• Home
  • Opini
  • Sumut Juga Butuh Sentuhan Kaum Milenial

Sumut Juga Butuh Sentuhan Kaum Milenial

Meryl R Saragih Sabtu, 23 November 2019 15:20 WIB
Mtc/Ist
Meryl R Saragih
                                                         
                                                        Oleh : Meryl R Saragih
 
(Anggota DPRD Prof. Sumut Fraksi PDI Perjuangan Dapil Sumut II/Medan B dan Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut) 

Presiden Republik Indonesia telah menunjuk 7 anak muda sebagai staf khususnya pada kamis 21 November 2019 untuk membantu tugas-tugas sebagai presiden diberbagai bidang. Sebuah keputusan yang bagi sebagaian orang sangat mengejutkan dan mungkin saja dinilai sebagai keputusan yang serampangan dan menunjukkan kesombongan.

Namun sebagian kalangan menilai dari sudut pandang yang berbeda. Bahwa keputusan tersebut merupakan langkah strategis yang diambil oleh Presiden Joko Widodo untuk melihat Indonesia dari cara berpikir generasi milenial. Jokowi sangat memahami betul bahwa di era industri 4.0 anak mudalah yang begitu cepat untuk beradaptasi. Dan, keputusan merekrut generasi milenial bukan sebuah kesombongan melainkan kepercayaan diri sebagai seorang presiden yang memberikan kepercayaan kepada generasi muda untuk mengelola negara yang besar dengan berbagai dinamika permasalahannya seperti Indobesia.

Masa kerja Joko Widodo diperiode keduanya ini dengan fokus salah satunya membangun kualitas sumber daya manusia maka tentu yang menjadi objek pembangunan adalah generasi muda yang nantinya akan melanjutkan estafed kepemimpinan dan pembangunan di Indonesia. Karena itu Joko Widodo butuh pemikiran anak-anak muda yang memikirkan nasib seangkatannya kedepan. Hanya mereka yang mengetahui apa yang mereka butuhkan di masa depan. 

Joko Widodo menyakini bahwa cara berpikir generasi muda yang cenderung out of the box dan cenderung mengesampingkan resiko akan mampu memberikan terobosan baru yang tak terpikir oleh kaum tua yang senantiasa memikirkan resiko sehingga akhirnya tak bergerak sama sekali. Dengan anak-anak generasi milenial ini Joko Widodo ingin melompat jauh untuk mengejar ketertinggalan dan meraih kemajuan demi mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa yang terlebih dahulu telah memiliki kemajuan luar biasa.

Presiden menyadari bahwa anak muda adalah aset bangsa yang dapat memberikan kontribusi besar untuk pembangunan bangsa. Terlebih lagi bahwa Indonesia akan mendapatkab bonus demografi yaitu kurang labih saat ini ada 60 juta penduduk Indonesia merupakan anak-anak muda.

Sumut Perlu Sentuhan Muda

Staf khusus yang ditunjuk oleh Joko Widodo adalah anak-anak muda dengan beragam latar keilmuan yang cukup mumpuni. Dan sesungguhnya, anak-anak muda yang memiliki kemampuan dan keahlian dengan katagori profesional sangat banyak dan berserakan diseluruh wilayah Indonesia termasuk Sumatera Utara.

Apa yang dilakukan oleh Presiden untuk kepentingan generasi akan datang yang memiliki kualitas sumber daya manusia sepatutnya diikuti oleh masing-masing kepala daerah di Indonesia. Berani merekrut dan melibatkan anak-anak generasi milenial untuk membawa sistem pelayanan dan pembangunan di daerah-daerah beradaptasi dengan teknologi era idustri 4.0.

Demikian pula halnya untuk Provinsi Sumatera Utara. Sebuah provinsi besar dengan 33 kabupaten/kota yang berpenduduk kurang lebih 12 juta jiwa tentu sebagiannya adalah anak-anak muda. Patutlah kiranya Sumatera Utara juga disentuh oleh tangan-tangan ahli anak-anak muda karena memang Sumatera Utara butuh sentuhan anak-anak muda.

Sebaiknya Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi memperhatikan dan mengikuti apa yang dilakukan oleh Presiden hanya untuk satu tujuan yaitu melompat dan mengejar ketertinggakan Sunatera Utara diberbagai bidang sehingga cita-cita menjadikan Sumatera Utara bermartabat akan teralisasi.

