JPS Sumut Masih Perlu Sosialisasi

Mtc/Zulfikar Tanjung Minggu, 10 Mei 2020 14:00 WIB
Matatelinga/Istimewa
Zulfikar Tanjung
Ternyata tidak semua masyarakat Sumut yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau yang biasa disebut BDT (Basis Data Terpadu) akan mendapat jaring pengaman sosial (JPS) dari Pemprov Sumut.

Ini perlu disosialisasikan secara objektif dan akurat oleh Pemprov Sumut agar diketahui secara jelas oleh masyarakat.


Catatan Zulfikar Tanjung
(Ketua SMSI Sumut)


Hal itu penting karena selama ini yang diketahui khalayak bahwa DTKS atau BDT itu lah sebagai database yang berisi data kesejahteraan sosial dengan berbagai macam kriteria pada masing-masing Individu dan rumah tangga.

Sosialisasi penting karena ternyata masyarakat yang mendapat JPS adalah masyarakat yang belum memperoleh bantuan dari program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemenkes, tetapi masuk dalam DTKS.




Bila ada masyarakat yang masuk DTKS, tetapi belum juga ter-cover bantuan dari pusat dan Pemprov maka diharapkan pemerintah kabupaten/kota menggunakan APBD-nya untuk memberikan bantuan.

Jadi mungkin saja masih ada yang belum tercover maka diharapkan pemkab dan pemko menggunakan anggarannya untuk bantuan. Bila masih ada juga yang belum ter-cover, maka desa bisa menggunakan dana desa, tetapi tentu semua itu sesuai dengan peraturan yang sudah di buat.

Jadi jelas masih banyak yang harus dijelaskan sehingga program yang secara teori cukup bagus ini dapat terimplementasi secara baik dan semuanya dapat mengerti guna menyelamatkan warga dan melindungi kesejahteraannya selama pandemi Covid-19. Insya Allah, bersama-sama kita akan segera melewati ujian ini, lebih kuat dari sebelumnya.




Menghadapi Pandemi Virus Corona yang mewabah hampir 160 negara termasuk Indonesia semua pihak terutama Gubernur Sumut harus lebih bersunguh-sungguh bahkan dalam beberapa hal termasuk soal anggaran harus berani mengambil kebijakan ekstrim dalam refocusing.

Memang agar virus Corona tidak berkembang pesat lebih parah lagi dibutuhkan langkah-langkah ekstrim yang harus dilakukan.

Kota-kota telah menjadi episenter dari krisis ini dan untuk menghentikan penyebaran virus Corona, perlu tindakan ekstrim yang belum pernah dilakukan sebelumnya, bersama-sama di seluruh dunia secara komit.

Refocusing yang telah dilakukan Pemprovsu untuk percepatan penanganan Covid-19 di Sumut sebesar Rp 1,5 Triliun dari APBD 2020 hendaklah benar-benar dilaksanakan tanpa penyimpangan atau KKN. Anggaran tersebut harus betul-betul digunakan untuk bidang kesehatan, sosial dan ekonomi.




Fokus selanjutnya yang juga perlu dibahas Gubernur bersama unsur Forkopimda adalah pasca penanganan kesehatan atau Insya Allah setelah keadaan normal kembali.

Dinas yang bisa membantu untuk dampak kedua (dampak ekonomi), seperti bidang pertanian atau peternakan, jangan semua dilakukan realokasi. Sebab wabah ini sudah mendunia, tetap antisipasi konsekuensi terburuknya. Sehinga pasca penanganan kesehatan ini harus sudah dipikirkan apa untuk membangkitkan ekonomi.
Editor: James P Pardede

T#g:bantuan sosialDTKSJPSJsring Pengaman Sosial
Komentar
Minggu, 12 Jul 2020 20:45Berita Sumut

Berada Di Zona Kuning, Siswa Di Padangsidimpuan Tetap Belajar Dari Rumah

Kota Padangsidimpuan masih berstatus Zona Kuning Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka seluruh satuan pendidikan di kota ini tetap menerapkan sistem belajar dari rumah bagi peserta didiknya.

Minggu, 12 Jul 2020 20:30Berita Sumut

Majelis Hakim PTUN Tolak Gugatan Warga Kota Padangsidimpuan

Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan menolak gugatan yang dimohonkan Mardan Eriansyah, Ary Azi Saputra, Ruly Faisal dan Sarif Muliadi melalui kuasa hukum Abdur Rozzak Harahap, SH dan Muhammad Arif Harahap, SH.

Minggu, 12 Jul 2020 20:15Berita Sumut

Kompak Maling Rumah Warga dan Kompak Masuk Terali Besi

Sangat salut dengan kedua kawanan maling yang beraksi di rumah milik Roly Simamora ,35, yang berada di Jalan Pancasila Gang Sekolah, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai, maling bersama dan masuk penjara juga sama.

