Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Mtc/Jam Senin, 25 Mei 2020 22:45 WIB
Hand Over
Pemberian hadiah
MATATELINGA, Riyadh : Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Mengutip dari Arab News, Senin (25/5/2020), sebagian besar dari mereka mengandalkan layanan internet dan aplikasi untuk menyelesaikan masalah ini. mereka mengirim hadiah dan mentransfer uang.




"Saya mendapatkan eidiya tahun ini dari sepupu melalui STC (aplikasi)," kata Waleed Bukhari, "Saya biasanya menerima uang tunai dari para tetua keluarga, tetapi saya senang mendapatkan sesuatu yang berbeda."

"Eidiya" sulit untuk didefinisikan. Terjemahan literalnya adalah "dari Idul Fitri" dan biasanya merupakan hadiah uang untuk anak-anak, kadang-kadang orang dewasa, pada pagi hari pertama Idul Fitri. Nominalnya umumnya tergantung usia masing-masing penerima.

Sejumlah aplikasi pembayaran di Arab Saudi menawarkan cara menyenangkan bagi orang-orang untuk mengirim uang eidiya mereka secara elektronik.




Ada pilihan untuk menyesuaikan amplop dan melampirkan pesan pribadi, dan banyak yang mungkin menemukan ini sebagai alternatif cocok untuk aspek tradisional membagikan hadiah Idul Fitri.

Seorang mahasiswa bernama Dana Al Harbi mengatakan tidak pernah mendapat uang hadiah Idul Fitri, tetapi selalu menerima barang-barang berguna dari mereka yang dicintai.

"Uang memang bermanfaat, tentu saja, tetapi mereka selalu memberi saya barang-barang yang saya hargai lebih," katanya.

"Mereka menaruh banyak cinta dan pemikiran dalam hadiah itu, dan itu lebih penting bagiku daripada uang."




Beberapa toko menawarkan kotak atau amplop khusus untuk menyimpan uang dengan cara yang menarik, atau menjual kartu dengan slot kecil untuk memegang uang kertas yang digulung.

Beberapa menghias karangan bunga dengan uang, meletakkan uang di dalam bungkus coklat, atau bahkan mencari tunawisma untuk diberikan eidiya.

Wafaa Al Mansour, seorang ibu dari lima anak, merekomendasikan untuk membagikan kartu hadiah.

"Ada sesuatu yang saya tidak suka tentang langsung memberikan uang tunai, dan saya selalu berbeda ketika memberikan ke anak-anak sebagai hadiah. Jadi saya memberi mereka pilihan untuk memilih apa yang mereka sukai, tetapi juga pastikan mereka tidak membuang-buang uang untuk sesuatu yang tidak saya setujui," katanya.




Dia merekomendasikan voucher hadiah yang ditawarkan oleh toko buku yang berbeda sebagai pilihan yang baik.

"Saya suka mendapatkan voucher SR100 (USD26,66), karena jumlahnya sesuai, yang berusia di bawah 12 tahun mendapat tiga dan yang di atas 12 tahun mendapat lima. Mereka dapat memilih untuk membeli buku, mainan, permainan, alat tulis, atau bahkan melakukan apa yang dilakukan putra saya dan menyimpan voucher untuk barang elektronik yang lebih mahal. Mereka mendapatkan PlayStation dengan cara itu," jelasnya.

Sementara Haifa Abduljaleel lebih memilih mengirimi ketiga anaknya uang tunai melalui transfer bank, sebuah proses yang dinilai membuat hidupnya jauh lebih mudah selama bertahun-tahun.
Editor: James P Pardede

Sumber: Mtc/Okz

T#g:Arab SaudiBeri HadiahCoronaidul fitrivirus
Komentar
Kamis, 02 Jul 2020 12:50Berita Sumut

Dua Kali Beraksi, Pelaku Curanmor di Sunggal Diberi Timah Panas

Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Unit Reskrim Polsek Sunggal Polrestabes Medan berhasil ungkap kasus pencurian yang dilakukan oleh tersangka berinisial R warga Jl. Binjai Gg. Mesjid Desa Payageli.

Kamis, 02 Jul 2020 12:15Berita Sumut

Kasus Bangunan Mewah di Helvetia Bukti Lemahnya Pengawasan Menjadi Penyebab Buruknya PAD IMB

Anggota Komisi IV DPRD Kota Medan, Syaiful Ramadhan berang dengan lambatnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan memberikan tindakan terhadap bangunan rumah mewah di kawasan Komplek Bumi Asri Blok F1 ujung Kelurahan Cinta Damai Kec Medan Hel

Kamis, 02 Jul 2020 12:00Berita Sumut

Sambut Hari Bhayangkara ke-74, Pemuda Pancasila Beri Kejutan Kapolrestabes Medan

Usai melaksanakan upacara koprs kenaikan pangkat, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko mendapatkan kejutan (suprise-red) di Hari Bhayangkara ke-74, Kamis (2/7). Kejutan atau surprise itu disampaikan Pemuda Pancasila Kota Medan yang datang ke Polre

Kamis, 02 Jul 2020 11:30Berita Sumut

Miliki AK-47, Kuli Bangunan Ini Diciduk Polisi

Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Medan Barat meringkus seorang residivis kasus pembunuhan yang sengaja menyimpan senjata api (senpi) laras panjang jenis AK-47. Pelaku merupakan seorang kuli bangunan.

