• Home
  • Opini
  • Mengenang "Sumut Paten", Nostalgia atau Warisan..?

Mengenang "Sumut Paten", Nostalgia atau Warisan..?

Ir Zulfikar Tanjung Minggu, 31 Mei 2020 08:19 WIB
Mtc/Ist
Ir Zulfikar Tanjung


                                                  Catatan Ir Zulfikar Tanjung

                            (Ketua SMSI Sumut)

Kurun waktu 2013 - 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pernah memiliki komitmen kuat untuk memberhasilkan pembangunan Sumut, dengan visi dan misi "Menjadi Provinsi Berdaya Saing menuju Sumatera Utara Sejahtera".

Visi dan misi itu dijabarkan secara juridis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2013 - 2018, sebagaimana tertuang dalam Perda Sumut Nomor 5 Tahun 2014. Dan secara non juridis, implementasinya digenjot dengan tagline "Sumut Paten".

Kini, pertengahan tahun 2020, sudah hampir 2 tahun tagline itu berlalu. Memang tidak mudah mengukur sejauh mana keberlanjutan atau kelangsungan tekad yang sempat membahana itu saat ini, sebab selain pemimpin Sumut sudah berganti, juga perlu banyak parameter dan indikator yang harus dipakai.

Namun paling tidak, meski sesuatu pun belum dapat disimpulkan namun dengan sedikit mengenang tagline "Sumut Paten", ada beberapa pertanyaan yang membetot pemikiran, dan itu pun tidak bisa dijawab tanpa telaahan mendalam. 

Dari sejumlah pertanyaan itu, yang menonjol adalah apakah semangat tagline itu saat ini hanya tinggal kenangan dan menjadi nostalgia semata bagi masyarakat Sumut, atau bisakan dijadikan "warisan" untuk dilebur dalam pengejawantahan semangat yang berlaku saat ini ? Tidak mudah menjawabnya.

Namun paling tidak, dengan mengenang tagline itu beberapa hal dapat menggiring pemahaman ke arah kecenderungan tertentu, walau belum pada tahap tatanan formal, melainkan hanya sekedar perenungan.

Yang jelas, kurun waktu 2013 - 2018 lalu, implementasi Perda 5 Tahun 2014 itu merupakan amanah rakyat Sumut yang harus diberhasilkan oleh Pemprovsu saat itu, mulai dari pimpinan tertinggi, seluruh SKPD (kini OPD - red) bersama-sama dengan seluruh pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sumut saat itu.

Untuk memberhasilkan visi dan misi tersebut lah saat itu tentunya diperlukan berbagai kiat agar semua potensi kemasyarakatan Sumut bergerak simultan dengan mencurahkan kemampuan optimal masing-masing. 

Dalam hal ini, untuk menguatkan visi dan misi itu, masyarakat Sumut dipompa lagi dengan semangat yang saat itu populer dengan tagline atau sebutan “Sumut Paten”.

Mencermati makna frasa Paten, hakekatnya adalah hebat atau dalam bahasa pergaulan anak Medan disebut “mantap bah” atau istilah nasionalnya “keren”. 

Sedangkan dalam percakapan internasional, istilah Paten jika dipadankan dalam bahasa Inggris yakni “admirable” (adjektiva), maknanya terpuji, yang mengagumkan, yang dapat dikagumi atau yang menimbulkan rasa kagum.

Atas dasar itu, semangat “Sumut Paten” yang penyebutannya oleh masyarakat saat itu disempurnakan dengan acungan jempol tangan kanan, bahkan tidak jarang sambil mengacungkan kedua jempol, memang tidak perlu di-Perdakan, sebab sebutan ini hanya slogan untuk penguatan semangat mengimplementasikan Perda Nomor 5 Tahun 2014 tadi.

Lebih jauh dapat dikatakan, kandungan harfiah dari yel-yel (tagline) “Sumut Paten” dapat menjadi motivasi bagi masyarakat saat itu untuk terus bekerja, bekerja dan bekerja sekaligus bangga terhadap Sumut. 

Jadi yel-yel ini memiliki kandungan sebagai spirit of symbolism (simbol semangat), spirit of prideness (simbol kebanggaan) dan spirit of tipical action (semangat kerja keras). 

Untuk mempopulerkan tagline tersebut tidak perlu pula sampai menggunakan Perda. Sebab, tagline sesungguhnya adalah sejalan bahkan penguat Perda yang sudah ada. 

Melalui yel-yel Sumut Paten saat itu diharapkan percepatan pembangunan yang menjadi penggerak perekonomian dapat lebih digenjot secara lebih terukur, terintegrasi dan terpadu untuk meningkatkan daya saing Provinsi Sumut. 

Semua kerja keras sebagai buah dari Sumut Paten akan bermuara kepada kesejahteraan rakyat. Artinya, Sumut Paten sejalan dengan visi misi Sumut yakni Menjadi Provinsi yang Berdaya Saing menuju Sumatera Utara Sejahtera yang impelemtasinya tertuang dalam Perda 5 Tahun 2014.

Sumut Paten yang menjadi yel-yel di era pemerintahan provinsi saat itu juga tidak hanya sekedar tagline namun telah menunjukkan sejumlah keberhasilan. Kalimat itu telah mampu untuk memotivasi kalangan SKPD jajaran Pemprov Sumut untuk terus bergiat.

