• Home
  • Nasional
  • Mereka Rela Tinggalkan Keluarga Demi Tugas di Rumah Sakit

Mereka Rela Tinggalkan Keluarga Demi Tugas di Rumah Sakit

Mtc/Jam Senin, 25 Mei 2020 12:15 WIB
Hand Over
Dokter
MATATELINGA, Jakarta : Sabrina Septiani, selalu ikhlas ketika menatap kalender saat bulan Ramadhan dan menunjukkan waktu lebaran tinggal menghitung hari. Dirinya menyadari keputusannya menjadi dokter di salah satu rumah sakit yang berlokasi di bilangan Jakarta sejak 5 tahun lalu itu harus rela tak merayakan momentum Hari Raya Idul Fitri bersama keluarganya.

Terlebih, yang paling menyesakkan bagi wanita berumur 32 tahun itu adalah meninggalkan sang buah hati yang baru berusia balita di rumah hanya bersama suaminya. Melakoni profesi sebagai tenaga medis memang harus menyampingkan kepentingan kepentingan pribadi, demi tetap bertugas dan melayani masyarakat di rumah sakit.





Namun, yang kembali menguatkan dirinya dan menyadari bahwa pekerjaannya adalah sebuah pengabdian, kala mengingat ia pernah melewati fase itu ketika duduk di bangku kuliah.

Saat itu, selama dua tahun dan berstatus calon dokter atau koas, dia harus melewati lebaran tanpa keluarga besarnya.

“Sebenarnya dari zaman kuliah juga sudah ngerasain. (Tapi) Anak saya cowo masih 4 tahun biasanya suka mengeluhkan. Jadi berharap ada yang menggantikan (untuk bertugas di rumah sakit). Tapi dikasih pengertian, akhirnya dia mengizinkan ibunya untuk tetap bekerja,” kata Sabrina, seperti dilansir dari Okezone beberapa waktu lalu.





Selain dirinya, sang suami pun turut memberikan penjelasan kepada sang buah hati agar dia tetap mengikhlaskan ibunya menjalani tugasnya melayani masyarakat di rumah sakit. Dirinya pun mengaku berterimakasih kepada Allah telah diberikan seorang anak dan suami yang mengerti akan tugasnya sebagai tenaga kesehatan.

“Sejauh ini (suami) memahami (meski bukan dokter juga). Pengertian dia, tidak ada protes. Ya rezekinya lah (diberi jodoh seperti dia),” katanya.

Ia mengaku memiliki siasat agar anak semata wayangnya itu tetap gembira, meski harus menjalani sholat Idul Fitri tanpa kehadiran seorang ibunya. Salah satu caranya, membelikan anaknya itu sebuah mainan atau makanan kesukaannya usai selesai bertugas.

“Kasih hadiah (ke anak). Pulang-pulang bawa hadiah. Jadi (anaknya pun) senang pas pulang,” ujarnya.





Ia menjelaskan, pihak rumah sakit pun memiliki sebuah kebijakan, yang tak mengharuskan untuk setiap tahun bekerja saat momentum hari raya Idul Fitri. Sehingga, ketika tahun lalu, sudah diberikan waktu libur, maka mereka harus bersiap untuk piket di tahun depannya.

Saat dirinya mendapat jatah libur lebaran, ia memanfaatkan waktu itu untuk berkumpul bersama anak dan suaminya dengan keluarga besarnya di kawasan Ibu Kota. Namun, karena diberi dispensasi tak praktek ketika lebaran, dirinya diwajibkan untuk tetap di rumah sakit kala malam takbiran.

“Ya, biasanya keluarga (suami dan anaknya) udah pergi dulu ke mana, nanti saya nyusul,” ujarnya.
Editor: James P Pardede

Sumber: Mtc/Okz

T#g:bekerjaDokteridul fitriJagalebaranrumah sakittenaga kesehatan
Komentar
Sabtu, 11 Jul 2020 22:01Nasional

KSAD Semangati Siswa Secapa AD Untuk Sembuh dari Covid-19

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyambangi Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Kota Bandung, yang menjadi klaster baru kasus positif corona atau Covid-19 di Jawa Barat.

Sabtu, 11 Jul 2020 21:45Lifestyle

Mantan Pegulat WWE Ini Bisa Dijadikan Panutan Membentuk Tubuh

Olahraga adalah salah satu cara agar dapat membuat tubuh menjadi sehat. Selain sehat, olahraga juga membentuk badan menjadi sangat indah untuk dipandang. Jadi, tak heran jika banyak sekali atlet-atlet olahraga yang memiliki tubuh yang menjadi idaman banya

Sabtu, 11 Jul 2020 21:30Nasional

Kepala Daerah Jangan Membonceng Penanganan Covid-19 Untuk Kampanye

Dalam waktu dekat kita akan menggelar acara pemilihan kepala daerah (Pilkada), menurut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri banyak kepala daerah memanfaatkan dana penanganan wabah virus korona (covid-19) untuk berkampanye terkait Pemiliha

