• Home
  • Lifestyle
  • Kenapa Plat Nomor di Indonesia Tidak Ada Huruf C ?

Kenapa Plat Nomor di Indonesia Tidak Ada Huruf C ?

Mtc Senin, 12 Agustus 2019 22:45 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Selama ini Anda mungkin penasaran dari manakah istilah Celebes, Borneo, dan ejaan 'oe' seperti 'Bandoeng' berasal? Bila dilihat dari penggunaan abjad dan bahasanya, kata-kata tersebut diadaptasi dari bahasa Belanda.




[adx]


Sebagai negara bekas jajahan Belanda, Indonesia memang diwariskan beberapa peninggalan bersejarah yang masih digunakan hingga saat ini. Termauk nama-nama kota dan plat nomor kendaraan di daerah tersebut.

Salah satu buktinya bisa ditilik dari unggahan foto milik akun Twitter @almascatie. Dalam foto tersebut, terlihat secarik kertas kuno yang berisikan nama-nama kota lengkap dengan plat kendaraan.

Pada bagian atasnya tertulis kalimat, "Letter Auto Dari Nederlandsch Oosch-Indie". Sementara di bagian bawahnya, terdapat 39 nama kota dan kabupaten yang masih menggunakan ejaan kuno Belanda.

Lihat gambar di Twitter

Mulai dari Bantam (Batam), Batavia (Jakarta), Bandoeng (Bandung), Buitenzorg (Bogor), Cheribon (Cirebon), Jocjakarta (Yogyakarta), Soerakarta (Solo), Borneo (Kalimantan), Celebes (Sulawesi), hingga Amboina (Ambon).

Di sisi kanan nama kota tersebut juga dilmpirkan kode plat mobil untuk masing-masing daerah. Hampir semuanya masih digunakan oleh pemerintah hingga saat ini, misalnya Jakarta dengan kode plat B, Bandung plat D, Yogyakarta plat AB, hingga Sulawesi Selatan yang berplat DD.

Semuanya tertulis dengan ejaan lama yang sukses menarik perhatian netizen. Bahkan, beberapa nama kota sempat menjadi bahan diskusi sejumlah netizen yang mengaku penasaran dengan arti dan alasan di balik pemilihan nama kota tersebut.

Seperti pertanyaan yang dilontarkan oleh akun @1stfeanco, "Cheribon kok berasa lebih "fun" ya?" tulisnya.



[adx]


Ada juga netizen yang mencoba menjelaskan asal usul kata Buitenzorg yang kini dikenal dengan Kota Bogor. Hal ini ternyata tidak terlepas dari kebiasaan orang Belanda yang kerap berlibur di daerah tersebut.

"btw, arti kata Buitenzorg "bebas stress" dimaksudkan sbg t4 istirahat/senang2/liburan para Meneer & Ny. Belanda pada masa itu. CMIIW," tulis akun @INceRoechyat.

Penjelasan itu dibenarkan oleh akun @yoyen yang kebetulan fasih berbahasa Belanda. Menurutnya Bultenzorg terbagi menjadi dua kata yang digabungkan.

"Buitenzorg = buiten (beyond) + zorg (worry). Buitenzorg arti harafiahnya = di luar kekhawatiran, sekarang istilahnya bebas stress," tuturnya.

Sang pengunggah foto pun tak mau kalah. Ia membuka forum diskusi terkait absennya huruf C pada daftar plat mobil di kota-kota besar Indonesia.

"Kenapa ndak ada plat nomor C? Ejaan lama C itu TJ. Jd ga masuk sih. G ada abjadnya," tanya @almascatie.

Namun menurut penjelasan akun @saelowed, ternyata tidak hanya huruf C yang tidak digunakan pada pembagian daerah atau blok di era kolonial Belanda.

"Bukan cuma itu. Emang huruf huruf di bawah ini bukan blok residen jawa di bawah kekuasaan Thomas Raffles.

C I J O Q U V W X Y Z



[adx]

Blok itu ADA tapi sbg reserve.

Later yes, it is unused because of diplomatic plates and 'tj'," terang @saelowed.

Ia menambahkan, saat ini huruf C tidak digunakan karena dikhawatirkan tertukar dengan plat mobil konsulat jenderal (CC).

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:blibliMatatelingaPlat NomorTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Sabtu, 04 Jul 2020 23:15Berita Sumut

Penjaga Malam Memiliki Narkoba, Berurusan di Polres Simalungun

Seorang penjaga malam,berinisial Su ,33, warga Desa Kampung Pompa, Simalungun ditangkap tim Opsnal Satnarkoba Polres Simalungun

Sabtu, 04 Jul 2020 23:00Berita Sumut

Gowes Danlantamal I Belawan dari Medan ke Yonif 8 Marinir Langkat

Gowes yang dilakukan Danlantamal I Belawan Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dari Kota Medan ke Batalyon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan, Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat

Sabtu, 04 Jul 2020 22:45Aceh

Korban Angin Puting Beliung, Anggota DPR RI Meringkan Langkah ke Lapangan

Rumah - rumah warga yang diterjang puting beliung di Gampong Alue Kumba, Kec. Rantau Seulamat, Kab. Aceh Timur, peduli Anggota DPR RI dan turun kelapangan.

