Serdik Sespimen Polri Angkatan 60 Peduli Anak Yatim

Mtc/Amrizal Rabu, 08 April 2020 09:31 WIB
Matatelinga/Istimewa
Rencana Pembangunan Gedung Yayasan Darul Yatim Mardhotillah 2 Lantai di Kelurahan Tanjumg Rejo Medan Sunggal
MATATELINGA, Medan: Dalam sebuah kesempatan, Lembaga Pendidikan dan Diklat (Lemdiklat) Polri menerima kunjungan dari Wakapolri, Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si didampingi oleh Asisten Ahli Kapolri bidang Sumber Daya Manusia dan Koors Ahli Kapolri. Dalam kunjungan tersebut, Wakapolri diterima langsung oleh Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si  dan  Kasespim Irjen Pol Drs. Rio S. Djambak beserta pejabat utama Lemdiklat Polri.

Dalam kesempatan itu, Kasespim Irjen Pol Drs. Rio S. Djambak memaparkan “Dalam filosofi pendidikan Polri ada tiga unsur utama yang harus ditanamkan yaitu Nilai-nilai dan Etika Profesi, Indoktrinasi Doktrin Polri, dan Enkulturasi Budaya Profesi Kepolisian, ketiga filosofi tersebut telah diimplementasikan oleh Lemdiklat Polri melalui program diklat Vokasi dan Akademik”.




Ada dua tugas Lemdiklat Polri berkolaborasi dengan Kasespim Polri untuk mewujudkan program prioritas Kapolri. Pertama mewujudkan SDM yang unggul dan kedua meningkatkan kualitas keamananan.

Program pendidikan dan latihan harus progressive, responsive, adaptive, up to date dan aplicable. Prodiklat tahun 2020, seperti dipaparkan Kalemdiklat dirancang untuk mewujudkan program prioritas Kapolri dalam membangun SDM unggul dan berintegritas yang mendukung kinerja operasional Polri.

“Saya sudah mencatat dan nanti akan dilaporkan kepada Kapolri, karena yang sudah semuanya adalah untuk kepentingan Polri. Polri ini untuk masyarakat, Polri ada karena masyarakat, organisasi ini akan tetap eksis dan akan mendapat Trust dari masyarakat, kita harus mampu meningkatkan profesionalitas kita,” demikian tanggapan Wakapolri saat mengunjungi Lemdiklat.
 
Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si yang saat ini harus bekerja dari hulu, sebagai Kalemdikpol dan bersinergi dengan Kasespim Irjen Pol Drs. Rio S. Djambak berjanji akan membentuk sumber daya manusia Polri yang siap pakai.




Caranya, dengan menanamkan dan menebarkan integritas personel melalui program pendidikan yang bisa menghasilkan sosok anggota Polri yang berintegritas moral, profesional yang unggul, dan kompetitif.

“Integritas moral menjadi landasan utama sehingga perlu dibangun kultur pendidikan yang efektif sehingga bisa melahirkan sosok personel Polri yang reformis , berintegritas, dan profesional,” kata Kasespim Irjen Pol Drs. Rio S. Djambak.

Rio S. Djambak mengaku sudah mulai merancang kegiatan dan kinerja yang akan dia lakukan untuk meningkatkan SDM Polri.

“Saya selalu proaktif dan saat orang baru berpikir, maka saya harus sudah melangkah di depan. Karena jabatan adalah amanah dan tugas adalah ibadah. Jangan melihat di manapun ditugaskan, tapi di sana pasti ada rahasia Allah,” imbuhnya.




Untuk menyahuti keinginan Kalemdiklat Polri dan Kasespim ini, salah seorang Peserta Didik (Serdik) Sespimen Polri Angkatan 60 Kompol Ronni Bonic berkeinginan untuk menerapkan tiga unsur utama dalam filosofi pendidikan Polri.

Karena didorong oleh rasa prihatin, lalu muncul empati. Kemudian ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Hal itu yang membuat Kompol Ronni Bonic merasa sangat bersalah ketika melihat anak-anak sebagai generasi masa depan tidak bisa mendapatkan kesemptan untuk belajar meningkatkan kemampuannya.

Saat bertemu dengan Ust. Slamet bin Azis yang memiliki keinginan sama untuk berbuat sesuatu yang terbaik bagi anak-anak yang kurang beruntung seperti anak yatim, maka muncullah gagasan untuk mendirikan sebuah bangunan yang bisa menjadi tempat belajar sekaligus tempat tinggal anak-anak yatim tersebut.




Menurut Ust. Slamet bin Azis, dalam waktu dekat ini akan di mulai Pembangunan Gedung Yayasan Darul Yatim Mardhotillah 2 Lantai.

"Gedung ini nantinya akan kita manfaatkan untuk menampung anak-anak yatim yang ada disekitar Jl. Abadi dan Jl. Perjuangan Kel. Tanjung Rejo, Medan Sunggal akan dijadikan sebagai tempat tinggal dan tempat pendidikan agama," kata Ust. Slamet.

Untuk mewujudkan pembangunan gedung ini, kata Ust. Slamet sangat dibutuhkan uluran tangan para donatur dan dukungan doa dari orang-orang yang tergerak hatinya untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung ini.

