• Home
  • Internasional
  • Percakapan Pangeran Bin Salman dan Pejabat AS Bocor, Sebut Khashoggi Islamis Berbahaya

Percakapan Pangeran Bin Salman dan Pejabat AS Bocor, Sebut Khashoggi Islamis Berbahaya

Fidel W Sabtu, 03 November 2018 09:01 WIB
Percakapan Pangeran Bin Salman dan Pejabat AS Bocor, Sebut Khashoggi Islamis Berbahaya / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: PUTRA Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman sempat mengatakan kepada para pejabat AS bahwa wartawan Jamal Khashoggi yang dibunuh itu adalah seorang Islamis yang berbahaya.

Hal itu dilaporkan berbagai media di Amerika Serikat.

Dalam percakapan telepon dengan penasihat dan sekaligus menantu Donald Trump, Jared Kushner, serta penasihat keamanan John Bolton, sang putra mahkota mengatakan bahwa Khashoggi adalah seorang anggota Ihwanul Muslimin, lapor Washington Post.

Ihwanul Muslimin dianggap sebagai organisasi berhaluan garis keras yang terlarang di beberapa negara.

Menurut laporan berbagai media, Pangeran Mohammed menegaskan hal itu berulang-ulang dalam percakapan telepon dengan Gedung Putih sesudah Khashoggi dilaporkan hilang, namun sebelum Saudi Arabia mengakui agen-agen mereka telah membunuhnya.

Percakapan telepon itu dilaporkan berlangsung pada 9 Oktober, sepekan setelah Khashoggi lenyap.

Pangeran Mohammed dilaporkan juga mendesak Gedung Putih untuk menjaga hubungan persekutuan AS-Saudi.

Arab Saudi membantah laporan yang dimuat Washington Post dan New York Times itu.

Jamal Khashoggi, seorang wartawan Saudi yang dikenal kritis terhadap penguasa kerajaan di negerinya, bermukim di Amerika Serikat dan sering menulis untuk Washington Post.

Jasadnya belum ditemukan namun Arab Saudi sendiri sudah mengakui bahwa ia dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober, saat ia datang untuk mengurus surat perceraian dengan isterinya agar bisa menikah lagi dengan tunangannya sekarang seorang perempuan Turki.

Arab Saudi menyangkal adanya keterlibatan anggota keluarga kerajaan.

Pekan lalu, Pangeran Mohammed mengatakan bahwa kematian Khashoggi merupakan 'kejahatan yang menyakiti seluruh warga Saudi'.

Sejak peristiwa hilangnya Khashoggi mengemuka, Kerajaan Arab Saudi merilis komentar yang berubah-ubah.

Pada 3 Oktober, seorang pejabat Saudi berkeras bahwa Khashoggi telah meninggalkan Konsulat tidak lama setelah mendapatkan dokumen.

Adik Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan duta besar Saudi untuk AS, Pangeran Khaled bin Salman, menerbitkan surat terbuka pada 8 Oktober, yang menyebut bahwa laporan tentang kematian Khashoggi adalah 'sepenuhnya palsu dan tidak berdasar".

Pada 20 Oktober, pemerintah Saudi mengeluarkan siaran pers menyusul dilakukannya suatu 'investigasi awal' oleh dinas penuntut umum Saudi.

Dikatakan penyelidikan mereka 'mengungkapkan bahwa terjadi diskusi antara (Khashoggi) dan orang-orang yang bertemu dengannya ... di konsulat Saudi di Istanbul yang berujung pada perkelahian dan adu jotos".

Hal itulah, menurut mereka, yang menyebabkan kematian Khashoggi.

Pada 21 Oktober, dalam wawancara dengan Fox News, Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir untuk pertama kalinya menggunakan istilah 'pembunuhan' dalam menyebut kematian Khashoggi.

"Orang-orang yang melakukan ini, melakukannya di luar lingkup kewenangan mereka," katanya. "Bahkan para pemimpin tinggi dinas intelijen kami tidak menyadari kejadian ini," tambahnya. Ia menyebutnya sebagai 'operasi liar'.
Editor: Fidel W

Sumber: okz

T#g:Jamal KhashoggiPangeran Mohammed bin Salman
Komentar
Rabu, 30 Sep 2020 13:45Berita Sumut

Dua Paslon Pilkada Medan Deklarasi Pilkada Damai

Polrestabes Medan bersama stakeholder terkait menggelar acara deklarasi damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Ball Room Hotel Emerald Garden Jalan Putri Hijau Medan, Rabu (30/9).

Rabu, 30 Sep 2020 13:20Berita Sumut

Polsek Medan Kota Ciduk Tiga Pembobol Ruko di Kompleks Multatuli

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Kota meringkus tiga kawanan maling. Ketiganya diringkus saat berusaha kabur usai beraksi di Kompleks Multatuli Jalan Multatuli Medan Maimun, Selasa (29/9) siang.

