• Home
  • Opini
  • Peran Polri Sebagai Social Engineering

Peran Polri Sebagai Social Engineering

KOMPOL. RONI BONIC, S.IK, MH Jumat, 17 Juli 2020 07:45 WIB
Hand Over
                                      
                                            PERAN POLRI SEBAGAI SOCIAL ENGINEERING
                         
                                                OLEH: KOMPOL. RONI BONIC, S.IK, MH

                                                     PASIS SESPIMEN DIKREG 60

Filosofi kebedaraan Polisi dapat dilihat dari aspek filsafati yakni aksiologi, epistimologi dan ontologi. Aspek ini dimaksudkan untuk mengetahu kenapa dan untuk apa ada polisi, secara filsafati akan ditemukan kedudukan dan peran polisi yang pada hakekatnya adalah sebagai “wasit yang adil”, bukan sebagai alat (tool) kekuasaan dan kelompok serta bukan ditujukan untuk mencari keuntungan (no politic, no clique, no profit) yang dalam arti bahwa polisi merupakan sarana Negara untuk rekayasa sosial (social engineering). 

Sejarah organ dan fungsi polisi di Nusantara dapat diidentifikasi sebagai berikut: Pertama, fungsi kepolisian telah ada sebelum lahirnya Negara republik Indonesia. Kedua, kepolisian bercorak rule appointed police yang artinya kepolisian lebih cenderung digunakan untuk kepentingan penguasa dan kin police yang artinya kepolisian berkembang secara kontekstual dan lokalitas. 

Ketiga, kepolisian bertugas untuk kepentingan politik kerajaan dalam menjaga keamanan dan keteraturan warga. 

Perkembangan selanjutnya pada era globalisasi dan demokratisasi yang ditandai dengan legitimasi publik (public legitimacy) dan public consent  yang menekankan pada kekuasaan ditangan rakyat maka orientasi kepolisian dituntut sebagai institusi Negara yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan kepuasaan masyarakat. 

Hal ini menuntut Polri di dalam pelaksanaan tugas di bidang Harkamtibmas dan Kamdagri harus professional untuk membangun kepercayaan masyarakat. Upaya Polri dalam mewujudkan profesionalisme dan membangun kepercayaan masyarakat pada hakekatnya telah dirumuskan oleh pimpinan Polri sejak dahulu dan dikuatkan kembali pada saat ini oleh Kapolri Bapak Jenderal (Pol) Idham Azis untuk terwujudnya Polri yang makin profesional, modern, dan terpercaya (ProMoTer).

Berdasarkan pada arah kebijakan pemerintah yang menjadi acuan bagi arah kebijakan polri, dan dihadapkan  pada berbagai tantangan, permasalahan, tuntutan, harapan masyarakat, serta beberapa program pimpinan polri sebelumnya yang dapat dicontohkan pada saat kepemimpinan Bapak Jenderal Awaluddin Djamin telah memprogramkan kemandirian dan profesionalisme Polri yang didukung dengan pengimplementasioan polisi sipil. 

Selain itu, program pimpinan Polri sebelumnya terkait Reformasi Birokrasi Polri yang menekankan pada tiga masalah sentral yakni: interumental, struktural dan kultural dengan harapan terjadinya paradigma baru Polri di dalam pelaksanaan tugas Kepolisian.

Menurut Chairuddin Ismail di dalam bukunya Polisi Sipil dan Paradigma Baru Polri (Kumpulan Naskah Bahan Ceramah), Penerbit PT. Merlyn Lestari, Jakarta, 2009 hal. 4 bahwa Polri dalam rangka mewujudkan Polri yang modern maka Polri telah melakukan perubahan dari paradigma lama di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya menjadi Paradigma Baru yaitu Polisi Sipil.  

Paradigma baru Polri yang lebih berorientasi pada masyarakat sipil, memerlukan model kepemimpinan yang tepat, terutama dalam rangka menghadapi permasalahan-permasalahan nasional yang serba kompleks agar terwujudkan good governance dan clean governance serta permasalahan global yang serba tidak pasti adalah dengan mengedepankan konsepsi  “Civilian Police” yaitu polisi yang berorientasi pada kepentingan masyarakat (citizenry, civil right). 

Paradigma baru Polri secara terminologi diartikan sebagai frame of thingking (kerangka pikir) yang tidak bisa dilepaskan dari attitude (sikap) dan behaviour (perilaku). Jika paradigma diumpamakan sebagai bingkai kacamata maka sikap adalah lensanya dan perilaku adalah apa yang terkait dengannya. Sikap berperan sebagai kerangka pilar, sedangkan perilaku adalah bangunan yang merupakan implemetasinya. Paradigma adalah hasil dari suatu proses pembelajaran. 

Paradigma tidak berubah seketika namun ia dapat digeser (shifting paradigm). Pergeseran paradigma dapat berlangsung secara sukarela melalui proses pembelajaran dapat juga berlangsung secara terpaksa yang diawali oleh peristiwa yang traumatis.  

Artinya bahwa paradigma bukanlah sekedar perubahan teknologi, struktur kerja tetapi suatu perubahan cara berpikir kepemimpinan Polri.  Hal inilah yang seharusnya mendasari perubahan perilaku kepemimpinan Polri di dalam mengimpelementasikan perubahan paradigma baru Polri.
Editor: Amrizal

Sumber: KOMPOL. RONI BONIC, S.IK, MH

T#g: Blibli Matatelinga.com.matatelinga.com/matatelinga.com Matatelinga com Peran Polri Seagai Sosial Enginiring Traveloka indeksTerkini
Komentar
Selasa, 11 Agu 2020 23:00Nasional

Tingkatkan Minat Membaca Anak-Anak Perbatasan,

Kepedulian terhadap dunia pendidikan di tengah situasi pandemi covid-19, Perpustakaan Satgas Yonif 125/Si’mbisa sambangi anak-anak Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke Papua.