Secara khusus, Kompol Ronni Bonic setiap kali bertemu dengan masyarakat selalu mengingatkan agar mematuhi aturan pemerintah diam di rumah dan menjalankan Maklumat Kapolri yang menganjurkan masyarakat jangan sampai membuat acara yang menjadikan berkumpulnya banyak orang.
Editor: 1

T#g:Angkatan 60KalemdiklatKasespimmatatelinga.commatatelinga comRonni BonicSerdik SespimenTerkini
Komentar
Rabu, 27 Mei 2020 18:30Internasional

Gara-Gara Tertawai Presiden, Komedian Tanzania Diadili

Komedian Tanzania Idris Sultan disidang di pengadilan ibu kota komersial Dar Es Salaam pada Rabu pagi (27/5/2020), delapan hari setelah dia ditangkap karena menertawai Presiden John Magufuli.

Rabu, 27 Mei 2020 18:15Aceh

Dipa Syahbuana: Bantuan Masih Dalam Proses, Masyarakat Harap Bersabar

Dimohonkan masyarakat penerima Bantuan Tunai Langsung (BLT) Dana Desa (DD) dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, harap bersabar. Pasalnya, karena bantuan itu masih dalam proses dan dikabarkan akan dicairkan sepekan ke depan ini.

Rabu, 27 Mei 2020 18:00Berita Sumut

Tak Terima Ditegur Karena Ugal-ugalan, Dua Kelompok Pemuda Saling Serang di Tapsel, Satu Tewas

Pasca terjadinya bentrok antar warga di Tapanuli Selatan, Polisi dan TNI berhasil meredam warga kedua desa di Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapsel, Selasa (26/5/2020) malam, hal yang sama juga kembali terjadi di Desa Huraba, Kecamatan Angkola Timur,

Rabu, 27 Mei 2020 17:45Berita Sumut

Gunakan Kapal Kayu, Satu Meninggal Dunia dari Puluhan TKI Asal Malaysia

Puluhan TKI ilegal dari Malaysia, menumpang kapal kayu diperkirakan mendarat di Pelabuhan Tanjungtiram, dikabarkan satu orang meninggal dunia

Rabu, 27 Mei 2020 17:30Ekonomi

Ingin tahu harga Emas Jalang Sore Ini, Bergerak di US$ 1.706,87 per ons troi

Prospek ekonomi untuk negara maju tahun ini telah kembali gelap dalam sebulan terakhir, dengan pemulihan tajam berbentuk V diperkirakan oleh kurang dari seperlima ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Rabu, 27 Mei 2020 17:15Berita Sumut

Dua Desa Masih Mencekam, Brimob dan Personel Dari Polres Tapsel Masih Berjaga-jaga

Terkait dengan masalah yang terjadi di Tapanuli Selatan, pengamanan dan mediasi perkelahian antara warga masyarakat Kel. Pintu Padang dengan warga masyarakat Desa Huraba Kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan, Selasa (26/5/2020) berlangsung aman.

Rabu, 27 Mei 2020 17:00Nasional

Panglima TNI Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan I-II dan Sertijab Pangkohanudas

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) kepada Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M., dan Pangkogabwilhan II Marsda TNI Im

Rabu, 27 Mei 2020 16:45Berita Sumut

Tuan Rondahaim Saragih Disepakati Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Tuan Rondahaim Saragih diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Raja ke-14 dari Kerajaan Raya (Simalungun) ini dinilai telah berperan dalam memimpin dan melakukan perjuangan mempertahankan wilayah Indonesia dari penjajahan Belanda.

Rabu, 27 Mei 2020 16:15Berita Sumut

Kota Medan Siap Laksanakan New Normal

Kota Medan siap melaksanakan kondisi new normal. Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri, guna

Rabu, 27 Mei 2020 16:00Berita Sumut

Bawa Rombongan Pejabat Utama, Kapolres Simalungun Silaturahmi dengan Forkopimda

Kapolres Simalungun AKBP.Agus Waluyo, S.I.K., membawa para pejabat utama Polres Simalungun untuk melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Simalungun sebagai pengantar tugas Kapolres di Simalungun Rabu (27/05/2020

Rabu, 27 Mei 2020 15:42Berita Sumut

Kadispenad : SDM Penerangan harus Bangkit dan Kreatif

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus menggelar video conference (Vidcon) kepada para Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) jajaran Angkatan Darat.

Rabu, 27 Mei 2020 14:45Berita Sumut

Usai di Rapid Test, 250 Warga Kota Medan Dapat Bantuan Sembako Dharma Pertiwi Daerah "A"

Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatannya di masa Covid-19 ini, Dharma Pertiwi Daerah "A" menggelar Rapid Test kepada 250 warga Kota Medan yang dilanjutkan dengan pembagian sembako.

Rabu, 27 Mei 2020 13:45Nasional

Mutasi Jabatan 78 Perwira Tinggi TNI, Berikut Daftarnya

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dina

Rabu, 27 Mei 2020 13:15Berita Sumut

Terima Kunjungan GTPP Covid 19 Sumut, Wakil Walikota Siantar Harapkan RSUD dr Djasamen Bisa Lakukan Uji Swab

Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM mengharapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih bisa melakukan uji swab (PCR). Sehingga tidak lagi harus ke Jakarta atau Medan.

Rabu, 27 Mei 2020 13:00Berita Sumut

Dharma Pertiwi Kodam I/BB Gelar Rapid Test Kepada Masyarakat

Pengurus Dharma Pertiwi Kodam I/BB menggelar rapid test kepada masyarakat di Jalan Kapten Muslim Medan, Rabu (27/5/2020). Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

Rabu, 27 Mei 2020 11:45Berita Sumut

Jadwal Sekolah Aktif Belum Bisa Dipastikan

Pemerintah Kota (Pemko) Medan belum bisa memastikan jadwal sekolah kembali aktif seperti biasanya. Sampai saat ini, Dinas Pendidikan Kota Medan masih menunggu instruksi lebih lanjut.