• Home
  • Berita Sumut
  • Seluruh Jaringan Kabel di Kota Medan Bakal Dipindahkan Ke Bawah Tanah

Seluruh Jaringan Kabel di Kota Medan Bakal Dipindahkan Ke Bawah Tanah

faeza Kamis, 23 Januari 2020 17:00 WIB
Mtc/Ist
Akhyar menerima kedatangan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sumut Syafruddin bersama investor yang akan melakukan penertiban seluruh jaringan kabel di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (23/1). Sebagai langkah awal, jarin
MATATELINGA, Medan:  Apresiasi disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  menyusul akan ditertibkannya seluruh jaringan kabel yang ada di kota Medan. Seluruh jaringan kabel yang selama ini  berada di udara akan dipindahkan ke bawah tanah dengan menggunakan sistem ducting pita lebar. Selain menjadi wajah Kota Medan lebih tertata, penertiban yang dilakukan juga tidak menggunakan dana APBD.





Demikian terungkap ketika Akhyar menerima kedatangan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sumut Syafruddin bersama investor yang akan melakukan penertiban seluruh jaringan kabel di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (23/1/2020). Sebagai langkah awal, jaringan kabel telekomunikasi yang pertama akan dipindahkan ke bawah tanah.

 “Saya sangat mengapresiasi dan mendukung dilakukannya pemindahan jaringan kabel yang selama ini berada di udara ke bawah tanah dengan menggunakan sistem ducting pita lebar.  Dengan pemindahan yang dilakukan, wajah Kota Medan akan terlihat lebih indah karena tidak ada lagi jaringan kabel yang semrawut  maupun kendur,” kata Akhyar.

Mantan anggota DPRD Kota Medan itu berharap agar pemindahan jaringan kabel ke bawah tanah dilakukan secepatnya, sehingga sangat mendukung program Pemko Medan yang saat ini tengah digelorakan yakni,  “Yok, Kita Bikin Cantik Medan”.  Namun keinginan Akhyar tidak bisa secepatnya direalisasi, sebab pihak investor minta lebih dulu diterbitkan Peraturan Wali (Perwal).





"Dalam melakukan pemindahan jaringan kabel ke bawah tanah, kami tentunya memerlukan support dri Bapak Wali Kota berupa penerbitan perwal seperti yang telah dilakukan sejumlah daerah lainnya di Indonesia. Dengan demikian kami memiliki kepastian hukum dalam melakukan penataan jariangan kabel nantinya,’ jelas salah seorang investor.

Namun sebelum penerbitan Perwal dilakukan, pasca pertemuan, pria yangmengenakan kemeja panjang abu-abu dipadu celana panjang hitam minta  agar dilakukan memorandum of understanding (MoU) dengan Pemko Medan. Akhyar pun menyetujuinya , dia minta agar proses lebih lanjut ditangani Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Khairul Syahnan.

Akhyar kemudian berpesan, pemindahan jaringan kabel ke bawah nantinya harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dia tidak mau ada kabel yang sampai keluar sehingga mengganggu kenyamanan masyarakat pengguna jalan, termasuk penggunaan saluran drainase dalam mendukung pemindahan. Dikatakannya, pemasangan kabel dalam drainase banyak yang dibnirkan keluar sehingga membuat sampat tersangkut sehingga lama kelamaan akan menyebabkan penyumbatan dan terjadinya banjir.





"Saya berharap pemindahan dilakukan dengan sebaik-baiknya. Di samping itu apabila ada penggalian badan jalan, saya minta perbaikan yang dilakukan sebaik mungkin dengan mengembalikan fungsi jalan seperti semula. Jangan seperti perbaikan penggalian yang dilakukan selama ini, kondisi jalan yang diperbaiki tidak seperti semua. Saya minta ini masuk dalam poin MoU, termasuk kompensasi yang diterima Pemko Medan,” pesannya mengingatkan.

Usai pertemuan dengan Pllt Wali Kota, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sumut Syafruddin menjelaskan, pemindahan jaringan kabel ke bawah tanah di luar Pulau Sumatera sudah berjalan seperti Jakarta dan  Bandung. Dengan pemindahan yang dilakukan, Syafruddin mengatakan tidak akan lagi terlihat jaringan kabel seperti yang ada saat ini.

“Setelah dilakukan pemindahan, semua jaringan kabel, terutama telekomunikasi berada di bawah tanah. Pemindahan ini tidak menggunakan dana APBD, tapi dana dari investor. Pengembalian dana yang telah dikeluarkan itu akan diperoleh dari para operator jaringan yang akan menggunakan ducting pita lebar. Artinya, ada harga tentunya ada hitung-hitungannya,” jelas Syafruddin.

Terkait dengan permintaan investor dilakukannya MoU, Syafruddin menerangkan, bahwa investor berharap ada jaminan dari Pemko Medan bahwa seluruh jaringan kabel yang ada di udara selama ini akan dipindahkan ke bawah tanah. Kemudian Syafruddin menambahkan, pemindahan jaringan kabel ini juga sebagai tindak lanjut Instruksi Gubernur Sumut bahwa semua jaringan kabel  di Sumut, terutama di ibukota kabupaten dan kota harus di bawah tanah, terkhusu lagi Kota Medans ebagai ibukota Provinsi Sumut. (mtc)
Editor: faeza

T#g:Jaringan Bawah TanahJaringan KabelKota MedanPemko MedanPemko MedanBerita MedanMedan
Komentar
Jumat, 21 Feb 2020 22:52Berita Sumut

Robin Simatupang Berikan Bimbingan Kepada Peserta Diklat Bela Negara

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang,SH,M.Hum memberikan Bimbingan Peserta Diklat Bela Negara Binaan Kesbangpol Linmas Kabupaten Serdang Bedagai & TNI Kodim 0204/DS di Dusun V Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (21

Jumat, 21 Feb 2020 22:34Nasional

Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meninjau pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) wilayah ruas Indrapuri-Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (21/02/2020) sore.