Perhatikanlah berbagai persoalan dan ketertinggalan di Sumatera Utara yaitu, pertama, prestasi dalam dunia pendidikan. Tidak satupun universitas maupun sekolah-sekolah setingkat SLTA dan SLTP masuk dalam 10 besar terbaik, demikian juga prestasi perindividu siswa maupun mahasiswa, sangat langka menjadi juara diberbagai bidang pendidikan. Bukankah dunia pendidikan adalah dunia anak-anak muda ? Hanya anak-anak muda itulah yang mrngetahui jalan keluar dari berbagai persoalan dunianya.

Kedua, kreatifitas, inovasi dan produktifitas generasi muda Sumatera Utara belum mendapatkan tempat yang layak sebagaimana harusnya. Semua kreatifitas, temuan-temuan yang bersifat inovasi dan juga hasil karya original (produktifitas) anak-anak muda Sumatera Utara hanya menjadi konsumsi dikomunitas mereka saja. Pemerintah belum mampu mengakomodir hasil karya generasi muda. Dan hanya anak-anak muda itu saja yang tahu solusinya.

Ketiga, seni budaya. Untuk sektor ini sangat mudah mengetahuinya. Begitu banyak talenta seni di Sumatera Utara, begitu beragam warna budaya Sumatera Utara. Tetapi apakah sebanding dengan panggung-panggung yang ada dan di fasilitasi oleh pemerintah Sumatera Utara ? Tidak sebanding. Akhirnya, talenta-talenta seni  yang ada di genarasi muda menguap begitu saja ditelan persaingan fasilitas seni di provinsi lain seperti Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Demikian juga, talenta budaya dikhawatirkan hanya tinggal menjadi catatan dokumen di dinas seni dan budaya saja. 

Ketiga persoalan itu saja sudah cukup untuk menyatakan bahwa Sumatera Utara butuh sentuhan generasi milenial. Karena hanya mereka yang merasakan, membutuhkan dan tahu mencari solusinya. Mereka juga yang paling cepat beradaptasi dengan tekhnologi era 4.0 yang tengah bergerak menuju era industri 5.0.

Penutup

Visi Bapak Edy Rahmayadi sebagai Gubernur Sumatera Utara yang besar dan visioner. Dalam hal implementasi ada baiknya Gubernur membentuk tim akeslerasi pembangunan untuk percepatan pembangunan di Sumatera utara. Semuanya dapat dilakukan dengan adanya political will dari Gubernur.

Dengan adanya Tim Percepatan Pembangunan yang melibatkan stakeholder terutama generasi milenial tentunya Gubernur akan mendapatkan kekayaan berpikir yang inovatif dan adaptif terhadap berbagai perubahan dan percepatan teknologi. Tim ini mebjadi penasehat tanpa mengambil alih operasional teknis agar dapat menghadapi tantangan pembangunan kedepan.
Editor: Amrizal

T#g:Anggota DPRD SumutDapil II Sumutmatatelinga.commatatelinga comPemprovsuPresiden JokowiTerkiniTerkini Matatelingatv
Komentar
Jumat, 21 Feb 2020 22:52Berita Sumut

Robin Simatupang Berikan Bimbingan Kepada Peserta Diklat Bela Negara

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang,SH,M.Hum memberikan Bimbingan Peserta Diklat Bela Negara Binaan Kesbangpol Linmas Kabupaten Serdang Bedagai & TNI Kodim 0204/DS di Dusun V Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (21

Jumat, 21 Feb 2020 22:34Nasional

Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meninjau pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) wilayah ruas Indrapuri-Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (21/02/2020) sore.

Jumat, 21 Feb 2020 22:00Berita Sumut

Kapolres Sergai Sampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Nelayan

Kapolres Sergai bersama Kasat Pol Air Polres Sergai melaksanakan giat patroli di perairan Sergai untuk memberikan himbauan kepada para nelayan di pesisir pantai untuk bersama -sama membasmi peredaran narkoba dan sekaligus sambangi para nelayan di TPI Tan

Jumat, 21 Feb 2020 21:45Berita Sumut

Peran Jurnalis dan Pewarta Foto Sangat Dibutuhkan Dorong Kepedulian Lingkungan

Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, bersama Photographers Without Borders (PWB), YOSL-OIC, TFCA Sumatera, Leuser Conservation Partnership, menggelar diskusi fotografi lingkungan bertemakan Harmony With Natur

Jumat, 21 Feb 2020 21:45Nasional

Erick Thohir Hanya Butuh 3 Bulan Tutup BUMN Sekarat

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk melakukan penertiban perusahaan pelat merah yang masuk dalam kategori sekarat. Nantinya perusahaan ini bisa ditutup atau justru dilebur atau disatukan dengan cara holding.

