• Home
  • Berita Sumut
  • Soekirman Harap Sergai Bisa Jadi Kawasan Bebas Plastik Seperti Zanzibar

Soekirman Harap Sergai Bisa Jadi Kawasan Bebas Plastik Seperti Zanzibar

qoqo Sabtu, 21 September 2019 12:22 WIB
Mtc/ist
upati Soekirman yang didaulat sebagai pembicara dari Indonesia dengan tajuk " How to strengthen potential of religious Actors in Promoting Peace " mengaku sangat terkesan dengan aturan yang diberlakukan, ketika baru tiba di negara tersebut.
MATATELINGA, Tanzania: Apa yang menarik mengunjungi Zanzibar, Afrika? Satu hal yg impressive, menjelang landing announcement Pramugari Pesawat Qatar Airways" para penumpang sekalian, Pemerintah Zanzibar melarang adanya sampah plastik, barang siapa yang membuang sampah plastik sembarangan dan tertangkap akan didenda sangat mahal. Ini tentu menjadi tanda tanya besar bagaimana hal tersebut bisa dilakukan? 



[adx]

Demikian Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menyampaikan kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal M.Si melalui WhatsApp langsung dari Zanzibar, Tanzania Afrika, Jumat (20/9/2019) malam.

Dikatakan Akmal, Bupati Soekirman yang didaulat sebagai pembicara dari Indonesia dengan tajuk " How to strengthen potential of religious Actors in Promoting Peace " mengaku sangat terkesan dengan aturan yang diberlakukan, ketika baru tiba di negara tersebut.

" Lepas Bandara Zanzibar, saya perhatikan sekitar bandara rasanya biasa saja. Tapi ketika saya kunjungi publik market atau pasar rakyat memang terlihat tidak ada sampah plastik, walau kantong pembungkus sekalipun," katanya.




[adx]

Bupati Soekirman yang didampingi Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman menyampaikan bahwa semua kedai dan toko hanya menyediakan kantong kertas (paper bag) untuk para pembeli. Kelihatannya sederhana, ternyata dampaknya luar biasa. Dimana-mana publik area seperti pasar, terminal, sekolah, pantai, hotel tidak terlihat sampah plastik, kantong plastik, meskipun dibeberapa tempat pinggir kota masih terlihat ada botol plastik tercecer di tepi jalan. 

Pada umumnya toko-toko sudah tidak menyediakan kantong plastik. Hanya paper bag dengan alasan bisa hancur (disposable) sehingga mengurangi beban lingkungan. " Para peserta konferensi saja diberi botol seperti termos, isi air di ruang hotel ada dispenser, tak perlu beli air kemasan," ucapnya dengan kagum.

Tekanan Komunitas Lingkungan

Bupati mengisahkan, meskipun "ban plastic waste" sudah dilindungi UU yang merupakan inisiatif Pemerintah Pusat dan DPR Tanzania, namun pada awalnya sekitar 5 tahun lalu dimulai dari para pecinta lingkungan, atau komunitas lingkungan  di Zanzibar. Gerakan yang penuh  kesadaran ini kemudian menjadi gerakan bersama elemen masyarakat dan organisasi keagamaan. 




[adx]

Zanzibar yang penduduknya sekitar 1,5 juta adalah semi otonomi dan 95% agama Islam. Namun toleransi dan inter relasi antar agama yang tertinggi di dunia. Negara bekas Kesultanan Oman pada abad ke-18, kini di bawah Republik Tanzania memberi ruang warga bebas memeluk agama dan antar agama saling tolong menolong dalam menjawab permasalahan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat.

"  Itu sebabnya organisasi gereja United Evangelical Mission (UEM) di Jerman menyelenggarakan Conference International Interreligious Action for Peace and Inclusive Communities 19-23 September 2019," ujarnya 

 Dalam acara yang bertajuk " How to strengthen potential of religious Actors in Promoting Peace," diikuti oleh 10 negara Al Tanzania, Zanzibar, Indonesia, Germany, Kenya, Cameroon, Rwanda, Congo, Philippines, Sri Lanka, dan Namibia. Konfrensi international dibuka oleh 2nd Vice President of Zanzibar, Amb.Seif A.Iddy di Zanzibar Beach Resort Hotel.

Bupati berharap, Indonesia khususnya Kabupaten Sergai dapat meniru apa yang sudah dilakukan oleh Zanzibar. Hal ini mengingat Indonesia sedang darurat sampah plastik, oleh karenanya kita harus memulainya dari sekarang. (mtc/qoqo)
Editor: faeza

T#g:blibliMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPemkab SergaiSoekirman Harap Sergai Bisa Jadi Kawasan Bebas Plastik Seperti ZanzibarTerkiniTravelokasergai
Komentar
Kamis, 02 Jul 2020 11:30Berita Sumut

Miliki AK-47, Kuli Bangunan Ini Diciduk Polisi

Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Medan Barat meringkus seorang residivis kasus pembunuhan yang sengaja menyimpan senjata api (senpi) laras panjang jenis AK-47. Pelaku merupakan seorang kuli bangunan.

Kamis, 02 Jul 2020 11:00Berita Sumut

36 Personil Polres Tebingtinggi Naik Pangkat

Kapolres Tebing Tinggi AKBP James P. Hutagaol, S.IK memimpin upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat setingkat lebih tinggi Perwira dan Bintara. Total seluruh personil Polres Tebingtinggi memperoleh kenaikan pangkat berjumlah 30 orang.

