• Home
  • Opini
  • Alhamdulillah... Tatan, Anak Medan Labuhan Naik Pangkat Jadi Kombes

Alhamdulillah... Tatan, Anak Medan Labuhan Naik Pangkat Jadi Kombes

Irwansyah Nasution Selasa, 03 Juli 2018 13:12 WIB
mtc/ist
Pria bernama lengkap Tatan Dirsan Atmaja, SIK merupakan lululusan Akademi Kepolisian Tahun 1996 yang kini resmi naik pangkat menjadi Kombes dari sebelumnya AKBP. Tatan, putra asli Medan yang lahir di Medan Labuhan kini menjabat sebagai Kabid Humas Polda S
Oleh : 
(Irwansyah Putra Nasution, SH / Ibey Nasution).



MATATELINGA : Pria bernama lengkap Tatan Dirsan Atmaja, SIK merupakan lululusan Akademi Kepolisian Tahun 1996 yang kini resmi naik pangkat menjadi Kombes dari sebelumnya AKBP. Tatan, putra asli Medan yang lahir di Medan Labuhan kini menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sumatera Utara.

Tatan pada masa kecil yang biasa disapa Atan, merupakan pribadi yang tegas, disiplin, ramah dan suka bercanda, sehingga membuat banyak dikenal banyak kalangan masyarakat, polisi, TNI maupun jurnalis.

Hari ini, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw menggelar upacara Korps Rapot Kenaikan Pangkat di halaman Mapolda Sumut, yang berarti Tatan Dirsan Atmaja resmi berpangkat Kombes atau melati tiga.

Selain sebagai polisi, Tatan juga aktif dikegiatan olah raga, sosial dan keagamaan seperti olah raga futsal menggelar perlombaan azan, Tahfiz Quran dan juga da'i cilik yang dilaksanakan di Masjid Raya Almashun Medan, dimana pesertanya mencapai seribu orang lebih pada saat menjabat Waka Polrestabes Medan dan membuat posko anti narkoba di kampung kubur, kota kisaran, Kabupaten asahan saat menjabat Kapolres Asahan. 

Sehingga sosok Tatan tak lagi asing dikalangan cendekiawan dan diangkat penjadi salah satu pembina di Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) Wilayah Sumatera  Utara.

"Ya, Tatan itu sosok orangtua, abang dan juga pengayom. Saya mengenalnya sudah hampir 5 tahun, jadi selamat buat bang Tatan atas kenaikan pangkatnya," 
Kata Irwansyah Putra Nasution, SH, Ketua Prima DMI Sumut.

Sebelum berdinas di Sumatera Utara, Tatan menjabat sebagai Kapolsek Gambir dan juga Kasatreskrim Jakarta Pusat. Perjalanan karir yang panjang dan berliku sehingga saat ini ditempatkan di Polda Sumut dan hingga akhirnya naik pangkat.

Dalam menjalankan tugas, Tatan sosok yang loyal, royal dan bertanggung jawab terhadap pimpinan dan juga institusi tempat dia bekerja. Meski terkadang, disituasi yang sulit yaitu menjaga keseimbangan antara institusi dan kebutuhan publik yaitu konfirmasi rekan-rekan media. "Dia (tatan) selalu berupaya memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas, meskipun pilihan itu sulit, tapi tetap dilaksanakannya dan menjaga kesimbangan kebutuhan publik," ucap Irwansyah yang biasa disapa Ibey yang juga Video Jurnalis NETTV wilayah Sumut.

Menjadi polisi, adalah cita cita Tatan. Namun tak mudah untuk mewujudkannya. Atan kecil harus tiga kali mencoba baru bisa bergabung dengan institusi Polri setelah sebelumnya menjalani pendidikan sebagai taruna. 

Selama proses mencoba untuk masuk ke akademi polisi, Atan kecil yang dari keluarga biasa dan (maaf, kurang mampu) harus menempah fisik dan mental dengan berlari setiap hari sejauh 30 kilometer. Prinsip yang ada dalam dirinya dahulu bagaimana merubah hidup menjadi lebih baik dan membuat keluarga tersenyum dan akhirnya alhamdulillah berkat kerja keras dan tangan tangan tuhan, Atan diterima dan kini menjadi Tatan sebagai kebanggaan keluarga dan masyarakat Sumatera Utara.


Dalam perjalanan tugasnya, Anak kampung Medan Labuhan ini selalu menyempatkan diri untuk membantu antara sesama (sedekah), tak pernah mengenal lelah dan putus asa dalam berkarya dan dalam menjalankan tugas. Tak hanya almarhum kedua orangtua, keluarga yang bangga samamu Bang Tatan Kami, kami juga teman mu senang atas kenaikan pangkat mu menjadi Kombes Tatan Dirsan Atmaja yang juga pembina di Sahabat Polisi Medan, semoga selalu memberikan yang terbaik dan rendah hati. (mtc)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Rabu, 30 Sep 2020 11:30Lifestyle

Ayo Tonton ! Film Korea Terbaru Joo Ji Hoon Berjudul Silence

Film Korea terbaru berjudul Silence semakin menambah deretan aktor dan aktris yang memukau. Film ini akan menampilkan akting Joo Ji Hoon hingga Lee Sun Gyun.

