• Home
  • Opini
  • Manajemen Motivasi untuk Membentuk Generasi Pembelajar Mandiri

Manajemen Motivasi untuk Membentuk Generasi Pembelajar Mandiri

Tommy Messias Rabu, 26 Agustus 2020 13:45 WIB
Matatelinga/Istimewa
Kegiatan Belajar Mengajar
DUNIA pendidikan pada saat ini tidak mampu mengikuti kecepatan pertumbuhan teknologi dan perubahan kebutuhan tenaga kerja di era teknologi digital. Kecepatan pertumbuhan teknologi saat ini membuat ilmu yang dipelajari di bangku sekolah sudah menjadi tidak relevan ketika peserta didik memasuki lapangan kerja dan berbagai kemampuan yang sebelumnya dapat digunakan sebagai nilai tambah kini menjadi sesuatu hal yang lumrah. Kebutuhan tenaga kerja di masa depan juga akan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi otomasi yang membuat nilai tawar tenaga kerja tak terdidik dan terlatih terus turun karena digantikan oleh mesin dan robot.

Tommy Messias, ST
(Guru PrimeOne School)



Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan riset ditambah dengan mudahnya perpindahan informasi dan ilmu pengetahuan mengakibatkan semakin banyak materi yang harus dipelajari oleh seorang peserta didik. Seorang mahasiswa kedokteran yang kuliah sekarang harus mempelajari materi dengan jumlah lebih banyak dibandingkan dengan mahasiswa kedokteran yang kuliah pada tahun 1980 karena perkembangan ilmu kedokteran pada selang waktu 40 tahun tersebut. Kini, waktu yang tersedia di bangku sekolah dan bangku kuliah tidak akan cukup untuk mempelajari seluruh materi yang tersedia.

Dunia kerja dan lapangan kerja yang tersedia juga menunjukkan perubahan yang sangat cepat. Berbagai jenis pekerjaan pelan-pelan digantikan oleh mesin dan robot. Riset yang dilakukan oleh McKinsey (salah satu perusahaan konsultan terbesar di dunia) memprediksi bahwa jumlah lapangan kerja yang merupakan tenaga kerja tak terdidik dan tak terlatih akan turun hingga 15% sedangkan pertumbuhan lapangan pekerjaan akan berada di sektor yang menuntut penguasaan teknologi tinggi dan kemampuan sosial.




Penyusunan kurikulum pendidikan hendaknya memperhitungkan kedua hal tersebut: materi pembelajaran yang terlalu banyak dan tuntutan dunia kerja yang menuntut penguasaan teknologi dan kemampuan sosial tinggi. Untuk memenuhi kedua hal tersebut orientasi pembentukan kurikulum harus diubah dari penekanan pada materi ajar menjadi pembentukan karakter pembelajar mandiri.

Pembelajaran terjadi ketika seseorang memiliki pertanyaan (baik itu berasal dari dirinya maupun orang lain) dan dia dengan aktif mencari jawabannya. Bila seseorang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, maka orang tersebut akan terus menghasilkan pertanyaan meskipun dia telah tidak lagi bersekolah.

Orang tersebut akan terus mencari ilmu pengetahuan meskipun dia telah memasuki dunia kerja dan pengembangan diri beserta pola pikirnya tidak akan berhenti seusai dia menyelesaikan pendidikan formalnya. Karakter manusia seperti itulah yang akan unggul dalam menghadapi kompetisi baik di masa lalu maupun masa depan.

Lalu apakah yang harus dilakukan agar sistem pendidikan Indonesia mampu membentuk karakter peserta didik menjadi pembelajar mandiri?

Manajemen motivasi.

Dalam buku The Role of Motivational Beliefs and Classroom Contextual Factors in the Process of Conceptual Change(Pintrich et al., 1993), diidentifikasi bahwa motivasi siswa untuk belajar dipengaruhi oleh dua komponen yaitu: kepercayaan diri bahwa dirinya mampu mengerjakan tugas yang diberikan dan kesesuaian tugas yang diberikan dengan nilai-nilai yang dipercaya. Untuk membangun karakter pembelajar mandiri, siswa harus dimotivasi untuk tetap memiliki rasa ingin tahu sembari diberikan pengajaran berbasis pemahaman sebab-akibat dan dialog sebagai fondasi nilai dasar individu.

Keluarga, bukan kurikulum pendidikan, merupakan hal pertama dan terutama yang perlu dibenahi untuk membangun manusia pembelajar mandiri. Guru pertama seorang anak adalah kedua orang tuanya sehingga sangatlah penting bagi orang tua untuk mengetahui kebutuhan anak dan cara memenuhinya (baik jasmani maupun rohani). Oleh sebab itu sangatlah penting untuk meningkatkan pemahaman orang tua terhadap kebutuhan pendidikan anak untuk dapat meningkatkan kualitas manusia Indonesia.





