Disiplin dan Beretika

Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2020 untuk Ciptakan Prajurit Profesional, Disiplin dan Beretika

amrizal Jumat, 14 Februari 2020 11:45 WIB
Mtc/ist
Pangdam I/BB di sela memimpin upacara gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020 di Lapangan Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Jumat (14/2/2020).
MATATELINGA, Medan: Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah menegaskan, Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020 di wilayah Kodam I/Bukit Barisan bertujuan untuk menciptakan Prajurit TNI yang profesional, disiplin dalam berlalu lintas, dan memiliki etika dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan. 

Hal ini disampaikan Pangdam I/BB di sela memimpin upacara gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020 di Lapangan Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Jumat (14/2/2020).

Upacara diikuti Prajurit Polisi Militer gabungan dari tiga matra (AD, AL, dan AU) dan Perwakilan dari Propam Polda Sumut di wilayah Kodam I/BB. Hadir juga Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul SAB, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, Danpomdam I/BB, Kolonel Cpm Sudarma Setiawan, para Danrem dan PJU jajaran Kodam I/BB serta Polda Sumut. 

"Tujuan akhir Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini adalah menciptakan Prajurit TNI yang profesional, berdisiplin, berdedikasi dan memiliki etika dalam pelaksanaan tugas di lapangan," terang Pangdam. 

Pangdam menjelaskan, operasi ini adalah kegiatan tahunan, yakni dari 2 Januari sampai 31 Desember, dan digelar sepanjang tahun, sehingga setiap tahun akan dimulai lagi. 

Diakui Pangdam, operasi ini sebenarnya lebih bersifat ke dalam institusi TNI. Namun karena penegakan hukum dan tata tertib tidak hanya dilakukan institusi TNI sendiri, maka keterlibatan Polri dan lembaga peradilan, seperti Dilmilti, juga disertakan. 

"Dengan digelarnya operasi ini, maka semua unsur TNI wajib mentaati dan berdisiplin dalam segala hal. Baik dalam tindakan maupun dalam mematuhi aturan dan perintah pimpinan, termasuk dalam hal netralitas yang kembali ditegaskan Pimpinan TNI," urai Pangdam. 

Dalam pelaksanaan upacara ini, Pangdam juga menyampaikan amanat tertulis Panglima TNI, Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto, SIP.     

Yakni, Panglima TNI memerintahkan agar diterapkan inovasi-inovasi baru Gakkum yang dapat meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pencapaian tugas pokok TNI. 

Melalui Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini, TNI dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya, dan salah satu ciri dari profesionalitas adalah disiplin yang tinggi," tegas Panglima TNI. 

Sebelum menegakkan disiplin, maka seluruh satuan dan personel POM TNI harus terlebih dahulu menguasai tugas dan tanggungjawabnya serta berdisiplin tinggi. Petugas tidak bersikap arogan di lapangan, namun harus tegas dan tidak ragu-ragu serta mengedepankan profesionalitas. 

Pelaksanaan operasi harus dikembangkan ke arah peningkatan profesionalitas petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi. 

"Ini karena esensi operasi adalah proses lanjutan dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit dan PNS TNI. Dengan demikian kepatuhan terhadap norma, peraturan dan hukum dapat ditegakkan, baik atas kesadaran individu maupun secara struktural formal," jelas Panglima TNI. 

Hal ini sesuai dengan tema yang ditetapkan yaitu "Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020, Polisi Militer Siap Meningkatkan Ketaatan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit Guna Membangun TNI yang Profesional dan Menjadi Kebanggaan Rakyat Menuju Indonésia Maju".

Diakhir amanat Panglima TNI yang dibacakan Pangdam, disampaikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit TNI. Yaitu; Pegang teguh komitmen Netralitas TNI dalam rangka Pilkada Serentak tahun 2020, sehingga pesta demokrasi dapat berjalan aman, lancar dan sukses. 

Kemudian; sikapi secara cerdas perkembangan lingkungan strategis termasuk paradoks kemajuan teknologi. 

Patuhi aturan yang berlaku dan segala bentuk perintah kedinasan serta hargai pelaksanaan tugas aparat penegak hukum. "Para Komandan Satuan agar memberikan dukungan penuh demi suksesnya penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini," tegas Panglima TNI. (mtc)
Editor: faeza

T#g:Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2020Pangdam I/BBPangdam I BBPangdam I?BBPangdam I.BB
Komentar
Selasa, 25 Feb 2020 09:00Berita Sumut

Mahasiswa Wuhan Asal Sumut Yang Kembali ke Kampung Halaman

Diza Laila ,18, salah seorang mahasiswa Indonesia di Wuhan, China asal Sumatera Utara (Sumut) akhirnya dapat kembali ke kediamannya di Medan, setelah melalui proses yang panjang, hingga di karantina di Natuna Kepulauan Riau.

