Merawat Keberagaman Pasca Lebaran

James P Pardede Senin, 10 Juni 2019 15:17 WIB
Hand Over
Merawat Keberagaman
Lebaran adalah momen paling tepat untuk menjaga tali silaturahmi antar sesama dan upaya kita dalam merawat keberagaman yang ada di negeri ini. Saat takbir Lebaran berkumandang, ucapan selamat Idulfitri berseliweran lewat media sosial Facebook, WA, Twitter dan Instagram.

Di era serba teknologi sekarang untuk mengucapkan selamat lebaran atau sekadar meminta maaf dilengkapi dengan foto diri sudah bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Tak bisa bertemu dan tatap muka karena jarak yang berjauhan, sekarang sudah bisa dilakukan dengan video call atau menghubungi kerabat, saudara, teman dan kolega lewat fasilitas telepon selular.


Kebersamaan dalam keberagaman memang harus dirawat agar generasi penerus kita ke depan tetap mengenal yang namanya keberagaman sebagai bagian dari hidup. Keberagaman menjadi sebuah upaya kita dalam mengenal adanya perbedaan, perbedaan dalam banyak hal termasuk dalam pendapat dan tujuan hidup yang akan dicapai. Hanya lewat kebersamaan yang didukung rasa solidaritas, rasa saling menghargai dan menghormati yang bisa membuat keberagaman dan perbedaan itu bisa menjadi satu dan tak pernah mempermasalahkannya.

Merawat keberagaman pasca momen lebaran bisa kita lakukan lewat halal bi halal atau silaturahmi kepada sesama demi untuk menjaga kekerabatan, kekeluargaan dan kebersamaan. Jangan pernah merusak tali persahabatan atau tali persaudaraan dengan ujaran kebencian, kalimat yang membuat orang lain sakit hati atau menyebarkan status yang bisa melukai orang lain.


Prinsipnya adalah jangan mudah terpancing dengan isu apa pun terutama yang berseliweran di media sosial. Belum tentu sebuah berita atau status yang mendeskreditkan seseorang itu benar adanya. Cek dulu kebenarannya dan jangan langsung menyebarkan berita yang tidak jelas. Ada baknya berita yang masuk atau terbaca dalam dinding media sosial kita disaring terlebih dahulu. Setelah disaring dengan benar, dan dianggap perlu diberitakan kepada teman boleh lah di sharing dengan syarat jangan sampai mengurangi atau menambahi status tersebut dengan kata-kata yang berbau negatif.


Dalam upaya merawat keberagaman dan kebersamaan seperti yang terjalin selama ini, mari merenungkan kembali PANCASILA sebagai dasar negara kita. Dalam PANCASILA ini sudah diatur sedemikian rupa bagaimana kita merawat keberagaman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita adalah Indonesia, Kita adalah Pancasila dan Kita adalah warga negara yang menjunjung tinggi keberagaman dalam mewujudkan tujuan bersama, menjadikan negeri ini aman dan damai dan mewariskannya kepada anak cucu dalam kondisi terawat.
Editor: Amrizal

T#g:lebaranMerawat KeberagamanpancasilaSilaturahmi
Komentar
Senin, 28 Sep 2020 10:02Ekonomi

Harga Emas Spot Naik 0,02% ke Level US$1.861,89 Per Ons Troi

Awal perdagangan Senin (28/9/2020) pada pukul 09.19 WIB, harga emas spot di pasar spot naik 0,02% ke level US$ 1.861,89 per ons troi.

Senin, 28 Sep 2020 09:38Berita Sumut

Ditanya Program Keumatan, Akhyar Janji Sertifikatkan Rumah Ibadah

Calon Walikota Medan Nomor Urut 1, Ir Akhyar Nasution melaksanakan shalat Isya berjemaah dengan warga Lingkungan XI di Masjid Al Jihad Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (27/9/2020) malam

Senin, 28 Sep 2020 09:00Berita Sumut

Akhyar-Salman Ingin Membangun Medan Berkarakter dan Religius

Salah satu penceramah kondang, Ustaz Sigi Nur Raharja alias Gus Nur ingatkan masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang mudharatnya (kerugian ) lebih kecil.

Senin, 28 Sep 2020 08:57Ekonomi

Harga Minyak Mentah Kembali Melemah di Awal Pekan

Pada awal perdagangan hari ini Harga minyak mentah kembali melemah. Sentimen utama yang menyeret harga datang karena meningkatnya kasus virus corona yang mengganggu harapan untuk pemulihan permintaan bahan bakar.