Sabtu, 11 Jul 2020 21:21Berita Sumut

Akhyar : Terima Kasih Atas Kerja Sama Yang Telah Terjalin Selama ini

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengucapkan terima kasih kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) atas hubungan kerja sama antara Pemko Medan dengan BPN khususnya BPN Kota Medan yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Hal

Sabtu, 11 Jul 2020 21:06Nasional

Setelah Maria Pauline Lumowa, Masih Banyak Pekerjaan Rumah Yang Harus Diselesaikan

Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Kementerian Hukum dan HAM tak larut dalam glorifikasi keberhasilan ekstradisi tersangka kasus korupsi Maria Pauline Lumowa dari Serbia. Mereka menilai masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Kemen

Sabtu, 11 Jul 2020 20:00Berita Sumut

Bertambah Dua Orang Warga Asahan Terinfeksi Virus Corona .

Bertambah dua orang warga Asahan yang positif terinfeksi virus Corona, hal tersebut dapat diketahui setelah warga Asahan dimaksud melakukan test laboratorium kesehatan Swab, dengan bertambahnya warga Asahan yang terinfeksi virus Corona tersebut semakin ke

Sabtu, 11 Jul 2020 19:30Berita Sumut

Rampas HP Pedagang, Warga Asahan Dibui di Medan

Seorang pria berinisial PS alias Prima (39) warga Simpang Tanah Gambus, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Asahan harus mendekam dalam bui tahanan Polsek Medan Kota. Sebabnya, dia telah tertangkap tak lama setelah merampas handphone milik korban bernama Salam

Sabtu, 11 Jul 2020 19:00Berita Sumut

Warga Dolok Masihul, Terpaksa Nginap Di Sel

Pria berinisial R alias Mat (34), warga Dusun VI Huta Melayu Desa Partambatan Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai (sergai) terpaksa harus menginap di sel tahanan Mapolsek Sipispis.

Sabtu, 11 Jul 2020 19:00Berita Sumut

Dipukul Karena Telat Pulang, Wanita Hamil Tua Ini Laporkan Suami ke Polisi

Kelakuan PP alias Pirson (28) yang berstatus buruh harian lepas (BHL-red) di pabrik rokok PT STTC ini, tidak pantas untuk ditiru. Pria itu tega menganiaya istrinya V boru S (25) yang tengah lagi hamil tua,hanya persoalan gegara telat pulang kerumah.

Sabtu, 11 Jul 2020 18:15Berita Sumut

Parbetor Diminta Jadi Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Puluhan pengendara becak motor (parbetor) di Kota Tebing Tinggi mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan Satlantas Polres Tebing Tinggi dalam rangka Program Keselamatan 2020 Etika Berlalulintas, Sabtu (11/07), di gedung Satlantas Pol

Sabtu, 11 Jul 2020 17:34Berita Sumut

Setahun Lebih Pakum Erwan Terpilih Sebagai Koordinator Wartawan Unit Polres Tebing Tinggi

Setahun Lebih Pakum Erwan Terpilih Sebagai Koordinator Wartawan Unit Polres Tebing Tinggi

Sabtu, 11 Jul 2020 16:00Nasional

12 Saksi Diperikas Polisi Untuk Ungkap Pembunuhan Editor Metro TV

Pihak Kepolisian telah menerima hasil autopsi dari jenazah jurnalis Metro TV, Yodi Prabowo (26) deri Rs Polri Kramat Jati. Hasilnya ditemukan luka benda tajam di bagian leher dan dada korban.

Sabtu, 11 Jul 2020 14:30Ekonomi

Kenapa APBN Selalu Defisit dan Ditambal dengan Utang?

APBN setiap tahunnya bisa dikatakan selalu defisit anggaran, artinya pengeluaran selalu lebih besar daripada penerimaan negara. Kekurangan anggaran negara ini selalu ditutup dengan utang.

Sabtu, 11 Jul 2020 14:00Internasional

Rencananya, Facebook Ingin Blokir Kampanye Politik Saat Pilpres Amerika

Perusahaan teknologi, Facebook, berencana memblokir segala macam kampanye politik pada masa Pilpres Amerika nanti. Salah satu pemicunya adalah berbagai kritik yang dilayangkan ke Facebook karena mengecualikan iklan dan kampanye politik dari mekanisme cek

Sabtu, 11 Jul 2020 13:30Berita Sumut

Pak Kapolda, Tolonglah...Kasusku Sudah Bertahun Tak Juga Ada Solusinya...

Salah seorang warga masyarakat yang merasa diperlakukan tidak adil oleh aparat penegak hukum menyampaikan keluh kesahnya kepada sejumlah wartawan di Medan, Sabtu (11/7/2020). Ia merasa tidak puas dengan jawaban dari oknum petugas di Polsek Delitua yang se

Sabtu, 11 Jul 2020 13:00Berita Sumut

Tiga Unit Rumah Permanen Di Siantar Ludes Dilahap Si Jago Merah

Tiga unit rumah permanen hangus terbakar di Jalan RPKAD Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematang Siantar, Jumat (11/07/2020) sekira pukul 19.30 Wib.