Minggu, 12 Jul 2020 20:00Berita Sumut

Tahun Ajaran Baru 2020/2021, Edy Rahmayadi Belum Izinkan Belajar Tatap Muka

Tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai besok, Senin (13/7/2020). Beberapa sekolah sudah memperisapkan diri untuk memulai tahun ajaran baru ini. Hanya saja, beberapa sekolah masih menunggu kebijakan dari Gubernur Sumatera Utara terkait aturan proses bela

Minggu, 12 Jul 2020 19:45Berita Sumut

Terseret Banjir Sabtu Malam, Ternyata Warga Jalan Medan Siantar

Setelah berjam-jam diruang forensik RSUD Djasamen Saragih Akhirnya Sosok pria yang sempat terbawa arus dari jembatan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Sabtu (11/7) Akhirnya dijemput keluaga

Minggu, 12 Jul 2020 19:30Berita Sumut

Buronan Kasus Jambret di Kota Medan, di Kirim Polisi ke 'Akhirat'

Buronan Polisi tewas, setelah sebutir timah panas milik personil Tim Tekab khusus Polrestabes Medan menebus dada kiri saat hendak ditangkap. Pelaku tersebut, terlibat dalam kasus penjambretan yang terjadi di depan Central Com Jalan Sutrisno, Kecamatan Med

Minggu, 12 Jul 2020 19:15Nasional

Penyemprotan Disinfektan dan Pengukuran Suhu Tubuh serta Pembagian Masker di Gereja

Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kita dituntut untuk melakukan berbagai upaya melalui tindakan nyata.

Minggu, 12 Jul 2020 19:00Berita Sumut

Berselang Tiga Jam Tekab Polresta Deli Serdang Ringkus Tersangka Curanmor

Respon cepat (Quick Respon) kembali diperlihatkan jajaran Satuan Reskrim Polresta Deli Serdang dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan menindak lanjuti laporan pengaduan masyarakat.

Minggu, 12 Jul 2020 18:38Berita Sumut

Pecandu Narkoba Mengaku Polisi, Saat Merampok

Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Belawan menangkap seorang laki laki mengaku anggota Polisi yang bertugas di Polda Sumatera Utara. Setelah ditangkap petugas KePolisian ternya Polisi ini adalah Polisi gadungan yang kerjanya melakukan pemerasan,perampasan d

Minggu, 12 Jul 2020 17:29Berita Sumut

Peringati Hari Diabetes Nasional, Nawal Ajak Masyarakat Sumut Perbanyak Aktivitas Fisik

Sekitar 90-95% kasus diabetes merupakan Diabetes Tipe 2, yakni jenis diabetes yang disebabkan oleh keadaan tubuh yang tidak dapat merespon insulin atau hormon pengendali gula darah. Hal itu antara lain disebabkan kurangnya melakukan aktivitas fisik.

Minggu, 12 Jul 2020 16:00Berita Sumut

Bripka Sukisno Terobos Banjir Demi Bantu Warga

Bhabinkamtibmas Polsek Perdagangan Polres Simalungun Bripka Sukisno menerobos banjir demi dapat membantu warga nya yang mengalami banjir, Hujan deras dengan durasi cukup tinggi menyebabkan banjir terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Simalungun, termasuk

Minggu, 12 Jul 2020 14:30Bola

Man City Bersiap Hadapi Madrid Setelah Libas Brighton 5-0

Manchester City memetik kemenangan telak dengan skor 5-0 saat bertandang ke markas Brighton & Hove Albion dalam matchday ke-35 Liga Inggris 2019-2020. Kemenangan besar tersebut tak ayal membuat The Citizens kini semakin percaya diri.

Minggu, 12 Jul 2020 14:00Berita Sumut

Kawasan Wisata Tomok Masih Ditutup Untuk Umum

Kawasan wisata Danau Toba sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat terutama menuju penerapan new normal (tatanan kehidupan baru), bahkan seperti disampaikan Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan Drs Wong Chun Sen Tarigan, M.PdB yang berkesempatan mengunjungi

Minggu, 12 Jul 2020 13:55Berita Sumut

Rektor dan WR 1 USU Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Kabar mengejutkan datang dari Universitas Sumatera Utara (USU). Rektor USU Prof.Runtung Sitepu dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab di Labotorium ‎Labotorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di RS USU. Namun, Runtung masuk dalam

Minggu, 12 Jul 2020 12:30Berita Sumut

Hadiri Pelantikan Rempala & Rakerda DMDI Sumut, Akhyar Ajak Lestarikan Lingkungan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh pengurus Remaja Masjid Pecinta Alam (Rempala) Indonesia Sumut yang baru dilantik agar belajar kehidupan dan kepemimpinan. Sebab, tidak sedikit lahir kader pemimpin masa depa

Minggu, 12 Jul 2020 12:15Berita Sumut

Seorang Warga Sergai Asal Tebing Syahbandar Positif Covid-19

Kerja Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih terus berlanjut dengan kembali bertambahnya 1 (satu) orang warga Sergai yang dinyatakan positif terjangkit virus asal Wuhan.