Rabu, 30 Sep 2020 13:00Berita Sumut

Dianggap Pro Rakyat, Forum Komunikasi Pendeta Siap Menangkan Akhyar

Sejumlah pendeta yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pendeta Kota Medan kunjungi kediaman pribadi Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution, di Jalan Intertip, Rabu (30/9/2020) pagi.

Rabu, 30 Sep 2020 12:20Berita Sumut

Kabaharkam Polri Tebar 10 Ribu Bibit Ikan di Lokasi Percontohan Ketahanan Pangan Sergai

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto tebar 10 ribu bibit ikan jenis Nila, Patin dan Gurami di lokasi percontohan Ketahanan Pangan, di Kolam Ikan Aing, Desa Bengkel, Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Rabu, 30 Sep 2020 12:00Internasional

Fenomena Debat Presiden AS, Joe Biden Suruh Tutup Mulut Bawel Trump

Soal fenomena hangat pada debat presiden AS 2020 pertama pada hari Selasa (29/9/2020) antara Presiden Republik Donald Trump dan penantang Demokrat Joe Biden menjelang pemilihan 3 November seperti yang dilansir dari Reuters:

Rabu, 30 Sep 2020 11:30Lifestyle

Ayo Tonton ! Film Korea Terbaru Joo Ji Hoon Berjudul Silence

Film Korea terbaru berjudul Silence semakin menambah deretan aktor dan aktris yang memukau. Film ini akan menampilkan akting Joo Ji Hoon hingga Lee Sun Gyun.

Rabu, 30 Sep 2020 11:20Berita Sumut

Kabaharkam Polri : Ciptakan Pilkada Damai Plus Protokol Kesehatan dan Stop Hoax

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto meminta pelaksanaan Pilkada Serentak tetap mengacu pada protokol kesehatan dan sesuai aturan PKPU yang telah ditetapkan, hindari keramaian, stop hoax dan damai.

Rabu, 30 Sep 2020 11:10Berita Sumut

Pasangan AMAN Bersinergi dengan Pemuka Agama Dalam Pembangunan Umat

Calon Wakil Walikota Medan nomor urut 1, Salman Alfarisi berkesempatan menjadi imam shalat isya berjamaah dan mengisi ceramaah di Masjid Raudhatul Islam di Jalan Sekata Lingkungan 16, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Selasa (29/9/2020) malam.

Rabu, 30 Sep 2020 11:00

Debat Pertama Biden dan Trump Amburadul dan Sengit

Calon Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump dan pesaingnya dari Partai Demokrat Joe Biden bertarung sengit atas kepemimpinan Trump dalam

Rabu, 30 Sep 2020 10:55Berita Sumut

Polrestabes Medan Dikabarkan Ringkus 3 Warga Tanjungbalai Bawa 9 Bungkus Sabu

Tim Sat Res Narkoba Polrestabes Medan dikabarkan berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu yang dibawa dari Kota Tanjungbalai ke Kota Medan. Informasi menyebutkan, dari pengungkapan itu, polisi berhasil meringkus 3 pelaku dan menyita 9 kg sabu.

Rabu, 30 Sep 2020 10:15Ekonomi

Harga Emas Spot Turun Bertengger di Level US$1.893,63 Per Ons Troi

Hari ini, harga emas spot turun pada Rabu (30/9) pagi. Mengutip Bloomberg pada pukul 09.00 WIB, harga emas spot bertengger di level US$ 1.893,63 per ons troi alias melemah 0,23%.

Rabu, 30 Sep 2020 10:00Ekonomi

Kurs Rupiah Dibuka Naik di level Rp14.858 Per Dolar

Hari ini, nilai tukar rupiah di pasar spot langsung melejit di awal perdagangan hari ini. Rabu (30/9), rupiah spot dibuka di level Rp 14.858 per dolar Amerika Serikat (AS).

Rabu, 30 Sep 2020 09:45Ekonomi

Harga Minyak Mentah Kembali Melemah

Awal perdagangan harga minyak mentah kembali melemah untuk hari kedua dan memperpanjang penurunan dari sesi sebelumnya di tengah

Rabu, 30 Sep 2020 09:45Berita Sumut

Hari Kedua Supervisi Ops Aman Nusa II, Kabaharkam Polri Kunjungi Polres Sergai

Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto melakukan kunjungan ke Polres Serdang Bedagai, Sumatera Utara, didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin.

Rabu, 30 Sep 2020 09:30Ekonomi

Pagi Ini, IHSG Turun 0,25% ke Level 4.866,89.

Pada perdagangan Rabu (30/9/2020) pukul 9.07 WIB Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) malah berbalik arah melemah 12,21 poin atau 0,25% ke 4.866,89.

Rabu, 30 Sep 2020 09:15Berita Sumut

Pjs. Bupati Sergai Terbitkan Perbup Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan

Pasca dilantik sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir. H. Irman, M.Si, langsung melaksanakan tugasnya sebagai kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan. Usai memimpin rapat koordinasi pemerintahan dan pembangunan, Sen