Kamis, 02 Jul 2020 09:45Berita Sumut

Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 1.234 Personel, Kapolda Sumut Tegaskan Hal Ini

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin M.Si memimpin upacara kenaikan pangkat 1.234 personel Polri maupun ASN Polri di Lapangan K.S Tubun Mapolda Sumut. Kamis (02/07/20).

Kamis, 02 Jul 2020 08:00Berita Sumut

Bayi Kembar Personil Polda Sumut Diberi Hadiah oleh Kabaharkam Polri

Hari ini Rabu 1 Juli 2020 menjadi hari yang spesial bagi seluruh insan Bhayangkara di Indonesia begitu juga dengan pasangan Aipda Feri Bakti Saragih dan Jafri Tambunan.

Kamis, 02 Jul 2020 08:00Berita Sumut

Tersinggung Dikatai Mabuk, Hermanto Tikam Teman Hingga Tewas

Hanya karena merasa tersinggung dan tidak terima dengan perkataan yang dilontarkan temannya, Hermanto Pakpahan (35) tega menghabisi nyawa Plores Panjaitan (35) warga Dusun Bandar Mariah, Nagori Bandar Sauhur ,Kecamatan Purba Kab.Simalungun. dengan menggu

Kamis, 02 Jul 2020 07:00Berita Sumut

Satuan Lalulintas Polres Simalungun Peduli Terhadap Anak Korban Kecelakaan Lalu lintas

Dalam rangka Hut Bhayangkara ke 74 Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun peduli terhadap masyarakat dengan membagikan bingkisan berupa tas sekolah, buku tulis, alat tulis, tempat minum, kepada Korban Kecelakaan Lalulintas

Kamis, 02 Jul 2020 06:45Berita Sumut

Akhyar: Kita Harus Bisa Sesuaikan Diri Hadapi Pandemi Covid-19

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum diketahui kapan akan berakhirnya. Itu sebabnya wabah ini tidak dapat dihindari, tetapi bagaimana harus bisa menyesuaikan diri untuk menghadapinya sehingga aktifitas tetap dapat berlangsung meski di tengah

Kamis, 02 Jul 2020 06:30Berita Sumut

Akhyar Berdialog Dengan MUI Kota Medan

Usai mendatangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi juga menyambangi MUI Kota Medan di Jalan Nusantara No 3, Kotamatsum III, Kecamatan Medan Kota

Kamis, 02 Jul 2020 06:15Bola

Inter Milan Masih Berpeluang Menjuarai Liga Italia

Inter memulai pertandingan dengan sangat baik. Baru lima menit babak pertama bergulir, tim asuhan Antonio Conte sudah mampu membuat gol

Kamis, 02 Jul 2020 06:00Berita Sumut

Satu Keluarga Menderita Luka Bakar, Terbaring di Rumah Sakit

Akibat tabung gas 3 Kilogram meledak saat sedang berada di dapur, satu keluarga di Mandailing Natal, menderita luka bakar serius. Kepala keluarga serta tiga anaknya, menjalani perawatan di rumah sakit.

Rabu, 01 Jul 2020 23:00Berita Sumut

Polres Padangsidimpuan Juga Gelar Upacara HUT Bhayangkara Secara Virtual

Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara pada tahun ini diselenggarakan berbeda seiring adanya pandemi Covid-19. Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual pada Rabu (1/7/2020) pukul 08.3

Rabu, 01 Jul 2020 22:45Berita Sumut

Syukuran HUT Bhayangkara di Polres Sergai Digelar Secara Sederhana

Kepolisian Resort (Polres) Serdang Bedagai menggelar syukuran Hari Bhayangakara yang ke-74 secara sederhana di Aula Patriatama Mako Polres Serdang Bedagai, Rabu (1/7/2020).

Rabu, 01 Jul 2020 22:15Berita Sumut

Pemkot PSP Ikuti Rapat Koordinasi Dengan Wagubsu

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengikuti rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, KPK, OJK, Pemda se-Sumatera Utara dan Bank Sumut terkait optimalisasi pendapatan daerah dan pencegahan korupsi dalam sek

Rabu, 01 Jul 2020 21:30Berita Sumut

Polres Sergai Gelar Upacara HUT Bhayangkara Secara Virtual

Sambut hari Bhayangkara ke-74, Polres Serdang Bedagai ikuti upacara virtual bertempat di Gedung Trafict Manegement Center (TMC), Rabu (01/07/2020) sekira pukul 08.00 Wib

Rabu, 01 Jul 2020 21:00Nasional

Kadispenad Tutup Pendidikan PR Bersama MNC Group

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Nefra Firdaus, secara resmi menutup Pelatihan Penyiaran dan Public Relation yang merupakan kerja sama antara Dispenad dengan PT. MNC Group, bertempat di Menara iNews MNC Group, Jl. Kebon Sir

Rabu, 01 Jul 2020 20:30Berita Sumut

Muspika Medan Timur Buat Kejutan Kepada Kapolsek Medan Timur

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-74, Muspika Kecamatan Medan Timur memberi kejutan kepada Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin beserta seluruh anggotanya berupa nasi tumpeng di Halaman Mapolsek Medan Timur, Rabu (1/7/2020).