Jumat, 21 Feb 2020 21:30Berita Sumut

Digrebek Polisi, Pengedar Ganja Dolok Sagala Masuk Bui

Dari hasil penggrebekan, BW (43) warga Sarang puah, Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai harus meringkuk di Sel Mapolsek Dolok Masihul setelah kedapatan Narkoba jenis Daun Ganja di rumahnya, Kamis (20/02/2020).

Jumat, 21 Feb 2020 21:22Berita Sumut

27 Warga Simalungun Keracunan Usai Menyantap Daging Anjing

Sebanyak 27 orang warga Desa Panombean Hutahurung, Kecamatan Hataran, Kabupaten Simalungun, Sumut mengalami keracunan usai menyantap daging anjing pada Rabu (19/2) . Daging anjing ini mereka beli secara patungan.

Jumat, 21 Feb 2020 21:15Berita Sumut

Akhyar : Stunting Menjadi Perhatian Kita Bersama

Dalam rangka persiapan kunjungan Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian pada minggu kedua bulan Maret ke lokasi stunting yang ada di Kota Medan tepatnya di Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan I

Jumat, 21 Feb 2020 21:00Nasional

Ratusan Murid SMPN 1 Turi Sleman Susur Sungai Saat Arus Deras, 4 Tewas

Ratusan murid yang melakukan penyusuran sungai, mengakibatkan hanyut ketika arus sungai yang deras di Sungai Sembor, Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat

Jumat, 21 Feb 2020 20:45Berita Sumut

Kagumi Aek Sijorni, Edy Rahmayadi Ajak Warga Jaga Keindahannya

Keindahan dan keasrian destinasi wisata Aek Sijorni membuat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terkagum-kagum. Airnya yang jernih mengalir deras di bebatuan cadas berundak menjadi pemandangan yang luar biasa dan membuat Gubernur betah berlama-l

Jumat, 21 Feb 2020 20:30Berita Sumut

Wabup Sergai H Darma Wijaya Hadiri Sertijab Kepala BPK RI

Wabup Sergai H Darma Wijaya Hadiri Sertijab Kepala BPK RI Perwakilan Sumut,di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Provsu di Medan Jalan Dipenegoro Medan, pada Jum'at (21/2/2020)

Jumat, 21 Feb 2020 20:15Ekonomi

Management XL Axiata Raih Penghargaan International

Mengawali tahun 2020, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih penghargaan dalam ajang internasional “15th Annual Customer Experience Management in Telecoms Global Summit 2020” yang berlangsung di London pada akhir Januari 2020 lalu.

Jumat, 21 Feb 2020 20:00Nasional

Bertemu Dua Menteri, Kepala Bakamla RI Sampaikan Keinginan Presiden RI

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melaksanakan pertemuan dua Menteri Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Jakarta

Jumat, 21 Feb 2020 19:45Berita Sumut

Pawai Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim pada Kegiatan MTQ XVI Kabupaten Sergai

Pawai Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim pada Kegiatan MTQ XVI Kabupaten Sergai Tahun 2020, yang dilaksankan di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan

Jumat, 21 Feb 2020 19:30Berita Sumut

Warga Ambacang Pemilik Narkotika Jenis Sabu

Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai mengamankan pemilik narkoba jenis Shabu Pada Kamis(20/2/2020) sekitar pukul 16.30 wib.

Jumat, 21 Feb 2020 19:15Berita Sumut

Polres Tanjungabali Menerima Kunjungan Tk/Darul Fikri Kota Tanjungbalai

Dihalaman Mapolres Tanjung Balai, Pada Kamis (20/2/2020) sekirapukul 09.10 Wib, Polres Tanjung Balai menerima Kunjungan Anak Anak TK/PAUD Darul Fikri Kota Tanjung Balai.