Selasa, 11 Agu 2020 22:22Berita Sumut

Bupati Sergai : Taat Pajak Adalah Kunci Pembangunan Desa Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Pembangunan Desa di Kecamatan Sei Bamban, Senin (10/8/2020). Kegiatan dimulai dari Kantor Desa Sei Bamban, Desa Sei Buluh Estate,

Selasa, 11 Agu 2020 21:42Nasional

Integrasi TNI-Polri Dukung Program Pembangunan SDM Unggul

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan tugas bersama seluruh komponen bangsa dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur.

Selasa, 11 Agu 2020 21:31Berita Sumut

Pemko Medan Siap Ikuti Regulasi Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyederhanaan Birokrasi Secara Virtual, Selasa (11/8).

Selasa, 11 Agu 2020 21:15Berita Sumut

Wabup Sergai: “Lestarikan Gotong Royong sebagai Identitas”

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya berkunjung ke Desa Pematang Terang Kecamatan Tanjung Beringin, Sabtu (08/08/2020). Kunjungannya ini juga bersamaan dengan kapasitasnya sebagai ketua komunitas sepeda motor “X-Trime Sergai”.

Selasa, 11 Agu 2020 20:00Nasional

Kabaharkam Polri Jadi Narasumber Manajemen Talenta Polri yang Diikuti Lulusan Akpol 2019

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menjadi narasumber pada kegiatan Manajemen Talenta Polri di Hotel Mercure Jakarta,

Selasa, 11 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Galang Kekompakan Raih Suara Dan Menang Dengan Tidak Merendahkan Yang Lain.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Asahan sudah semakin dekat, ekskalasi suhu politik juga sudah mulai menghangat, pasangan calon bupati dan wakil bupati Asahan periode 2020 - 2024 Surya - Taufik yang telah mengumpulkan 32 kursi dari 7 Partai P

Selasa, 11 Agu 2020 18:30Berita Sumut

Kasdam I/BB Terima Kunjungan Danjen Akademi TNI

Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan (Kasdam) Brigjen TNI Didied Pramudito menerima kunjungan Danjen Akademi TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han) beserta rombongan bertempat di Lounge room Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto km 7,5 Med

Selasa, 11 Agu 2020 18:15Berita Sumut

Kapolres Simalungun Tegaskan Jajarannya Siap Mengamankan Pelaksanaan Pilkada

Dalam rangka menyambut Pilkada di wilayah Kabupaten Simalungun. Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K hadiri kegiatan sosialisasi tahapan pemilu yang digelar oleh KPU di Hotel Sing A Song, Jl.Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (1

Selasa, 11 Agu 2020 18:00Berita Sumut

Keburu Diciduk Polisi, Oknum Wartawan dan Temannya Ini Gagal Sedot Sabu di Hotel

Kali ini Satuan Narkotika Polres Siantar mengamankan salah seorang oknum wartawan media online yang ada di Kota Pematang Siantar berinisial AK (31) warga Kelurahan Naga Pita Kecamatan Siantar Martoba dari salah satu kamar di Hotel Binaling, Senin (10/08)

Selasa, 11 Agu 2020 17:45Berita Sumut

Walikota Binjai Terima Kunjungan KKL Pasis Dikreg LIX Seskoad

Walikota Binjai H.M.Idaham SH. M.Si menerima kunjungan dari Kakorlap KKL Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LIX Seskoad TA 2020 di Binjai Command Center (BCC), senin (10/08/2020).

Selasa, 11 Agu 2020 17:30Berita Sumut

Kader Akar Rumput PDIP Tolak Bobby-Aulia

Sejumlah kader PDIP Kota Medan langsung bereaksi menyusul diumumkannya pasangan calon yang direkomendasikan DPP PDIP untuk Kota Medan, Selasa (11/8) Bobby Nasution - Aulia Rahman. Para kader menyatakan menolak pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman karena k

Selasa, 11 Agu 2020 17:15Berita Sumut

Pelaku Pembobol Rumah Mewah di Jalan Pinus Diciduk Polisi

Tim Tekab Polsek Medan Timur berhasil meringkus seorang pelaku pembobol rumah mewah yang berada di Jalan Pinus II Kelurahan Pulo Brayan, Medan Timur. Aksi pembobolan ini dilakukan pelaku berulang kali di rumah yang sama.

Selasa, 11 Agu 2020 17:00Ekonomi

Rupiah Ditutup Melemah 0,22% di level Rp14.680 Per Dolar AS

Akhir perdagangan Selasa (11/8/2020) Rupiah spot ditutup pada level Rp 14.680 per dolar Amerika Serikat (AS) melemah 0,22% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 14.648 per dolar AS.

Selasa, 11 Agu 2020 16:48Berita Sumut

Sempat Ancam Jurnalis, Warga Siantar Utara Ini Ditetapkan Sebagai Tersangka Narkoba

Seorang pria berinisial FAP (29), yang diamankan Sat Narkoba Polres Siantar dari Jalan Mojopahit Gang Kinantan, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Senin (10/8/2020) sore akhirnya ditetapkan jadi tersangka.

Selasa, 11 Agu 2020 16:33Berita Sumut

Walikota Binjai Hadiri Pelantikan PD KAMI Kota Binjai

Wali kota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si didampingi Ketua TP PKK kota Binjai, Hj. Lisa Andriani Lubis menghadiri acara pelantikan Pengurus Daerah Komunitas Aktivis Muda Indonesia (PD KAMI) kota Binjai, Senin (10/08/2020).