Senin, 28 Sep 2020 08:45Bola

Hasil Pertandingan Premier League Senin (28/9/2020)

Hasil pertandingan Premier League Senin (28/9/2020) di mana ada empat pertandingan mewarnai pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021 yang digelar pada Minggu 27 September malam WIB.

Senin, 28 Sep 2020 08:30Internasional

Nikmati Permen Black Licorice, Meninggalkan Dunia Selamanya

Seorang pekerja konstruksi di Massachusetts, Amerika Serikat, menyukai permen black licorice membuatnya harus pergi untuk selamanya. Selama beberapa pekan, dia makan satu setengah kantong kembang gula itu setiap hari.

Senin, 28 Sep 2020 08:15Bola

Hasil Lengkap Pertandingan Jornada Ketiga Liga Spanyol

Hasil Lengkap pertandingan jornada ketiga laliga di mana sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam dalam lanjutan jornada ketiga Liga Spanyol 2020-2021.

Senin, 28 Sep 2020 08:00Aceh

Pendiri dan Pimpinan Tiga Dayah di Aceh, Meninggal Dunia

Sebelum meninggal dunia, Ustadz Amin sempat menjalani perawatan di medis di RSUD Zainoel Abidin selama beberapa hari. Proses pemakaman dilakukan seperti jenazah lain biasanya, mengingat bukan pasien COVID-19.

Senin, 28 Sep 2020 07:45Bola

Hasil Lengkap Pertandingan Pekan Kedua Serie A Italia

Hasil pertandingan giornata kedua Liga Italia 2020-2021. Salah satu pertandingan yang menyedot banyak perhatian tentu saja pertemuan antara AS Roma dengan Juventus di Stadion Olimpico.

Senin, 28 Sep 2020 07:30Aceh

Anak Mantan KKB Aceh Lulus Seleksi Prajurit TNI AD

Putra, Nurdin Ismail alias Din Minimi lulus seleksi menjadi prajurit TNI Angkatan Darat (AD), dan mulai mengikuti pendidikan pada pekan depan.

Senin, 28 Sep 2020 07:15Berita Sumut

Pjs Wali Kota Buka Raker DPRD Kota Medan

Pjs Wali Kota Medan Ir Arif Sudarto Trinugroho MT membuka Rapat Kerja (Raker) DPRD Kota Medan di The Hill Jalan Jamin Ginting, Sibolangit, Deli Serdang, Minggu (27/9/2020).

Senin, 28 Sep 2020 07:00Berita Sumut

Pendeta GKII, Kodim 0208/Asahan Peduli Gereja

Sungguh tak disangka, Gereja Kemenangan Iman Indonesia (GKII) Dusun VI, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima puluh, Kabupaten Batubara direnovasi oleh Kodim 0208/Asahan yang bertepatan hari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109.

Senin, 28 Sep 2020 06:45Nasional

Sambut HUT Ke-1, Kogabwilhan II Gelar Bakti Sosial Bagikan Paket Sembako

Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Kogabwilhan II) menggelar Bakti Sosial (Baksos) pemberian paket sembako dalam rangka menyambut HUT ke-1 Kogabwilhan II tahun 2020 yang dilaksanakan di sejumlah Panti Asuhan

Senin, 28 Sep 2020 06:30Bola

AS Roma yang Tampil Menggigit Tahan Juventus

Ternyata si Nyonya Tua belum mampu menekuk AS Roma sang pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menyebut hasil imbang 2-2 kontra AS Roma sebagai sebuah kemunduran.

Senin, 28 Sep 2020 06:00Berita Sumut

Jemaat Heran, Kodim 0208/Asahan Bongkar Gereja (GKII)

Jemaat Gereja Kemenangan Iman Indonesia (GKII) Dusun VI, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima puluh, Kabupaten Batubara merasa heran dan geram melihat tingkah laku TNI Kodim 0208/Asahan. Karena mengangkati barang-barang yang ada dalam gereja.

Minggu, 27 Sep 2020 23:00Berita Sumut

Anggota Dewan Ini Apresiasi Polri Berhasil Ungkap Kasus Kematian Akibat 'Judi Online'

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. Wong Chun Sen, M.PdB menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang telah berhasil mengungkap kasus pembunuhan Jefri Wijaya alias Asiong, salah seorang p