Kamis, 02 Jul 2020 11:00Berita Sumut

36 Personil Polres Tebingtinggi Naik Pangkat

Kapolres Tebing Tinggi AKBP James P. Hutagaol, S.IK memimpin upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat setingkat lebih tinggi Perwira dan Bintara. Total seluruh personil Polres Tebingtinggi memperoleh kenaikan pangkat berjumlah 30 orang.

Kamis, 02 Jul 2020 09:45Berita Sumut

Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 1.234 Personel, Kapolda Sumut Tegaskan Hal Ini

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin M.Si memimpin upacara kenaikan pangkat 1.234 personel Polri maupun ASN Polri di Lapangan K.S Tubun Mapolda Sumut. Kamis (02/07/20).

Kamis, 02 Jul 2020 08:00Berita Sumut

Bayi Kembar Personil Polda Sumut Diberi Hadiah oleh Kabaharkam Polri

Hari ini Rabu 1 Juli 2020 menjadi hari yang spesial bagi seluruh insan Bhayangkara di Indonesia begitu juga dengan pasangan Aipda Feri Bakti Saragih dan Jafri Tambunan.

Kamis, 02 Jul 2020 08:00Berita Sumut

Tersinggung Dikatai Mabuk, Hermanto Tikam Teman Hingga Tewas

Hanya karena merasa tersinggung dan tidak terima dengan perkataan yang dilontarkan temannya, Hermanto Pakpahan (35) tega menghabisi nyawa Plores Panjaitan (35) warga Dusun Bandar Mariah, Nagori Bandar Sauhur ,Kecamatan Purba Kab.Simalungun. dengan menggu

Kamis, 02 Jul 2020 07:00Berita Sumut

Satuan Lalulintas Polres Simalungun Peduli Terhadap Anak Korban Kecelakaan Lalu lintas

Dalam rangka Hut Bhayangkara ke 74 Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun peduli terhadap masyarakat dengan membagikan bingkisan berupa tas sekolah, buku tulis, alat tulis, tempat minum, kepada Korban Kecelakaan Lalulintas

Kamis, 02 Jul 2020 06:45Berita Sumut

Akhyar: Kita Harus Bisa Sesuaikan Diri Hadapi Pandemi Covid-19

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum diketahui kapan akan berakhirnya. Itu sebabnya wabah ini tidak dapat dihindari, tetapi bagaimana harus bisa menyesuaikan diri untuk menghadapinya sehingga aktifitas tetap dapat berlangsung meski di tengah

Kamis, 02 Jul 2020 06:30Berita Sumut

Akhyar Berdialog Dengan MUI Kota Medan

Usai mendatangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi juga menyambangi MUI Kota Medan di Jalan Nusantara No 3, Kotamatsum III, Kecamatan Medan Kota

Kamis, 02 Jul 2020 06:15Bola

Inter Milan Masih Berpeluang Menjuarai Liga Italia

Inter memulai pertandingan dengan sangat baik. Baru lima menit babak pertama bergulir, tim asuhan Antonio Conte sudah mampu membuat gol

Kamis, 02 Jul 2020 06:00Berita Sumut

Satu Keluarga Menderita Luka Bakar, Terbaring di Rumah Sakit

Akibat tabung gas 3 Kilogram meledak saat sedang berada di dapur, satu keluarga di Mandailing Natal, menderita luka bakar serius. Kepala keluarga serta tiga anaknya, menjalani perawatan di rumah sakit.

Rabu, 01 Jul 2020 23:00Berita Sumut

Polres Padangsidimpuan Juga Gelar Upacara HUT Bhayangkara Secara Virtual

Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara pada tahun ini diselenggarakan berbeda seiring adanya pandemi Covid-19. Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual pada Rabu (1/7/2020) pukul 08.3

Rabu, 01 Jul 2020 22:45Berita Sumut

Syukuran HUT Bhayangkara di Polres Sergai Digelar Secara Sederhana

Kepolisian Resort (Polres) Serdang Bedagai menggelar syukuran Hari Bhayangakara yang ke-74 secara sederhana di Aula Patriatama Mako Polres Serdang Bedagai, Rabu (1/7/2020).

Rabu, 01 Jul 2020 22:15Berita Sumut

Pemkot PSP Ikuti Rapat Koordinasi Dengan Wagubsu

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengikuti rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, KPK, OJK, Pemda se-Sumatera Utara dan Bank Sumut terkait optimalisasi pendapatan daerah dan pencegahan korupsi dalam sek