Komitmen Mebidang Tekan Penyebaran Covid-19 di Sumut

- Pergub Nomor 34/Tahun 2020 Terapkan Sanksi Bagi Pelanggaran Protokol Kesehatan
Mtc/James Rabu, 19 Agustus 2020 12:45 WIB
Matatelinga/Istimewa
NOTA KESEPAKATAN-Gubernur menyaksikan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Pemprov Sumut dengan Walikota Medan, Binjai dan Bupati Deliserdang untuk menekan penyebaran Covid-19 di tiga daerah, di Posko GTPP Covid-19 Sumut Jl. Jend. Sudirman Meda


MENINDAKLANJUTI instruksi Presiden terkait upaya untuk meningkatkan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease (Covid-19), Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 34/2020.

Upaya percepatan penanganan juga dilakukan Gubsu dengan menandatangani komitmen bersama dengan Walikota Medan, Binjai dan Bupati Deliserdang (Mebidang) untuk mengoptimalisasi percepatan penanganan Covid-19, Jumat (14/8). Langkah ini diharapkan dapat menjalin sinkronisasi program dan kegiatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Mebidang dengan GTPP Covid-19 Sumatera Utara.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyebutkan, Pergub No.34/2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Sumatera Utara telah ditetapkan mulai 10 Agustus 2020.


PENINGKATAN DISIPLIN-Gubernur melepas tim monitoring peningkatan disiplin protokol kesehatan sebagai tanda dimulainya penerapan Pergubsu Nomor 34/2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Sumut, Posko GTPP Covid-19 Sumut Jl. Jend. Sudirman Medan, Jumat (14/8).


Tujuan dari Pergub ini lanjutnya, untuk meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, memberikan perlindungan dari penyebaran dan penularan covid-19 serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam menekan penyebaran covid-19.   

“Peraturan ini akan memberikan kepastian hukum terhadap upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 di Sumatera Utara,” kata Edy.

Ditegaskannya, pelanggar prokotol kesehatan akan dikenakan sanksi berupa teguran lisan, teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif, dan penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Dalam Pergub ini kewajiban untuk mematuhi protokol kesehatan dikenakan tidak hanya kepada  perseorangan, melainkan juga pelaku usaha, pengelola penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum. Kewajiban yang dimaksud harus memfasilitasi pelaksanaan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumut.


APRESIASI- Gubernur menyerahkan piagam penghargaan sebagai apresiasi kepada perusahaan yang ikut membantu percepatan penanganan Covid-19 di Posko GTPP Covid-19 Sumut Jl. Jend. Sudirman Medan, Jumat (14/8).


Melalui komitmen bersama GTPP Covid-19 Sumut dan Mebidang, akan ditingkatkan aktivitas test, tracing, intervensi dan treatment bersama dalam penanggulangan covid-19 di Sumut. Pemerintah Provinsi Sumut akan berupaya untuk melakukan perlindungan masyarakat secara masif yakni menyediakan sarana dan prasarana cuci tangan pakai sabun yang mudah diakses dan memenuhi standar atau penyediaan cairan pembersih tangan juga membagikan masker.  

“Poin-poin itu saya mohon bisa dipenuhi ketiga daerah ini. Bila ada yang kurang bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, kita akan bantu. Mengapa kita fokuskan ketiga daerah ini? Karena di tiga daerah ini penyebaran covid-19 paling tinggi,” ujar Gubsu.

Kerjasama penanganan bersama Covid-19 ini juga telah membentuk tim monitoring yang terdiri dari unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, masyarakat dan dunia usaha. Tim ini akan bertugas untuk mensosialisasikan, mengedukasi dan mensimulasi protokol kesehatan. Selain itu, tim juga akan memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan tepat dan menindak pelanggarnya sesuai dengan aturan sanksi yang diterapkan dalam Pergub No. 34 tahun 2020.

Gerakan Membagikan Lima Juta Masker


LIMA JUTA MASKER-Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis menyerahkan masker kepada Ketua TP PKK Kabupaten/kota sebagai tanda dimulainya gerakan pembagian 5 juta masker, di Posko GTPP Covid-19 Sumut Jl. Jend. Sudirman Medan, Jumat (14/8).


Perlindungan kesehatan masyarakat secara masif akan dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut  melalui gerakan membagikan 5 juta masker. Gerakan ini merupakan implementasi dari Pergub No 34 tahun 2020 dan programnya bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Pembagian masker ini secara simbolis diserahkan Ketua TP PKK Pemprov Sumut Nawal Edy Rahmayadi kepada TP PKK Kabupaten/Kota di Posko GTPP Covid-19 Sumut usai penandatanganan MoU Percepatan Penanganan Covid-19 Mebidang, Jumat (14/8). Selanjutnya, masker akan disebarkan di daerah-daerah agar kedisiplinan masyarakat akan protokol kesehatan meningkat.

“Sekarang masker ini sudah menjadi bagian dari kita, seperti baju, celana, helm bila naik sepeda motor. Tetapi, tentu untuk membuatnya menjadi bagian dalam kegiatan sehari-hari kita tidak mudah, kita perlu mengedukasi dan mensosialisasikannya kepada masyarakat,” kata Nawal Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumut melalui Plt. Kadis Kominfo Sumut, Irman Oemar juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi besar dalam penanganan Covid-19 di Sumut. Irman menjelaskan Covid-19 harus dilawan bersama-sama, bukan hanya pemerintah, TNI atau Polri saja.

“Kami atas nama Gubernur Sumut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumut. Wabah ini memang harus kita perangi secara bersama-sama, kita harus bergandeng tangan karena kalau hanya pemerintah itu tidak akan cukup, masyarakat, TNI, Polri, pengusaha, semuanya, kita bergerak bersama melawan Covid-19,” terang Irman.

Salah satu cara yang paling efektif menekan penyebaran Covid-19  saat ini menurut Irman adalah agar setiap orang disiplin menerapkan protokol Kesehatan. Yaitu memakai masker bila merasa sakit atau saat berada di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menjaga daya tahan tubuh.




Editor: James P Pardede

Sumber: Dinas Kominfo Provsu

T#g: edy rahmayadiPergub
Komentar
Selasa, 29 Sep 2020 14:35Berita Sumut

Kapendam I/BB Apresiasi Warga Ikut Berjibaku di TMMD Ke-109

Kecintaan rakyat kepada TNI semakin terlihat nyata pada pelaksanaan program reguler Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA 2020 di enam Kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

Selasa, 29 Sep 2020 14:12Lifestyle

Nikita Mirzani Diranjang Katanya Bisa Orgasme Sebanyak 11 Kali

Memang nggak habis-habis buka suara soal urusan ranjang si Nikita Mirzani ini. Selain bisa bercinta dengan dua pria dalam sehari, dia bisa orgasme sebanyak 11 kali.

Selasa, 29 Sep 2020 13:30Nasional

Panglima TNI Buka Lomba Bersepeda TNI-Pacific Virtual Fun Bike Tahun 2020

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., secara resmi membuka Lomba TNI-Pacific Virtual Fun Bike sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), bertempat di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sela

Selasa, 29 Sep 2020 13:03Berita Sumut

Pjs. Bupati Sergai Awali Tugas Pimpin Rakor Pemerintahan dan Pembangunan

Hari pertama dalam menjalankan tugasnya sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si langsung memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan dan Pembangunan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,

Selasa, 29 Sep 2020 12:45Berita Sumut

Kabaharkam Perkenalkan Helm Smart KC Wearble

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memperkenalkan helm smart kc weareble. Perkenalan helm smart ini dilakukan saat Kabaharkam datang ke Mapolda Sumut dalam agenda kunjungan kerja, Selasa (29/9).

Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

4 Kawanan "Becak Hantu" Diringkus, 1 Bandit Terpaksa di Dor Kakinya

Kawanan maling "Becak Hantu" digulung Personel Subnit Jatanras Unit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan di mana dalam suatu penyergapan dari 2 lokasi berbeda.

Selasa, 29 Sep 2020 12:30Berita Sumut

Akhyar Sampaikan Duka Mendalam atas Kepergian Sahabatnya Parulian Tampulobon

Akhyar Nasution mengaku sangat sedih mendengar wafatnya Parulian Tampubolon, Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Kota Medan akibat infeksi virus Covid-19 pada Senin (28/9/2020). Akhyar mengaku sangat dekat dengan almarhum karena sama-sama akti

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Dua Pelaku Curat Modus 'Becak Hantu' Diciduk Polisi

Petugas Subnit Jatanras Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan ciduk dua pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) ketika beraksi di Kampus AMIK MPP Jalan Jamin Ginting kawasan Padang Bulan, Medan.

Selasa, 29 Sep 2020 12:15Berita Sumut

Kapolda Sumut Sambut Kedatangan Kabaharkam Polri di Bandara Kualanamu

Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH tiba di Bandara Kualanamu International Airport, Selasa (29/09) sekira pukul 09.45 Wib. Kedatangan Kabaharkam Polri disambut Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si dan Pejabat Utama Pol

Selasa, 29 Sep 2020 12:00Berita Sumut

Usai Cabuli Anak Tirinya Berkali-kali, Pria Ini Kabur Dari Rumah

Seorang remaja wanita sebut saja Mawar (16) warga Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, harus melaporkan ayah tirinya L (28) ke Mapolsek Medan Labuhan pada Senin (28/09/2020) siang. Korban melaporkan perbuatan sang ayah tiri tega mencabuli

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Lifestyle

Harga HP Realme Terbaru Cuma Rp1 Jutaan Aja Loh !

Saat ini HP Realme masih menjadi alternatif pilihan HP murah. Daftar lengkap harga HP Realme terbaru berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih HP baru.

Selasa, 29 Sep 2020 11:30Berita Sumut

Kantor DPD Demokrat Sumut Didemo, Massa Tuntut AHY Selamatkan Partai

Belasan massa dari Aliansi Rakyat Indonesia Pendukung Partai Demokrat (ARIP Demokrat) berunjuk rasa di depan Kantor DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, Jalan Gatot Subroto, Medan, Senin 28 September 2020.

Selasa, 29 Sep 2020 11:15Berita Sumut

Dandim 0208/Asahan : Terima Kasih Kepada Tokoh Masyarakat dan Warga Sekitar di TMMD 109

Komandan Kodim 0208/Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh sekaligus Dansatgas TMMD 109 dalam hal ini mengungkapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat dan antusiasnya warga dalam TMMD 109, wujud nyata kemanunggalan

Selasa, 29 Sep 2020 11:00Lifestyle

Catat ! 7 Drama Korea Terbaru 2020 yang Tayang Oktober

Ada beberapa drama Korea terbaru 2020 yang tayang Oktober sudah gencar promosi. Salah satunya adalah drama Korea terbaru Start-Up.

Selasa, 29 Sep 2020 10:45Berita Sumut

Sudah Nyaman dan Aman, Ikatan Alumni FE UMSU Ikhlas Dukung Akhyar

Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mendatangi kediaman Calon Walikota Medan, Akhyar Nasution di Jalan Intertip, Komplek Wartawan, Selasa (29/9/2020) pagi.

Selasa, 29 Sep 2020 10:30Ekonomi

Kurs Rupiah Naik di Level Rp14.920 Per Dolar di Awal Perdagangan

Awal perdagangan Selasa (29/9). Pukul 10.08 WIB Rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) menguat di pasar spot.