Keluarga memegang peranan sangat penting dalam penanaman nilai-nilai yang dipercaya anak. Anak dengan mudahnya akan meniru nilai-nilai yang disaksikan sendiri di dalam rumahnya dan nilai-nilai ini akan semakin sulit untuk diubah seiring dengan bertambahnya usia anak.

Pada tahap ini orang tua harus menjaga rasa ingin tahu anak dengan tidak memberikan respons negatif ketika anak menanyakan sesuatu. Jika anak telah memiliki rasa takut untuk bertanya dan mencari tahu maka akan sangatlah sulit untuk membentuk pembelajar mandiri. Orang tua juga perlu menanamkan pola pikir sebab-akibat agar anak menyadari bahwa banyak sekali hal di dunia ini bekerja dengan prinsip demikian dan pola pikir pemecahan masalah sudah terbentuk sejak usia dini.

Saran yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas dan peran serta orang tua dalam pendidikan anaknya adalah dengan mengadakan pelatihan atau menyediakan materi pembelajaran bagi orang tua yang dapat diakses dengan mudah pada suatu situs atau media. Materi pembelajaran tersebut tentu harus disusun oleh ahli yang profesional dalam psikologi pendidikan anak usia dini sehingga best practice dari ahli tersebut dapat diimplementasikan oleh banyak orang tua di Indonesia. Pemerintah dapat menciptakan dan mendukung program ini melalui promosi di berbagai media dan kegiatan-kegiatan penyuluhan hingga di tingkat RT/RW.

Pendidikan Indonesia melalui kurikulum 2013 telah melangkah di arah yang tepat untuk membentuk manusia Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Pendidikan yang berbasis pembelajaran aktif dan kontekstual merupakan kunci penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Langkah menghilangkan Ujian Nasional (UN) dan menggantikannya dengan asesmen kompetensi juga merupakan langkah yang tepat. Semua langkah-langkah tersebut perlu diikuti dengan satu langkah berikutnya: mengurangi materi ajar.

Materi ajar yang harus dipelajari oleh peserta didik terus bertambah dan tidak ada tanda-tanda ilmu pengetahuan akan berhenti berkembang. Banyaknya materi yang perlu dipelajari memperbesar kemungkinan adanya materi yang tidak dimengerti oleh peserta didik dan menurunkan rasa percaya diri peserta didik akan kemampuanya dalam mengerjakan tugas pada materi tersebut. Rasa percaya diri yang rendah ini akan mengurangi rasa motivasi belajar peserta didik dan peserta didik akan berhenti tertarik untuk mempelajari hal-hal baru.
Sebaliknya, jika materi ajar semakin sedikit, peserta didik dapat menggunakan lebih banyak waktunya untuk mempelajari materi tersebut dan guru dapat memberikan bantuan dan arahan yang lebih baik agar siswa dapat memahami materi tersebut.





Berbagai penelitian psikologi telah membuktikan bahwa orang yang mendapatkan respons positif akan menunjukkan peningkatan performa yang lebih baik dibandingkan orang yang mendapatkan respons negatif. Hal ini terjadi karena respons positif akan meningkatkan rasa motivasi diri untuk belajar menjadi lebih baik dalam tugas yang diberikan. Disinilah tugas guru yang sesungguhnya: buatlah kelas dan peserta didik Anda menjadi bahagia.

Bahagia berarti ruangan kelas yang hidup dimana peserta didik dapat menanyakan pertanyaan yang dia miliki tanpa harus takut dimarahi atau dianggap bodoh dengan bertanya.

Bahagia berarti peserta didik dapat mengeksplorasi rasa ingin tahunya sesuai dengan kemampuannya.

Bahagia berarti peserta didik dapat belajar dengan berdiskusi dan berkolaborasi dengan sesama peserta didik lainnya.

Bahagia berarti peserta didik dilibatkan dalam menggunakan ilmu yang mereka miliki untuk memecahkan permasalahan-permasalahan dalam dunia nyata di dalam kelas.

Apabila semua hal di atas dapat dilakukan, tentu kualitas pendidikan Indonesia akan meningkat. Namun, perlu diperhatikan bahwa pendidikan itu ibarat menanam pohon. Dibutuhkan waktu lama sebelum hasilnya dapat dipetik. Semoga kita semua selaku pemangku kepentingan pendidikan nasional dapat bersabar dan percaya bahwa langkah yang kita lakukan hari ini baru akan berbuiah puluhan tahun yang akan datang.
Editor: James P Pardede

T#g:MotivasiTommy Mesias
Komentar
Selasa, 29 Sep 2020 13:30Nasional

Panglima TNI Buka Lomba Bersepeda TNI-Pacific Virtual Fun Bike Tahun 2020

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., secara resmi membuka Lomba TNI-Pacific Virtual Fun Bike sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), bertempat di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sela

Selasa, 29 Sep 2020 13:03Berita Sumut

Pjs. Bupati Sergai Awali Tugas Pimpin Rakor Pemerintahan dan Pembangunan

Hari pertama dalam menjalankan tugasnya sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si langsung memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan dan Pembangunan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,

Selasa, 29 Sep 2020 12:45Berita Sumut

Kabaharkam Perkenalkan Helm Smart KC Wearble

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memperkenalkan helm smart kc weareble. Perkenalan helm smart ini dilakukan saat Kabaharkam datang ke Mapolda Sumut dalam agenda kunjungan kerja, Selasa (29/9).

Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

4 Kawanan "Becak Hantu" Diringkus, 1 Bandit Terpaksa di Dor Kakinya

Kawanan maling "Becak Hantu" digulung Personel Subnit Jatanras Unit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan di mana dalam suatu penyergapan dari 2 lokasi berbeda.

Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

Akhyar Sampaikan Duka Mendalam atas Kepergian Sahabatnya Parulian Tampulobon

Akhyar Nasution mengaku sangat sedih mendengar wafatnya Parulian Tampubolon, Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Kota Medan akibat infeksi virus Covid-19 pada Senin (28/9/2020). Akhyar mengaku sangat dekat dengan almarhum karena sama-sama akti

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Dua Pelaku Curat Modus 'Becak Hantu' Diciduk Polisi

Petugas Subnit Jatanras Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan ciduk dua pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) ketika beraksi di Kampus AMIK MPP Jalan Jamin Ginting kawasan Padang Bulan, Medan.

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Kapolda Sumut Sambut Kedatangan Kabaharkam Polri di Bandara Kualanamu

Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH tiba di Bandara Kualanamu International Airport, Selasa (29/09) sekira pukul 09.45 Wib. Kedatangan Kabaharkam Polri disambut Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si dan Pejabat Utama Pol

Selasa, 29 Sep 2020 12:00Berita Sumut

Usai Cabuli Anak Tirinya Berkali-kali, Pria Ini Kabur Dari Rumah

Seorang remaja wanita sebut saja Mawar (16) warga Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, harus melaporkan ayah tirinya L (28) ke Mapolsek Medan Labuhan pada Senin (28/09/2020) siang. Korban melaporkan perbuatan sang ayah tiri tega mencabuli

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Lifestyle

Harga HP Realme Terbaru Cuma Rp1 Jutaan Aja Loh !

Saat ini HP Realme masih menjadi alternatif pilihan HP murah. Daftar lengkap harga HP Realme terbaru berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih HP baru.

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Berita Sumut

Kantor DPD Demokrat Sumut Didemo, Massa Tuntut AHY Selamatkan Partai

Belasan massa dari Aliansi Rakyat Indonesia Pendukung Partai Demokrat (ARIP Demokrat) berunjuk rasa di depan Kantor DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, Jalan Gatot Subroto, Medan, Senin 28 September 2020.

Selasa, 29 Sep 2020 11:15Berita Sumut

Dandim 0208/Asahan : Terima Kasih Kepada Tokoh Masyarakat dan Warga Sekitar di TMMD 109

Komandan Kodim 0208/Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh sekaligus Dansatgas TMMD 109 dalam hal ini mengungkapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat dan antusiasnya warga dalam TMMD 109, wujud nyata kemanunggalan

Selasa, 29 Sep 2020 11:00Lifestyle

Catat ! 7 Drama Korea Terbaru 2020 yang Tayang Oktober

Ada beberapa drama Korea terbaru 2020 yang tayang Oktober sudah gencar promosi. Salah satunya adalah drama Korea terbaru Start-Up.

Selasa, 29 Sep 2020 10:45Berita Sumut

Sudah Nyaman dan Aman, Ikatan Alumni FE UMSU Ikhlas Dukung Akhyar

Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mendatangi kediaman Calon Walikota Medan, Akhyar Nasution di Jalan Intertip, Komplek Wartawan, Selasa (29/9/2020) pagi.

Selasa, 29 Sep 2020 10:30Ekonomi

Kurs Rupiah Naik di Level Rp14.920 Per Dolar di Awal Perdagangan

Awal perdagangan Selasa (29/9). Pukul 10.08 WIB Rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) menguat di pasar spot.

Selasa, 29 Sep 2020 10:15Ekonomi

IHSG Dibuka Menguat Naik 0,39% ke Level 4.925,82

Awal perdagangan Selasa (29/9/2020) pukul 9.06 WIB Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat naik 19,27 poin atau 0,39% ke 4.925,82.

Selasa, 29 Sep 2020 10:00Ekonomi

Harga Emas Spot Berhasil Kembali Menguat 0,15%

Pada perdagangan hari ini Harga emas berhasil kembali menguat setelah indeks dolar Amerika Serikat (AS) terkapar.