Selasa, 25 Feb 2020 08:45Aceh

Puluhan Nelayan Asal Aceh, di Tangkap Otoritas Thailand

Otoritas Thailand menangkap lebih kurang 33 nelayan asal Aceh Timur, Provinsi Aceh dengan dugaan mencuri ikan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negara setempat, tiga di antaranya masih di bawah umur.

Selasa, 25 Feb 2020 08:30Berita Sumut

Adengan Perkelahian Perempuan, Viral di Medsos

Video berdurasi 28 detik menunjukkan adegan perkelahian dua perempuan yang diduga siswi

Selasa, 25 Feb 2020 08:00Bola

Jangan Lewatkan Laga Barcelona VS Napoli

Pertandingan antara Barcelona melawan Napoli di leg I babak 16 besar Liga Champions 2019-2020

Selasa, 25 Feb 2020 07:45Ekonomi

Rupiah Ditutup Melemah 112 poin, Akibat Virus Corona

Rupiah ditutup melemah 112 poin atau 0,81 persen menjadi Rp13.872 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.760 per dolar AS.

Selasa, 25 Feb 2020 07:30Nasional

Lebay ! Diputusin Pacar, Pelajar di Jambi Tawuran

Pelajar SMKN 1 Kota Jambi dengan SMKN 3 Kota Jambi terlibat tawuran di sepanjang ruas jalan A Thalib, Kelurahan Simpang IV Sipin, Telainaipura, Kota Jambi, Senin sore (24/2/2020).

Selasa, 25 Feb 2020 07:15Bola

Drama Lima Gol Hiasi Kemenangan The Reds

Liverpool melakoni matchday ke-27 Liga Inggris musim 2019-2020 dengan menjamu West Ham United di Anfield Stadium, pada Selasa (25/2/2020) dini hari WIB. Tampil menekan, Liverpool pun berhasil menyudahi laga kontra West Ham dengan kemenangan 3-2.

Selasa, 25 Feb 2020 07:00Nasional

Mantan Sekda Jabar Dituntut 6 Tahun Penjara

Mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa, dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Iwa dinilai bersalah telah menerima suap Rp400 juta untuk kepentingan proyek Meikarta.

Selasa, 25 Feb 2020 06:45Berita Sumut

Tak Tahan Selalu Dikasari Suaminya Stroke, Pukul Pakai Kayu

Sebilah tembilang bergagang kayu, kayu broti yang patah 3 bagian, dan sebatang kayu gagang sapu yang juga sudah patah 3 bagian diletakkan di meja saat konferensi pers kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan korban

Selasa, 25 Feb 2020 06:30Nasional

Temui Kasal, Kepala Bakamla RI Disambut Dengan Vallreef

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melakukan kunjungan ke Mabes TNI AL di Gedung Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur,

Selasa, 25 Feb 2020 06:15Berita Sumut

Sabrina Paparkan Peluang Investasi Unggulan Sumut

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki banyak potensi investasi yang dapat dikerjasamakan dengan para investor dari luar negeri termasuk dari Belgia.

Selasa, 25 Feb 2020 06:00Nasional

Mendagri Minta 'Budaya Amplop' Dihilangkan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membuka secara resmi Rakornas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPDSM) Kemendagri, di Kampus BPSDM, Kalibata, Jakarta Selatan

Senin, 24 Feb 2020 22:19Berita Sumut

Kapolres Bersama Forkopimda Kabupaten Asahan Resmikan Gedung Olahraga

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. beserta Forkopimda Kabupaten Asahan

Senin, 24 Feb 2020 21:00Berita Sumut

Kapolres Sergai : Jangan Ada Anggota Yang Beking Narkoba dan Judi

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang, SH,MHum, menjadi pembina upacara bendera di Lapangan Apel Mapolres Serdang Bedagai, Senin (24/2/2020).

Senin, 24 Feb 2020 20:34Berita Sumut

Kapolres Asahan Bakti Sosial ke Sejumlah Panti Jompo dan Panti Asuhan di Kota Kisaran

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Asahan Ny. Dodot Faisal Napitupulu

Senin, 24 Feb 2020 20:19Berita Sumut

Usai Diwisuda, Akhyar Ajak 2.509 Lulusan USU Aplikasikan Ilmu untuk Pembangunan

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution Msi resmi dilantik Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu bersama dengan 2.509 lulusan Fakultas Teknik program profesi insinyur, diploma, sarjana,