Ekonomi

Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Meroket Tajam


Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional daerah melesat jelang Lebaran / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional daerah melesat jelang Lebaran. Tidak tanggung-tanggung, kenaikannya bahkan mencapai hampir dua kali lipat hingga menyentuh Rp60 ribu per kilogram (kg).

Di pasar tradisional di Kabupaten Jember, Jawa Timur, misalnya. Harga daging ayam dibanderol Rp50 ribu - Rp60 ribu per kg. "Harga naik di luar kewajaran. Pekan lalu, masih Rp35 ribu per kg, namun pekan ini mencapai Rp60 ribu per kg. Memang, pasokan untuk pedagang terbatas," ujar Ida, salah satu pedagang di Pasar Tanjung Jember.

Tak cuma daging ayam ras yang naik, ia melanjutkan harga daging ayam kampung juga melambung hingga di atas Rp70 ribu per kg.

Petugas di Pasar Tanjung Jember Iskandar menyebut kenaikan signifikan terjadi sepekan terakhir. Bahkan dua hari lalu, harga daging ayam sempat menyentuh Rp65 ribu per kg.

Di Cirebon, harga ayam potong jelang tiga hari Lebaran tercatat naik Rp5 ribu per kg jadi Rp40 ribu per kg.

"Kenaikan jelang Lebaran, mungkin juga akibat stok menipis, sebab pembelian dari juragan ayam dibatasi," jelasnya.

Di Bandung, harga daging ayam naik dari Rp36 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg. Namun demikian, kenaikan disebut bukan berasal dari juragan, melainkan meningkatnya permintaan masyarakat.

Guna mengantisipasi kenaikan harga agar tidak terus melonjak, pemerintah setempat akan memantau komoditas di tingkat bandar untuk mengetahui penyebab kenaikan harga dua komoditas, yaitu daging ayam dan cabai.

"Nanti kami coba untuk lihat kemungkinan seperti apa dan penyebabnya apa. Mudah-mudahan kami bisa intervensi," imbuh Pejabat Sementara Wali Kota Bandung Muhammad Solihin.

Penulis
: Fidel W
Editor
: Fidel W
Sumber
: cnn
Tag:daging ayamharga daging ayam naikJelang Lebaran

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.