• Home
  • Opini
  • Skandal Djoko Tjandra: Upaya Delegitimasi Kapolri dan Kabareskrim ?

Skandal Djoko Tjandra: Upaya Delegitimasi Kapolri dan Kabareskrim ?

Eddy Iriawan Kamis, 23 Juli 2020 08:30 WIB
Mtc/Ist
                                        Skandal Djoko Tjandra:

Respon cepat pimpinan Polri dalam menyikapi polemik 'Surat Jalan dan Penghapusan Red Notice' yang diduga melibatkan beberapa perwira tinggi Korp Bhayangkara ini ternyata belum juga membuat isu liar seputar "Djoko Tjandra Way" ini cooling down.

Meski banyak kalangan memberi apresiasi atas sikap tegas yang cepat dari pimpinan Polri, tetap saja ada segelintir pihak yang mendiskreditkan Kapolri sebagai pimpinan komando tertinggi di tubuh Polri dan juga Kabareskrim sebagai pimpinan Satuan Kerja (Satker) tertinggi Bareskrim dari beberapa jenderal yang baru saja di-demosi akibat tindakannya itu.

Apresiasi dan tendensi kerap menjadi idiom yang berjalan ke arah saling berlawanan. Masing-masing pihak yang berkepentingan akan melihat dari perspektif dan interest berbeda.  Sekarang tinggal bagaimana para pihak mau melihat peristiwa ini secara obyektif atau sebaliknya subyektif. 

Dari perspektif otoritas rantai kewenangan (chain of authority), kesigapan Kapolri maupun Kabareskrim dalam menyikapi dan langkah kebijakan yang diambil selayaknya patut diapresiasi.

Tidak hanya mencopot jabatan para Pati tersebut, Kapolri juga menempatkan mereka di tempat tugas yang selama ini dianggap sebagai 'jabatan untuk dihindari', personel Polri karena kerap dianggap sebagai tempat pembuangan personel usai tersandung kasus,  yakni jabatan fiungsional di Anjak dan Yanma.

Pun tidak berhenti pada kebijakan men-down grade jabatan dan profile para Pati tersebut, sebagai pimpinan tertinggi di satuan kerja Reskrim (Bareskrim), kemunculan Komjen. Listyo Sigit Prabowo ke publik dengan memberikan keterangan kepada media, dipandang sebagai "show of clearness" kepada publik bahwa skandal yang turut dilihat dunia internasional ini firmed tidak ada upaya untuk menutup-nutupi apalagi 'mengaburkan' kasus ini.

Penyelewengan otoritas pendelegasian wewenang (delegation authority) yang secara mekanikal diberikan Kabareskrim kepada struktur hirarkhi di bawahnya, menjadi tanggung jawab tugas yang selayaknya harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral dan etik kepada atasannya dan juga pidana (jika terbukti ada unsur).

Komitmen Kapolri dan Kabareskrim yang memastikan akan terus menelisik peristiwa yang mencoreng institusi Polri ini hingga akhir, selayaknya diapresiasi sebagai kultur baru (new culture) di tubuh Polri sebagai manifestasi paradigma baru yang kerap digaungkan pimpinan Polri. Parameter yang diambil Kapolri dan Kabareskrim sangat jelas dan terukur ; copot dan pidanakan para pihak terlibat jika terbukti.

Agenda Men-Delegitimasi Kapolri dan Kabareskrim ?

Tidak ada kepuasan dalam sebuah keputusan, sejatinya memang menjadi dasar kehidupan di dunia. Para pihak yang mempunyai kepentingan baik langsung atau tidak yang terlibat dalam sebuah diskursus publik akan dan akan terus terjadi.

Langkah dan kebijakan apapun akan dilihat secara apriori pihak "oposisi",  sekalipun berlandasan parameter dan standar yang dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan hukum. Begitupun sebaliknya. Langkah dan kebijakan yang buruk sekalipun akan dipandang sebagai hal jitu dan brilian sakalipun sulit dipertanggungjawabkan secara moral dan hukum.

Pandangan minor dan ketidakpuasan terhadap langkah Kapolri dan Kabareskrim yang berkembang bersangkut-paut skandal "Djoko Tjandra" saat ini terkesan sebagai upaya delegitimasi personal.

Dugaan upaya delegitimasi itu patut dipertanyakan mengingat proses ini sedang berjalan untuk mengurai hingga se-transparan mungkin. Di saat bersamaan masih ada pihak yang 'menggoreng' kasus ini untuk agenda-agenda terselubung.

Sepatutnya seluruh pihak menunggu bagaimana proses ini berjalan dan tidak sepatutnya memanfaatkannya untuk bagian dari permainan agenda setting. 

Keterbukaan informasi saat ini akan lebih memudahkan publik maupun watch dog lembaga Polri untuk melihat apakah komitmen pimpinan Polri untuk menuntaskan kasus ini sebagai sebuah komitmen atau sebagai lips service semata.

Penulis Eddy Iriawan mantan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumut dan
Mantan Korwil Sumater
Editor: Amrizal

Sumber: Eddy Iriawan

T#g: Kabareskrim Matatelinga.com.matatelinga.com/matatelinga.com Matatelinga com Skandal Djoko Tjandra Blibli Terkini Traveloka
Komentar
Selasa, 11 Agu 2020 23:15Berita Sumut

Kabarnya, Kasubag DPRD Medan Terserang Virus Corona

Kabarnya seorang Kepala Sub Bagian (Kasubag) DPRD Medan dinyatakan positif terinfeksi covid-19. Wabah virus corona disease (covid-19) kembali menambah korbannya di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan.

Selasa, 11 Agu 2020 23:00Nasional

Tingkatkan Minat Membaca Anak-Anak Perbatasan,

Kepedulian terhadap dunia pendidikan di tengah situasi pandemi covid-19, Perpustakaan Satgas Yonif 125/Si’mbisa sambangi anak-anak Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke Papua.

Selasa, 11 Agu 2020 22:22Berita Sumut

Bupati Sergai : Taat Pajak Adalah Kunci Pembangunan Desa Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Pembangunan Desa di Kecamatan Sei Bamban, Senin (10/8/2020). Kegiatan dimulai dari Kantor Desa Sei Bamban, Desa Sei Buluh Estate,

Selasa, 11 Agu 2020 21:42Nasional

Integrasi TNI-Polri Dukung Program Pembangunan SDM Unggul

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan tugas bersama seluruh komponen bangsa dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur.

Selasa, 11 Agu 2020 21:31Berita Sumut

Pemko Medan Siap Ikuti Regulasi Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual, Selasa (11/8).

Selasa, 11 Agu 2020 21:15Berita Sumut

Wabup Sergai: “Lestarikan Gotong Royong sebagai Identitas”

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya berkunjung ke Desa Pematang Terang Kecamatan Tanjung Beringin, Sabtu (08/08/2020). Kunjungannya ini juga bersamaan dengan kapasitasnya sebagai ketua komunitas sepeda motor “X-Trime Sergai”.

Selasa, 11 Agu 2020 20:00Nasional

Kabaharkam Polri Jadi Narasumber Manajemen Talenta Polri yang Diikuti Lulusan Akpol 2019

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menjadi narasumber pada kegiatan Manajemen Talenta Polri di Hotel Mercure Jakarta,

Selasa, 11 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Galang Kekompakan Raih Suara Dan Menang Dengan Tidak Merendahkan Yang Lain.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Asahan sudah semakin dekat, ekskalasi suhu politik juga sudah mulai menghangat, pasangan calon bupati dan wakil bupati Asahan periode 2020 - 2024 Surya - Taufik yang telah mengumpulkan 32 kursi dari 7 Partai P

Selasa, 11 Agu 2020 18:30Berita Sumut

Kasdam I/BB Terima Kunjungan Danjen Akademi TNI

Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan (Kasdam) Brigjen TNI Didied Pramudito menerima kunjungan Danjen Akademi TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han) beserta rombongan bertempat di Lounge room Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto km 7,5 Med

Selasa, 11 Agu 2020 18:15Berita Sumut

Kapolres Simalungun Tegaskan Jajarannya Siap Mengamankan Pelaksanaan Pilkada

Dalam rangka menyambut Pilkada di wilayah Kabupaten Simalungun. Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K hadiri kegiatan sosialisasi tahapan pemilu yang digelar oleh KPU di Hotel Sing A Song, Jl.Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (1

Selasa, 11 Agu 2020 18:00Berita Sumut

Keburu Diciduk Polisi, Oknum Wartawan dan Temannya Ini Gagal Sedot Sabu di Hotel

Kali ini Satuan Narkotika Polres Siantar mengamankan salah seorang oknum wartawan media online yang ada di Kota Pematang Siantar berinisial AK (31) warga Kelurahan Naga Pita Kecamatan Siantar Martoba dari salah satu kamar di Hotel Binaling, Senin (10/08)

Selasa, 11 Agu 2020 17:45Berita Sumut

Walikota Binjai Terima Kunjungan KKL Pasis Dikreg LIX Seskoad

Walikota Binjai H.M.Idaham SH. M.Si menerima kunjungan dari Kakorlap KKL Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LIX Seskoad TA 2020 di Binjai Command Center (BCC), senin (10/08/2020).

Selasa, 11 Agu 2020 17:30Berita Sumut

Kader Akar Rumput PDIP Tolak Bobby-Aulia

Sejumlah kader PDIP Kota Medan langsung bereaksi menyusul diumumkannya pasangan calon yang direkomendasikan DPP PDIP untuk Kota Medan, Selasa (11/8) Bobby Nasution - Aulia Rahman. Para kader menyatakan menolak pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman karena k

Selasa, 11 Agu 2020 17:15Berita Sumut

Pelaku Pembobol Rumah Mewah di Jalan Pinus Diciduk Polisi

Tim Tekab Polsek Medan Timur berhasil meringkus seorang pelaku pembobol rumah mewah yang berada di Jalan Pinus II Kelurahan Pulo Brayan, Medan Timur. Aksi pembobolan ini dilakukan pelaku berulang kali di rumah yang sama.

Selasa, 11 Agu 2020 17:00Ekonomi

Rupiah Ditutup Melemah 0,22% di level Rp14.680 Per Dolar AS

Akhir perdagangan Selasa (11/8/2020) Rupiah spot ditutup pada level Rp 14.680 per dolar Amerika Serikat (AS) melemah 0,22% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 14.648 per dolar AS.

Selasa, 11 Agu 2020 16:48Berita Sumut

Sempat Ancam Jurnalis, Warga Siantar Utara Ini Ditetapkan Sebagai Tersangka Narkoba

Seorang pria berinisial FAP (29), yang diamankan Sat Narkoba Polres Siantar dari Jalan Mojopahit Gang Kinantan, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Senin (10/8/2020) sore akhirnya ditetapkan jadi tersangka.