Sedikitnya ada 20 simpul keberhasilan atau prestasi yang sudah diraih Pemprov Sumut saat itu, yang menjadikan Sumut memang pantas disebut Paten, walau pun sesungguhnya indikator tersebut bisa lebih dari angka itu, namun dari sejumlah parameter, 20-an indikator dapat menjadi pemacu semangat untuk terus mengumandangkan yel-yel “Sumut Paten” saat itu.

Itu lah sedikit kenangan tentang "Sumut Paten" yang kini menjadi pertanyaan apakah menjadi sekedar nostalgia atau "warisan" ?
Editor: Amrizal

T#g:IndeksPemprovsusumatera utaraTravelokaWarisan atau Nostalgiablibli
Komentar
Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

4 Kawanan "Becak Hantu" Diringkus, 1 Bandit Terpaksa di Dor Kakinya

Kawanan maling "Becak Hantu" digulung Personel Subnit Jatanras Unit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan di mana dalam suatu penyergapan dari 2 lokasi berbeda.

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Dua Pelaku Curat Modus 'Becak Hantu' Diciduk Polisi

Petugas Subnit Jatanras Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan ciduk dua pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) ketika beraksi di Kampus AMIK MPP Jalan Jamin Ginting kawasan Padang Bulan, Medan.

Selasa, 29 Sep 2020 12:00Berita Sumut

Usai Cabuli Anak Tirinya Berkali-kali, Pria Ini Kabur Dari Rumah

Seorang remaja wanita sebut saja Mawar (16) warga Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, harus melaporkan ayah tirinya L (28) ke Mapolsek Medan Labuhan pada Senin (28/09/2020) siang. Korban melaporkan perbuatan sang ayah tiri tega mencabuli

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Lifestyle

Harga HP Realme Terbaru Cuma Rp1 Jutaan Aja Loh !

Saat ini HP Realme masih menjadi alternatif pilihan HP murah. Daftar lengkap harga HP Realme terbaru berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih HP baru.

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Berita Sumut

Kantor DPD Demokrat Sumut Didemo, Massa Tuntut AHY Selamatkan Partai

Belasan massa dari Aliansi Rakyat Indonesia Pendukung Partai Demokrat (ARIP Demokrat) berunjuk rasa di depan Kantor DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, Jalan Gatot Subroto, Medan, Senin 28 September 2020.

Selasa, 29 Sep 2020 11:15Berita Sumut

Dandim 0208/Asahan : Terima Kasih Kepada Tokoh Masyarakat dan Warga Sekitar di TMMD 109

Komandan Kodim 0208/Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh sekaligus Dansatgas TMMD 109 dalam hal ini mengungkapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat dan antusiasnya warga dalam TMMD 109, wujud nyata kemanunggalan

Selasa, 29 Sep 2020 11:00Lifestyle

Catat ! 7 Drama Korea Terbaru 2020 yang Tayang Oktober

Ada beberapa drama Korea terbaru 2020 yang tayang Oktober sudah gencar promosi. Salah satunya adalah drama Korea terbaru Start-Up.

Selasa, 29 Sep 2020 10:45Berita Sumut

Sudah Nyaman dan Aman, Ikatan Alumni FE UMSU Ikhlas Dukung Akhyar

Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mendatangi kediaman Calon Walikota Medan, Akhyar Nasution di Jalan Intertip, Komplek Wartawan, Selasa (29/9/2020) pagi.

Selasa, 29 Sep 2020 10:30Ekonomi

Kurs Rupiah Naik di Level Rp14.920 Per Dolar di Awal Perdagangan

Awal perdagangan Selasa (29/9). Pukul 10.08 WIB Rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) menguat di pasar spot.

Selasa, 29 Sep 2020 10:15Ekonomi

IHSG Dibuka Menguat Naik 0,39% ke Level 4.925,82

Awal perdagangan Selasa (29/9/2020) pukul 9.06 WIB Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat naik 19,27 poin atau 0,39% ke 4.925,82.

Selasa, 29 Sep 2020 10:00Ekonomi

Harga Emas Spot Berhasil Kembali Menguat 0,15%

Pada perdagangan hari ini Harga emas berhasil kembali menguat setelah indeks dolar Amerika Serikat (AS) terkapar.

Selasa, 29 Sep 2020 09:45Ekonomi

Harga Emas Antam Naik Rp8.000 Per Gram

Pada Selasa (29/9/2020) Harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik di pasar spot.

Selasa, 29 Sep 2020 09:30Lifestyle

13 Daftar Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa

Beberapa drakor bahkan memecahkan rekor rating tertinggi. Jika membahas daftar drama Korea terbaik sepanjang masa, tentu tidak cukup hanya menyebutkan lima judul saja.

Selasa, 29 Sep 2020 09:15Bola

Aston Villa Giling Fulham 3-0 di Markas Craven Cottage

Tim arahan Dean Smith membungkus kemenangan saat bertamu ke markas Fulham, Craven Cottage, Selasa (29/9/2020) dini hari WIB. Aston Villa meraih hasil positif di pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021.

Selasa, 29 Sep 2020 09:00Bola

5 Pemain Top yang Kontraknya Habis pada Musim Panas Tahun Depan

5 pesepakbola top yang habis kontraknya pada musim panas 2021 di mana burs transfer pemain memang selalu menghadirkan drama.

Selasa, 29 Sep 2020 08:45Internasional

Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Perang Armenia vs Azerbaijan

Saat Ini, Perang Armenia vs Azerbaijan memasuki hari kedua, yang berlangsung di kawasan Nagorny Karabakh. Perang Armenia vs Azerbaijan