Penyebab Laptop Lemot Anda

Rabu, 16 September 2020 10:52 WIB

MATATELINGA, Jakarta: Saat pandemi seperti ini, penggunaan laptop terasa menjadi semakin intens. Sayangnya, sejumlah gangguan seperti laptop yang lemot kerap kali kita alami.

Saat laptop menjadi lemot, pastinya semua aktivitas menjadi terganggu. Tugas dari sekolah atau pun kantor jadi terbengkalai.

Untuk bisa mengatasi laptop lemot, Anda perlu mengetahui sejumlah penyebabnya yang ternyata cukup sepele. Berikut ini beberapa penyebab laptop jadi lemot.

Penyebab laptop lemot

1. Terlalu banyak program yang berjalan
Salah satu indikasi yang paling mudah dilihat adalah Anda telalu banyak membuka program dalam waktu yang bersamaan.

Banyaknya program yang bekerja di waktu bersamaan ini dapat mengonsmsi tenaga prosesor dengan cepat sehingga kinerjanya melemah.

Jika ada program yang tidak benar-benar diperlukan, sebaiknya segara tutup melalui Task Manager.

2. Terlalu banyak Startup Programs
Startup Programs adalah program yang otomatis terbuka saat Anda menyalakan laptop.

Sebenarnya ada beberapa program yang meminta izin terlebih dahulu untuk bekerja, tapi sebagian besar akan langsung bekerja secara otomatis tanpa diminta.

Beberapa aplikasi hiburan seperti Spotify atau Steam dan Discord biasanya akan aktif secara otomatis.

3. Sistem operasi belum diperbarui
Memperbarui sistem operasi secara berkala juga penting untuk mencegah laptop menjadi lemot. Sistem operasi memegang peran penting dalam menjalankan berbagai program.

Bagi Anda pengguna Windows, biasanya Windows akan memberikan update besar sebanyak dua kali dalam setahun. Pastikan untuk langsung melakukan update begitu tersedia.

4. Laptop terinfeksi malware
Malware atau akrab disebut dengan virus juga bisa sangat mengganggu kinerja komputer. Dampaknya bisa beragam, salah satunya membuat laptop menjadi lemot.

Beberapa jenis malware ini bisa menyerang memori yang ada di laptop dan menyebar lewat semua program dan file yang ada di dalamnya.

Hati-hati saat mengunduh file atau situs mencurigakan di internet karena bisa menjadi pintu masuk bagi malware.

5. Telalu banyak Temporary Files
Temporary Files atau file sementara akan muncul di laptop Anda setiap kali membuat atau memodifikasi file. Biasanya file ini memiliki nama dengan akhiran ".tmp" atau diawali dengan simbol "$".

Bisanya file ini akan terhapus ketika kita menutup program tersebut. Tapi ada kalanya file ini akan tersimpan di laptop jika tidak dihapus secara manual.

6. Dampak dari Fragmented Files
Setiap kali Anda membuat, menghapus, atau mengedit file di komputer Anda, beberapa dari data itu menjadi terfragmentasi.

Artinya, sebuah file akan terpecah ke banyak bagian sehingga memenuhi ruang penyimpanan. Ini bisa menyebabkan laptop menjadi lemot karena bekerja ekstra untuk menyatukan semua bagian file.

7. Hard Drive perlu diperbarui
Hard Drive atau hard disk (HDD) juga memainkan peran penting dalam kasus laptop menjadi lemot. Jika media penyimpanan data ini sudah penuh, kinerja laptop akan terganggu.

Saat ini HDD sudah dianggap kurang mampu mengatasi masalah kinerja laptop. Ada baiknya Anda mengganti jenis penyimpanan ke solid-state drive atau SSD.

8. Kapasitas RAM tidak mencukupi
Penyebab terakhir adalah kemampuan RAM yang tidak mumpuni. Laptop dengan RAM hanya 2-4 GB mungkin akan cukup untuk mendukung fungsi office sederhana.

Tapi bagi Anda yang butuh fungsi grafis yang lebih, kapasitas RAM di level itu jelas akan membuat laptop menjadi lemot.

Penambahan kapasitas hingga 8-16 GB sangat diperlukan untuk meningkatkan performa laptop.

Editor: Amrizal

T#g:berita terkinilaptopLaptop LemotPenyebab Laptop LemotTerkiniblibli
Komentar
Selasa, 29 Sep 2020 14:35Berita Sumut

Kapendam I/BB Apresiasi Warga Ikut Berjibaku di TMMD Ke-109

Kecintaan rakyat kepada TNI semakin terlihat nyata pada pelaksanaan program reguler Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA 2020 di enam Kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

Selasa, 29 Sep 2020 14:12Lifestyle

Nikita Mirzani Diranjang Katanya Bisa Orgasme Sebanyak 11 Kali

Memang nggak habis-habis buka suara soal urusan ranjang si Nikita Mirzani ini. Selain bisa bercinta dengan dua pria dalam sehari, dia bisa orgasme sebanyak 11 kali.

Selasa, 29 Sep 2020 13:30Nasional

Panglima TNI Buka Lomba Bersepeda TNI-Pacific Virtual Fun Bike Tahun 2020

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., secara resmi membuka Lomba TNI-Pacific Virtual Fun Bike sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), bertempat di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sela

Selasa, 29 Sep 2020 13:03Berita Sumut

Pjs. Bupati Sergai Awali Tugas Pimpin Rakor Pemerintahan dan Pembangunan

Hari pertama dalam menjalankan tugasnya sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si langsung memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan dan Pembangunan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,

Selasa, 29 Sep 2020 12:45Berita Sumut

Kabaharkam Perkenalkan Helm Smart KC Wearble

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memperkenalkan helm smart kc weareble. Perkenalan helm smart ini dilakukan saat Kabaharkam datang ke Mapolda Sumut dalam agenda kunjungan kerja, Selasa (29/9).

Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

4 Kawanan "Becak Hantu" Diringkus, 1 Bandit Terpaksa di Dor Kakinya

Kawanan maling "Becak Hantu" digulung Personel Subnit Jatanras Unit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan di mana dalam suatu penyergapan dari 2 lokasi berbeda.

Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

Akhyar Sampaikan Duka Mendalam atas Kepergian Sahabatnya Parulian Tampulobon

Akhyar Nasution mengaku sangat sedih mendengar wafatnya Parulian Tampubolon, Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Kota Medan akibat infeksi virus Covid-19 pada Senin (28/9/2020). Akhyar mengaku sangat dekat dengan almarhum karena sama-sama akti

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Dua Pelaku Curat Modus 'Becak Hantu' Diciduk Polisi

Petugas Subnit Jatanras Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan ciduk dua pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) ketika beraksi di Kampus AMIK MPP Jalan Jamin Ginting kawasan Padang Bulan, Medan.

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Kapolda Sumut Sambut Kedatangan Kabaharkam Polri di Bandara Kualanamu

Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH tiba di Bandara Kualanamu International Airport, Selasa (29/09) sekira pukul 09.45 Wib. Kedatangan Kabaharkam Polri disambut Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si dan Pejabat Utama Pol

Selasa, 29 Sep 2020 12:00Berita Sumut

Usai Cabuli Anak Tirinya Berkali-kali, Pria Ini Kabur Dari Rumah

Seorang remaja wanita sebut saja Mawar (16) warga Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, harus melaporkan ayah tirinya L (28) ke Mapolsek Medan Labuhan pada Senin (28/09/2020) siang. Korban melaporkan perbuatan sang ayah tiri tega mencabuli

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Lifestyle

Harga HP Realme Terbaru Cuma Rp1 Jutaan Aja Loh !

Saat ini HP Realme masih menjadi alternatif pilihan HP murah. Daftar lengkap harga HP Realme terbaru berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih HP baru.

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Berita Sumut

Kantor DPD Demokrat Sumut Didemo, Massa Tuntut AHY Selamatkan Partai

Belasan massa dari Aliansi Rakyat Indonesia Pendukung Partai Demokrat (ARIP Demokrat) berunjuk rasa di depan Kantor DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, Jalan Gatot Subroto, Medan, Senin 28 September 2020.

Selasa, 29 Sep 2020 11:15Berita Sumut

Dandim 0208/Asahan : Terima Kasih Kepada Tokoh Masyarakat dan Warga Sekitar di TMMD 109

Komandan Kodim 0208/Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh sekaligus Dansatgas TMMD 109 dalam hal ini mengungkapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat dan antusiasnya warga dalam TMMD 109, wujud nyata kemanunggalan

Selasa, 29 Sep 2020 11:00Lifestyle

Catat ! 7 Drama Korea Terbaru 2020 yang Tayang Oktober

Ada beberapa drama Korea terbaru 2020 yang tayang Oktober sudah gencar promosi. Salah satunya adalah drama Korea terbaru Start-Up.

Selasa, 29 Sep 2020 10:45Berita Sumut

Sudah Nyaman dan Aman, Ikatan Alumni FE UMSU Ikhlas Dukung Akhyar

Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mendatangi kediaman Calon Walikota Medan, Akhyar Nasution di Jalan Intertip, Komplek Wartawan, Selasa (29/9/2020) pagi.

Selasa, 29 Sep 2020 10:30Ekonomi

Kurs Rupiah Naik di Level Rp14.920 Per Dolar di Awal Perdagangan

Awal perdagangan Selasa (29/9). Pukul 10.08 WIB Rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) menguat di pasar spot.