Jumat, 21 Feb 2020 22:00Berita Sumut

Kapolres Sergai Sampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Nelayan

Kapolres Sergai bersama Kasat Pol Air Polres Sergai melaksanakan giat patroli di perairan Sergai untuk memberikan himbauan kepada para nelayan di pesisir pantai untuk bersama -sama membasmi peredaran narkoba dan sekaligus sambangi para nelayan di TPI Tan

Jumat, 21 Feb 2020 21:45Berita Sumut

Peran Jurnalis dan Pewarta Foto Sangat Dibutuhkan Dorong Kepedulian Lingkungan

Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, bersama Photographers Without Borders (PWB), YOSL-OIC, TFCA Sumatera, Leuser Conservation Partnership, menggelar diskusi fotografi lingkungan bertemakan Harmony With Natur

Jumat, 21 Feb 2020 21:45Nasional

Erick Thohir Hanya Butuh 3 Bulan Tutup BUMN Sekarat

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk melakukan penertiban perusahaan pelat merah yang masuk dalam kategori sekarat. Nantinya perusahaan ini bisa ditutup atau justru dilebur atau disatukan dengan cara holding.

Jumat, 21 Feb 2020 21:30Berita Sumut

Digrebek Polisi, Pengedar Ganja Dolok Sagala Masuk Bui

Dari hasil penggrebekan, BW (43) warga Sarang puah, Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai harus meringkuk di Sel Mapolsek Dolok Masihul setelah kedapatan Narkoba jenis Daun Ganja di rumahnya, Kamis (20/02/2020).

Jumat, 21 Feb 2020 21:22Berita Sumut

27 Warga Simalungun Keracunan Usai Menyantap Daging Anjing

Sebanyak 27 orang warga Desa Panombean Hutahurung, Kecamatan Hataran, Kabupaten Simalungun, Sumut mengalami keracunan usai menyantap daging anjing pada Rabu (19/2) . Daging anjing ini mereka beli secara patungan.

Jumat, 21 Feb 2020 21:15Berita Sumut

Akhyar : Stunting Menjadi Perhatian Kita Bersama

Dalam rangka persiapan kunjungan Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian pada minggu kedua bulan Maret ke lokasi stunting yang ada di Kota Medan tepatnya di Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan I

Jumat, 21 Feb 2020 21:00Nasional

Ratusan Murid SMPN 1 Turi Sleman Susur Sungai Saat Arus Deras, 4 Tewas

Ratusan murid yang melakukan penyusuran sungai, mengakibatkan hanyut ketika arus sungai yang deras di Sungai Sembor, Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat

Jumat, 21 Feb 2020 20:45Berita Sumut

Kagumi Aek Sijorni, Edy Rahmayadi Ajak Warga Jaga Keindahannya

Keindahan dan keasrian destinasi wisata Aek Sijorni membuat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terkagum-kagum. Airnya yang jernih mengalir deras di bebatuan cadas berundak menjadi pemandangan yang luar biasa dan membuat Gubernur betah berlama-l

Jumat, 21 Feb 2020 20:30Berita Sumut

Wabup Sergai H Darma Wijaya Hadiri Sertijab Kepala BPK RI

Wabup Sergai H Darma Wijaya Hadiri Sertijab Kepala BPK RI Perwakilan Sumut,di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Provsu di Medan Jalan Dipenegoro Medan, pada Jum'at (21/2/2020)

Jumat, 21 Feb 2020 20:15Ekonomi

Management XL Axiata Raih Penghargaan International

Mengawali tahun 2020, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih penghargaan dalam ajang internasional “15th Annual Customer Experience Management in Telecoms Global Summit 2020” yang berlangsung di London pada akhir Januari 2020 lalu.

Jumat, 21 Feb 2020 20:00Nasional

Bertemu Dua Menteri, Kepala Bakamla RI Sampaikan Keinginan Presiden RI

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melaksanakan pertemuan dua Menteri Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Jakarta

Jumat, 21 Feb 2020 19:45Berita Sumut

Pawai Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim pada Kegiatan MTQ XVI Kabupaten Sergai

Pawai Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim pada Kegiatan MTQ XVI Kabupaten Sergai Tahun 2020, yang dilaksankan di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan

Jumat, 21 Feb 2020 19:30Berita Sumut

Warga Ambacang Pemilik Narkotika Jenis Sabu

Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai mengamankan pemilik narkoba jenis Shabu Pada Kamis(20/2/2020) sekitar pukul 16.30 wib.

Jumat, 21 Feb 2020 19:15Berita Sumut

Polres Tanjungabali Menerima Kunjungan Tk/Darul Fikri Kota Tanjungbalai

Dihalaman Mapolres Tanjung Balai, Pada Kamis (20/2/2020) sekirapukul 09.10 Wib, Polres Tanjung Balai menerima Kunjungan Anak Anak TK/PAUD Darul Fikri Kota Tanjung Balai.