Rabu, 30 Sep 2020 11:20Berita Sumut

Kabaharkam Polri : Ciptakan Pilkada Damai Plus Protokol Kesehatan dan Stop Hoax

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto meminta pelaksanaan Pilkada Serentak tetap mengacu pada protokol kesehatan dan sesuai aturan PKPU yang telah ditetapkan, hindari keramaian, stop hoax dan damai.

Rabu, 30 Sep 2020 11:10Berita Sumut

Pasangan AMAN Bersinergi dengan Pemuka Agama Dalam Pembangunan Umat

Calon Wakil Walikota Medan nomor urut 1, Salman Alfarisi berkesempatan menjadi imam shalat isya berjamaah dan mengisi ceramaah di Masjid Raudhatul Islam di Jalan Sekata Lingkungan 16, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Selasa (29/9/2020) malam.

Rabu, 30 Sep 2020 11:00

Debat Pertama Biden dan Trump Amburadul dan Sengit

Calon Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump dan pesaingnya dari Partai Demokrat Joe Biden bertarung sengit atas kepemimpinan Trump dalam

Rabu, 30 Sep 2020 10:55Berita Sumut

Polrestabes Medan Dikabarkan Ringkus 3 Warga Tanjungbalai Bawa 9 Bungkus Sabu

Tim Sat Res Narkoba Polrestabes Medan dikabarkan berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu yang dibawa dari Kota Tanjungbalai ke Kota Medan. Informasi menyebutkan, dari pengungkapan itu, polisi berhasil meringkus 3 pelaku dan menyita 9 kg sabu.

Rabu, 30 Sep 2020 10:15Ekonomi

Harga Emas Spot Turun Bertengger di Level US$1.893,63 Per Ons Troi

Hari ini, harga emas spot turun pada Rabu (30/9) pagi. Mengutip Bloomberg pada pukul 09.00 WIB, harga emas spot bertengger di level US$ 1.893,63 per ons troi alias melemah 0,23%.

Rabu, 30 Sep 2020 10:00Ekonomi

Kurs Rupiah Dibuka Naik di level Rp14.858 Per Dolar

Hari ini, nilai tukar rupiah di pasar spot langsung melejit di awal perdagangan hari ini. Rabu (30/9), rupiah spot dibuka di level Rp 14.858 per dolar Amerika Serikat (AS).

Rabu, 30 Sep 2020 09:45Ekonomi

Harga Minyak Mentah Kembali Melemah

Awal perdagangan harga minyak mentah kembali melemah untuk hari kedua dan memperpanjang penurunan dari sesi sebelumnya di tengah

Rabu, 30 Sep 2020 09:45Berita Sumut

Hari Kedua Supervisi Ops Aman Nusa II, Kabaharkam Polri Kunjungi Polres Sergai

Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto melakukan kunjungan ke Polres Serdang Bedagai, Sumatera Utara, didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin.

Rabu, 30 Sep 2020 09:30Ekonomi

Pagi Ini, IHSG Turun 0,25% ke Level 4.866,89.

Pada perdagangan Rabu (30/9/2020) pukul 9.07 WIB Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) malah berbalik arah melemah 12,21 poin atau 0,25% ke 4.866,89.

Rabu, 30 Sep 2020 09:15Berita Sumut

Pjs. Bupati Sergai Terbitkan Perbup Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan

Pasca dilantik sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir. H. Irman, M.Si, langsung melaksanakan tugasnya sebagai kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan. Usai memimpin rapat koordinasi pemerintahan dan pembangunan, Sen

Rabu, 30 Sep 2020 09:00Ekonomi

Harga Emas Antam Naik Lagi Berada di Rp1.016.000 Per Gram

Pada perdagangan Rabu (30/9) harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik di pasar spot.

Rabu, 30 Sep 2020 08:30Internasional

Azerbaijan dan Armenia Menolak Damai!, Perang Semakin Sengit !

Kedua negara menloak berdamai membuau Konflik antara Armenia dan Azerbaijan semakin sengit. Masing-masing pihak menuduh pihak yang lain menembak terlebih dulu ke wilayah masing-masing. K

Rabu, 30 Sep 2020 08:15Internasional

Veteran Pembela Persatuan Arab Emir Sheikh Sabah Wafat di AS

Saat ini, Kuwait tengah berduka. Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Sabah meninggal dunia pada Selasa (29/9/2020) dalam usia 91 tahun.

Rabu, 30 Sep 2020 08:00Aceh

Amirullah: Meski Covid-19, Budidaya Tiram Jangan Terhenti

Budidaya tiram atau kerang hijau secara modern akibat memiliki prospek yang cerah bagi warga kota yang tinggal di kawasan pesisir walau di tengah pandemi COVID-19, terus dikembangkan.

Rabu, 30 Sep 2020 07:45Aceh

Kontra Mobil KIjang dan Sepeda Motor, Terluka Mendapat Perawatan

Terjadi kontra mobil penumpang diduga jenis Toyota Avanza dengan satu unit sepeda motor di ruas jalan provinsi di kawasan Desa Suak Geudeubang, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat