• Home
  • Advertorial
  • Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga Kamis, 17 Oktober 2019 17:00 WIB
Hand Over
AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga
Terjadinya sebuah peristiwa kebakaran/pembakaran, biasanya akan membutuhkan waktu untuk melakukan penyelidikannya (investigasinya). Yang seringkali terjadi kendala dalam penanganan kasus pengungkapan tindak pidana kebakaran/pembakaran ini disebabkan karena stakeholder terkait masalah kebakaran masih melakukan tugasnya sendiri-sendiri belum terkoordinir.

Oleh : AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga

Dalam setiap kasus kebakaran, pihak berwenang selalu berusaha mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran. Terkadang disebutkan bahwa kasus kebakaran disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek listrik, kompor meledak, obat nyamuk bakar yang tidak disengaja membakar tempat lain, ledakan charger handphone dan sebagainya.

Melalui beberapa contoh di atas, masyarakat perlu menyadari bahwa begitu banyak fire hazard yang ada disekeliling kita. Hal ini perlu ditangani secara serius sebab bila kebakaran telah terjadi, dapat merugikan pihak terkait dalam banyak sisi seperti ekonomi, psikologis, termasuk pendidikan dan politik.


Menyikapi permasalahan yang dihadapi dalam pengungkapan kasus tindak pidana kebakaran/pembakaran, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Subdit I TP Kamneg Unit 5 spesialis dalam menangani kasus kebakaran/pembakaran yang terjadi di wilayah hukum Polda Sumut menyampaikan pentingnya sinergi dan kerjasama antar stakeholder dalam pengungkapan penyelidikan dan penyidikan.

Strategi dalam penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran yang terjadi antar stakeholder (Ditreskrimum, Bidang Labfor, Kabiddokkes, RS Bhayangkara Medan dan Identifikasi) adalah satu kesatuan antar pemangku kepentingan dalam pengungkapan kasus kebakaran.

Mengingat salah satu sampel yang ditangani oleh Polres Labuhan Batu Polda Sumut telah terjadi kebakaran gudang barang bekas milik ASR, namun terdapat hambatan di penyidikan karena berdasarkan hasil pemeriksaan di tempat kejadian perkara (TKP) oleh Labfor Cabang Medan, yang mana setelah kejadian lokasi kebakaran langsung dibersihkan dan dibangun kembali oleh korban, sehingga penyebab teknis terjadinya api pertama penyebab kebakaran tidak dapat ditentukan secara teknis kriminalistik (TKP tidak status Quo) karena pada saat kejadian Labfor Cabang Medan tidak mengetahui sehingga tidak langsung ke TKP.

Dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka dalam penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran yang terjadi harus memiliki strategi dalam suatu pendekatan yang saling berkaitan dengan gagasan, perencanaan serta eksekusi dalam aktivitas yang memiliki kurun waktu tertentu dan masih menemui beberapa hambatan secara langsung.

Oleh karena itu, dalam mendukung peningkatan kinerja Kepolisian Daerah Sumatera Utara dalam membantu penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran di Wilayah Hukum Polda Sumut guna terungkapnya kasus tersebut dengan proses akselerasi. Dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVII Tahun 2019, Kasubdit I TP Kamneg telah membuat sebuah terobosan yang diharapkan mampu memberikan nilai tambah dalam meningkatkan penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran guna terciptanya kondisi ideal baik sarana prasarana serta mekanisme penanganan dalam memberikan kepastian hukum.

Dari uraian permasalahan yang dihadapi, maka secara tidak langsung memberikan motivasi yang lebih baik lagi dalam membuat terobosan secara nyata dan bermanfaat, serta berbudaya guna dalam proses pengungkapan kasus kebakaran dalam percepatan mewujudkan Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara yang profesional, modern dan terpercaya (Promoter).

Setelah berkonsultasi dengan Pimpinan Polda Sumut, project leader (penulis) diberikan arahan untuk merancang suatu proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran dan pembakarn melalui penguatan antar pemangku kepentingan di wilayah hukum Polda Sumut.

Proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran, tujuan jangka pendeknya adalah terwujudnya Tim Terpadu guna akselesari penanganan kebakaran dan pembakaran secara sinergi antar pemangku kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut serta memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dalam setiap pengungkapannya.

Tujuan jangka menengah, melanjutkan implementasi proyek perubahan dengan mensosialisasikannya ke Polres-Polres di wilayah hukum Polda Sumut dalam menangani kasus kebakaran yang ada dan membentuk Tim Terpadu di Polres se-jajaran Polda Sumut.

Tujuan jangka panjang, membangun tim terpadu dalam penanganan kasus kebakaran dan pembakaran secara permanen yang didukung dengan anggaran serta sarana dan prasarana yang memadai saat turun langsung ke lapangan.

Manfaat yang diperoleh dari proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran dan pembakarn melalui penguatan antar pemangku kepentingan di wilayah hukum Polda Sumut ini adalah terwujudnya pengungkapan kasus yang dilakukan oleh penyidik dengan cepat, tepat dan akuntabel tanpa adanya kendala dan hambatan dalam penanganannya.



Dengan program dan pembentukan tim terpadu ini, maka akan tercipta sinergi dalam penanganan antar stakeholder dengan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing stakeholder.

Program ini juga diharapkan terwujudnya tata laksana organisai, berupa penanganan kasus kebakaran dengan cepat, tepat dan akuntabel dalam meningkatkan kepercayaan publik, terwujudnya sumber daya anggota Polri jajaran Polda Sumut yang profesional, proporsional dan humanis, dalam
pelaksanaan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat khususnya pada lingkup Polda Sumut serta terwujudnya perubahan budaya kerja (kultur set dan mind set) yang berorientasi pelayanan prima dengan ikhlas dan bertanggungjawab.

Dalam mengoptimalkan pelaksanaan proyek perubahan terkait dengan "Membangun Sinergi Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut", penulis telah menetapkan tata kelola proyek perubahan dan menjalankannya selama beberapa bulan.

Tata kelola proyek perubahan ini didukung oleh mentor Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH, coach Gugum Gumelar, SH,MH dan didukung Tim Kerja I (Administrasi), Tim Kerja II (Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi) serta stakeholder internal (Kapolda Sumut, Wakapolda Sumut, Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Sumut dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut)-eksternal (Kabid Labfor Polda Sumut, Kabiddokkes, Kepala RS Bhayangkara Medan, Kepala BPBD Prov Sumut, Kadis Sosial Provsu, Kepala DP2K Medan, LSM, Pengusaha, Industri, Wartawan/Media dan Masyarakat).


Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH, menyambut baik program ini. Dengan adanya program ini, ke depan ada upaya untuk membentuk sebuah tim terpadu yang bisa menangangi masalah kebakaran/pembakaran secara terpadu.

"Membangun sinergi dan komunikasi antar pemangku kepentingan perlu sosialisasi dan kerjasama yang erat. Hanya dengan komunikasi dan sinergi yang erat antar pemangku kepentingan yang disatukan dalam sebuah tim akan memudahkan proses pengungkapan sebuah kasus kebakaran/pembakaran," kata Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH.

Untuk pencapaian kesamaan persepsi dalam menjalankan proyek/program ini, perlu dibangun sinergi antar pemangku kepentingan dan melakukan pembagian tugas fleksibel dan melakukan pendekatan secara pribadi dan komunikasi kepada anggota tim agar dapat membagi waktu dalam tugas rutin, serta dalam tugas tim efektif untuk mengimplementasikan proyek perubahan.

Melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan stake holders dan menyesuaikan jadwal koordinasi dalam mengimplementasikan proyek perubahan serta memberikan peran yang besar kepada stake holders untuk terlibat secara langsung dalam proyek perubahan, diselaraskan dengan kegiatan rutin lainnya, sehingga dapat selaras dan tercapai target pelaksanaan tugas dan dalam implementasi proyek perubahan.

*) Penulis adalah Kasubdit I TP Kamneg Ditreskrimum Polda Sumatera Utara
Editor: James P Pardede

T#g:
Komentar
Kamis, 01 Okt 2020 18:31Berita Sumut

BPODT Terima Rombongan Praeses HKBP Distrik III Toba

Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Bambang Cahyo Murdoko menerima kunjungan rombongan Praeses HKBP Distrik III Toba yang dipimpin Pdt. Tumpak Siahaan STh, di Tourist Information Center (TIC) The Kaldera

Kamis, 01 Okt 2020 17:45Berita Sumut

GKN di Multatuli, Tekab Polsek Medan Kota Ciduk 4 Pelaku Narkoba

Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Medan Kota meringkus 4 orang pria yang diduga sebagai pemakai narkoba saat melaksanakan Gerebek Kampung Narkoba (GKN) di kawasan Jalan Multatuli Lingkungan I, Kelurahan Hamdan, Medan Maimun.

Kamis, 01 Okt 2020 17:30Berita Sumut

Lecehkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah, YouTuber Asal Medan Dituntut 7 Bulan Bui

YouTuber Aleh-Aleh Khas Medan, Rahmat Hidayat alias Aleh (19) warga Jalan Ileng Gang Nangka LK II Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan ini dituntut 7 bulan penjara. Dia dinilai bersalah dalam kasus UU Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Kamis, 01 Okt 2020 17:15Berita Sumut

Wanita Asal Medan Dibunuh 3 Rekannya di Humbahas, Korban Juga Diperkosa

Seorang wanita asal Medan bernama Kurnia Maya Sari (33) ditemukan tewas di sebuah gubuk di Perladangan Sayur di Desa Sait Nihuta Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (28/9). Korban ternyata dibunuh 3 rekan kerjanya

Kamis, 01 Okt 2020 17:00Ekonomi

Sore Ini, Harga Emas spot Naik di Level US$1.896,31 Per Ons Troi

Akhir perdagangan Kamis (1/10/2020) pukul 15.06 WIB, harga emas spot berada di level US$ 1.896,31 per ons troi alias menguat 0,56% di pasar spot.

Kamis, 01 Okt 2020 16:50Berita Sumut

Pangdam I/BB : Kenaikan Pangkat meningkatkan Etos Kerja

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA, M.Sc menerima acara Korp Raport Kenaikan Pangkat Pamen Kodam I/BB, acara digelar di Serambi Kehormatan Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto km 7,5 Medan pada Kamis, (1/10/2020).

Kamis, 01 Okt 2020 16:45Ekonomi

IHSG Naik 2,05% ke Level 4.970,09 di Akhir Perdagangan

Akhir perdagangan Kamis (1/10/2020) sore ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melonjak setelah turun dalam tiga hari perdagangan sebelumnya.

Kamis, 01 Okt 2020 16:25Berita Sumut

Arief: Kebijakan & Keputusan Diambil Dengan Berbasis Data

Pjs Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT melakukan pengecekan data jumlah kasus terbaru Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Medan di Command Center Balai Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kamis (1/10). Hal ini dilakukan guna mengetah

Kamis, 01 Okt 2020 16:15Berita Sumut

Ketua DPD Sumut: TMMD Ke-109 Wujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI

Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan merupakan hal yang gampang. Tapi upaya pemecah belah itu, diduga selalu ada.

Kamis, 01 Okt 2020 16:10Berita Sumut

Pedagang Es Tebu Berterimakasih Pada Kodim 0208/Asahan

Adanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 yang juga dilaksanakan diseluruh Indonesia terdiri dari 50 Kodim, tapi yang mengikuti kegiatan 47 Kodim. Termasuk Kodim 0208/Asahan yang dipusatkan diBatu Bara membuat masyarakat senang.

Kamis, 01 Okt 2020 15:54Berita Sumut

Program TMMD Ke-109 adalah Wujud Dari Butir Pancasila

Segala Kegiatan yang dilakukan pada agenda TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109. Merupakan wujud dari butir-butir Pancasila.

Kamis, 01 Okt 2020 15:47Berita Sumut

Tersangka Dugaan Keterangan Palsu Dikonfrontir dengan Korban

Penyidik Subdit II/Harda-Bangtah Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut melakukan konfrontir terhadap tersangka kasus dugaan penipuan dan penempatan keterangan palsu dengan korban Tansri Chandra, Selasa (29/9).

Kamis, 01 Okt 2020 15:32Berita Sumut

Sidang Kasus Narkoba Oknum Polisi, Hakim Pertanyakan Status Kanit Reskrim Hamparan Perak

Oknum Panit Reskrim Polsek Hamparan Perak, Jenry Heriono dan Kiki Kusworo alias Kibo menjalani sidang perdana kasus kepemilikan dan peredaran sabu dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Penuntut Fransisca Panggabean yang dilanjutkan dengan keterangan saksi.

Kamis, 01 Okt 2020 15:01Ekonomi

BPS Sumut: Kota Medan Alami Deflasi 0,05 persen

Berdasarkan hasil pemantauan Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan ini Kota Medan deflasi 0,05 persen.

Kamis, 01 Okt 2020 14:59Berita Sumut

Tak Patuhi Prokes, Gubsu Minta Waterpark yang Viral Karena Kerumunan Orang Ditutup

Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi angkat bicara terkait kerumuman orang di Hairos Waterpark di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Menurutnya tindakan pengelola jelas melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Kamis, 01 Okt 2020 14:45Berita Sumut

Pemko PSP Launching BSB PKH

Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melaksanakan Launching Bantuan Sosial Beras (BSB) Program Keluarga Harapan (PKH), Kamis (1/10) di Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan.