• Home
  • Opini
  • Belajar di Rumah dan Dibukanya Tempat Perbelanjaan

Belajar di Rumah dan Dibukanya Tempat Perbelanjaan

Lilik Misnaryadi S.PSi Selasa, 28 Juli 2020 14:02 WIB
Mtc/Ist

Sudah hampir kurang lebih setengah tahun virus corona atau Covid-19 melanda negeri ini. Dan parahnya, virus dari negeri Cina ini sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Berjalannya waktu, Corona juga telah merusak sendi-sendi perekonomian.

Tak cuma di situ saja, dunia belajar mengajar demi untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa pun ikut terimbas. Selama ini pula para anak didik mau tidak mau, suka tidak suka harus mengikuti anjuran pemerintah untuk mengikuti protokol Kesehatan.

Bukan tidak beralasan, demi menyelamatkan generasi bangsa ini dari serangan virus Covid 19, Pemerintah pun membuat aturan dan kebijakan memberlakukan belajar di rumah dengan bertatap muka melalui daring. Selain itu, dengan belajar secara daring, tanggung jawab belajar dan mengajar tidaklah menjadi tanggung jawab guru sepenuhnya.

Akan tetapi, para orang tua bisa lebih dekat kepada anaknya dengan turut serta mndampingi anaknya belajar di rumah. Jadi tidak bisa serta merta menyalahkan guru jika ada persoalan belajar mengajar terhadap anak mereka.

Akan tetapi ternyata, lambat laun kebijakan pemerintah ini sepertinya mulai disorot oleh para orang tua siswa. Banyak dari mereka yang mengomel melalui akun media sosial. Anak mereka disuruh belajar di rumah, tetapi uang sekolah tetap diwajibkan membayar.
Kalau tidak dibayar bagi yang bersekolah di swasta, lantas siapa yang menggaji para pengajarnya?.

Padahal menurut hemat penulis, pemberlakuan belajar di rumah dilakukan Pemerintah demi untuk menyelamatkan anak bangsa, generasi bangsa, dari penyebaran virus Covid-19 yang kasat mata.

Bahkan parahnya lagi, saat pemerintah menerapkan aturan untuk belajar di rumah, orang tua seperti tidak peduli. Anak-anak mereka malah dibebaskan bermain di luar rumah, bahkan berkerumun di tempat ramai tanpa mengindahkan Protokol kesehatan. Kalau tertular virus Covid-19, apakah masih pemerintah jadi kambing hitam?.

Tak sampai di situ, para orang tua juga cenderung menyalahkan Pemerintah kenapa anak mereka disuruh belajar di rumah sedangkan tempat-tempat perbelanjaan seperti Mall, pasar, dan tempat keramaian lainnya dibuka.

Yang jadi pertanyaan, ketika tempat perbelanjaan terus ditutup, kita beli sayur di mana? Beli ikan di mana? Beli kebutuhan sandang di mana?

Dibukanya tempat seperti itu pemerintah juga telah mengingatkan dengan keras agar mereka tetap patuh dengan protokol kesehatan. Bukan serta merta lepas tangan.

Dan kalau saja tempat-tempat perbelanjaan terus ditutup, sudah dipastikan perekonomian semakin terpuruk. Ketika perekonomian terpuruk, keluarga akan makan apa? 

Untuk itu, penulis mengajak kepada seluruh elemen dan masyarakat bisa lebih bijak dan memahami situasi dan kondisi yang terjadi saat ini agar Kota yang kita cintai (Medan) ini lebih bermartabat.


#yokkitabikinmedancantik
#yokbikinmedanbermartabat
#savemedan

Penulis adalah :
- Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) dailysatu.com
- Sekretaris Umum Relawan savemedan
Editor: Gus Ritonga

T#g: Blibli Daring Lillik Misnaryadi Pembelajaran Pusat Perbelanjaan TravelokaCovid-19Covid 19
Komentar
Selasa, 11 Agu 2020 22:22Berita Sumut

Bupati Sergai : Taat Pajak Adalah Kunci Pembangunan Desa Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Pembangunan Desa di Kecamatan Sei Bamban, Senin (10/8/2020). Kegiatan dimulai dari Kantor Desa Sei Bamban, Desa Sei Buluh Estate,

Selasa, 11 Agu 2020 21:42Nasional

Integrasi TNI-Polri Dukung Program Pembangunan SDM Unggul

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan tugas bersama seluruh komponen bangsa dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur.

Selasa, 11 Agu 2020 21:31Berita Sumut

Pemko Medan Siap Ikuti Regulasi Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual, Selasa (11/8).

Selasa, 11 Agu 2020 21:15Berita Sumut

Wabup Sergai: “Lestarikan Gotong Royong sebagai Identitas”

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya berkunjung ke Desa Pematang Terang Kecamatan Tanjung Beringin, Sabtu (08/08/2020). Kunjungannya ini juga bersamaan dengan kapasitasnya sebagai ketua komunitas sepeda motor “X-Trime Sergai”.

Selasa, 11 Agu 2020 20:00Nasional

Kabaharkam Polri Jadi Narasumber Manajemen Talenta Polri yang Diikuti Lulusan Akpol 2019

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menjadi narasumber pada kegiatan Manajemen Talenta Polri di Hotel Mercure Jakarta,

Selasa, 11 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Galang Kekompakan Raih Suara Dan Menang Dengan Tidak Merendahkan Yang Lain.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Asahan sudah semakin dekat, ekskalasi suhu politik juga sudah mulai menghangat, pasangan calon bupati dan wakil bupati Asahan periode 2020 - 2024 Surya - Taufik yang telah mengumpulkan 32 kursi dari 7 Partai P

Selasa, 11 Agu 2020 18:30Berita Sumut

Kasdam I/BB Terima Kunjungan Danjen Akademi TNI

Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan (Kasdam) Brigjen TNI Didied Pramudito menerima kunjungan Danjen Akademi TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han) beserta rombongan bertempat di Lounge room Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto km 7,5 Med

Selasa, 11 Agu 2020 18:15Berita Sumut

Kapolres Simalungun Tegaskan Jajarannya Siap Mengamankan Pelaksanaan Pilkada

Dalam rangka menyambut Pilkada di wilayah Kabupaten Simalungun. Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K hadiri kegiatan sosialisasi tahapan pemilu yang digelar oleh KPU di Hotel Sing A Song, Jl.Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (1

Selasa, 11 Agu 2020 18:00Berita Sumut

Keburu Diciduk Polisi, Oknum Wartawan dan Temannya Ini Gagal Sedot Sabu di Hotel

Kali ini Satuan Narkotika Polres Siantar mengamankan salah seorang oknum wartawan media online yang ada di Kota Pematang Siantar berinisial AK (31) warga Kelurahan Naga Pita Kecamatan Siantar Martoba dari salah satu kamar di Hotel Binaling, Senin (10/08)

Selasa, 11 Agu 2020 17:45Berita Sumut

Walikota Binjai Terima Kunjungan KKL Pasis Dikreg LIX Seskoad

Walikota Binjai H.M.Idaham SH. M.Si menerima kunjungan dari Kakorlap KKL Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LIX Seskoad TA 2020 di Binjai Command Center (BCC), senin (10/08/2020).

Selasa, 11 Agu 2020 17:30Berita Sumut

Kader Akar Rumput PDIP Tolak Bobby-Aulia

Sejumlah kader PDIP Kota Medan langsung bereaksi menyusul diumumkannya pasangan calon yang direkomendasikan DPP PDIP untuk Kota Medan, Selasa (11/8) Bobby Nasution - Aulia Rahman. Para kader menyatakan menolak pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman karena k

Selasa, 11 Agu 2020 17:15Berita Sumut

Pelaku Pembobol Rumah Mewah di Jalan Pinus Diciduk Polisi

Tim Tekab Polsek Medan Timur berhasil meringkus seorang pelaku pembobol rumah mewah yang berada di Jalan Pinus II Kelurahan Pulo Brayan, Medan Timur. Aksi pembobolan ini dilakukan pelaku berulang kali di rumah yang sama.

Selasa, 11 Agu 2020 17:00Ekonomi

Rupiah Ditutup Melemah 0,22% di level Rp14.680 Per Dolar AS

Akhir perdagangan Selasa (11/8/2020) Rupiah spot ditutup pada level Rp 14.680 per dolar Amerika Serikat (AS) melemah 0,22% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 14.648 per dolar AS.

Selasa, 11 Agu 2020 16:48Berita Sumut

Sempat Ancam Jurnalis, Warga Siantar Utara Ini Ditetapkan Sebagai Tersangka Narkoba

Seorang pria berinisial FAP (29), yang diamankan Sat Narkoba Polres Siantar dari Jalan Mojopahit Gang Kinantan, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Senin (10/8/2020) sore akhirnya ditetapkan jadi tersangka.

Selasa, 11 Agu 2020 16:33Berita Sumut

Walikota Binjai Hadiri Pelantikan PD KAMI Kota Binjai

Wali kota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si didampingi Ketua TP PKK kota Binjai, Hj. Lisa Andriani Lubis menghadiri acara pelantikan Pengurus Daerah Komunitas Aktivis Muda Indonesia (PD KAMI) kota Binjai, Senin (10/08/2020).

Selasa, 11 Agu 2020 16:10Berita Sumut

Bayar Mahal Tapi Masih Berlumpur dan Bau, Warga Tebingtinggi Kecewa Pelayanan PDAM

Masyarakat Kota Tebing Tinggi pelanggan PDAM Tirta Bulian, khususnya warga Perumahan BTN Purnawirawan Kelurahan Bulian Kecamatan Bajenis merasa sangat kecewa dan marah. Pasalnya, pasokan kiriman air yang diterima oleh warga dari PDAM Kota Tebing Tinggi kw