Ekonomi

Perkuat Stok Pangan, Bulog Sudah Beli 18.323 Ton Beras Petani

Faeza
Matatelinga.com
Perkuat Stok Pangan, Bulog Sudah Beli 18.323 Ton Beras Petani
MATATELINGA, Medan: Pemimpin Perum Bulog Sumut, Arwakhuddin Widiarso menjelaskan, Perum Bulog  Sumut hingga pekan ini sudah membeli 18.323 ton beras  petani untuk memperkuat stok.



"Bulog Sumut sudah membeli 18.323 ton beras petani hingga mendekati pertangahan Mei  dengan semuanya kualitas premium, " ungkap dia, Selasa (12/5/2020). 


Realisasi pembelian beras petani itu sudah melampaui rencana pembelian Januari - Mei 2020 yang ditargetkan sebanyak  7.400 ton, dan bahkan  sudah mendekati  target sepanjang tahun.


Secara total, sambung dia, tahun 2020, Perum Bulog Sumut ditargetkan bisa membeli 20.400 ton beras.


"Bulog Sumut terus berupaya meningkatkan pembelian beras petani untuk memperkuat stok, guna pengadaan program sembako/BPNT dan termasuk penjualan komersial," tuturnya.


Dia menegaskan,  Bulog akan terus berupaya membeli beras petani sehingga stok aman. Bahkan, sambungnya, Bulog kini membeli beras petani dengan harga komersial, bukan sesuai harga pembelian pemerintah (HPP) yang ditetapkan sebesar Rp 8.300 per kg.



"Meski HPP beras sudah dinaikkan pemerintah menjadi Rp8.300 dari sebelumnya Rp8.030 per kg, namun masih sulit mendapatkan harga beras  di Sumut sebesar HPP," terangnya.


Selain beras petani sebagian besar untuk dikonsumsi petani sendiri, beras hasil petani Sumut, kualitasnya lebih bagus. Adapun harga beli beras komersial sesuai mekanisme harga pasar saat ini atau sekitar Rp 9.400 -Rp 10.000 per kg.


Harga beras itu diakuinya naik karena memang belum masuk masa panen raya. "Dengan sudah membeli 18ribuan ton di dua pekan Mei,  maka Bulog meyakini target pembelian yang sebanyak 20.400 ton tahun ini akan tercapai," kata Wiwid.


Penulis
: amelia
Editor
: Faeza

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.