Sabtu, 04 Jul 2020 22:30Ekonomi

Harga Emas Antam Naik Lagi

Harga pecahan satu gram emas Antam berada di Rp 930.000. Harga emas Antam ini naik Rp 2.000 dari harga Rp 928.000

Sabtu, 04 Jul 2020 22:15Aceh

Mempererat Sinergisitas Pertamina dan Polres Aceh Tamiang

Pertamina Rantau dan Polres Aceh Tamiang pererat sinergisitas mendukung kelancaran operasional.

Sabtu, 04 Jul 2020 22:00Internasional

PIdato Trum HUT Kemerdekaan AS, Kecam Aksi Perobohan Monumen

Para pengunjuk rasa yang merobohkan monumen dalam aksi protes menentang rasisme baru-baru ini, dikecam Presiden Donald Trump. Hal itu dia sampaikan dalam pidato memperingati Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Sabtu, 04 Jul 2020 21:45Berita Sumut

Sampaikan Rasa Duka, Akhyar Melayat Ibu dari Sekda Kota Medan

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan takziah sekaligus melepas jenazah Almarhumah Hj. Rismala Sari Pohan. Almarhumah Hj. Rismala Sari Pohan merupakan ibunda dari Sekretaris Daerah Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM.

Sabtu, 04 Jul 2020 21:30Berita Sumut

Wabup Sergai Hadiri Pasae Ulaon

Acara pasae ulaon (syukuran telah selesai masa menanam padi dengan baik) di Desa Hutanauli Kecamatan Dolok Masihul,Sergai, dihadiri Wakil Bupati Serdang Bedagai H.Darma Wijaya, Sabtu (4/7/2020)

Sabtu, 04 Jul 2020 21:15Berita Sumut

Akhyar Dipercaya Pimpin IKANAS Dohot Anak Boruna Sumut

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mendapat kepercayaan memimpin Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) Sumut. Akhyar yang dipercaya sebagai Plt Ketua IKANAS Sumut

Sabtu, 04 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Tak Takut Terpapar Corona, Abaikan Protokoler Kesehatan Ditengah Pandemi

Pemerintah pusat sudah menginagtkan berolahraga ditengah pandemi covid 19, dimana tingkat risiko penularan virus corona dari olahraga yang dilakukan ada dua risiko, yakni rendah dan tinggi.

Sabtu, 04 Jul 2020 20:45Berita Sumut

Bantu New Normal, PUK FSPTSI Bersihkan Lingkungan di Kampung Lalang

Dalam upaya membantu menciptakan new normal pandemik Covid 19, Puluhan anggota Pengurus Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Transportasi Seluruh Indonesia

Sabtu, 04 Jul 2020 20:30Nasional

Pangdam I/BB Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc., Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, yang di gelar di halaman Kantor Gubernur Provinsi Riau

Sabtu, 04 Jul 2020 20:15Nasional

Kasad Dampingi Menhan RI Kunjungan Kerja ke Akademi Militer

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa melaksanakan kunjungan kerja di Akademi Militer (Akmil) Magelang dalam rangka memberikan pengarahan kepada Taruna dan Taruni Akademi

Sabtu, 04 Jul 2020 20:00Nasional

Pangdam I/BB Beri Pengarahan Kepada Personel Batalyon Arhanud 13/PBY Dan Kompi Kavaleri 6/RBT

Masih dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) ke wilayah Korem 031/WB Pekanbaru Prov. Riau, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah

Sabtu, 04 Jul 2020 19:30Berita Sumut

Warga Tanjung Morawa Pontang Panting Dikejar Polisi

Seorang pria berinisial RS alias B (41) warga Desa Bangun Sari Baru, Dusun IV, Kec Tanjung Morawa, Kab Deli Serdang, Sumatera Utara terbirit - birit dikejar Unit Reskrim Polsek Pancurbatu

Sabtu, 04 Jul 2020 19:15Berita Sumut

New Normal, AHKI Susun Protokol Kesehatan untuk Layanan Hipnoterapi

ASOSIASI Hipnoterapi Klinis Indonesia (AHKI) menyusun protokol khusus menghadapi new normal. Ini mengakomodasi keinginan masyarakat yang sejak sebelum pandemi banyak yang membutuhkan layanan hipnoterapi klinis.