• Home
  • Advertorial
  • Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

Membangun Sinergitas Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut

AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga Kamis, 17 Oktober 2019 17:00 WIB
Hand Over
AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga
Terjadinya sebuah peristiwa kebakaran/pembakaran, biasanya akan membutuhkan waktu untuk melakukan penyelidikannya (investigasinya). Yang seringkali terjadi kendala dalam penanganan kasus pengungkapan tindak pidana kebakaran/pembakaran ini disebabkan karena stakeholder terkait masalah kebakaran masih melakukan tugasnya sendiri-sendiri belum terkoordinir.

Oleh : AKBP Drs. Simon Paulus Sinulingga

Dalam setiap kasus kebakaran, pihak berwenang selalu berusaha mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran. Terkadang disebutkan bahwa kasus kebakaran disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek listrik, kompor meledak, obat nyamuk bakar yang tidak disengaja membakar tempat lain, ledakan charger handphone dan sebagainya.

Melalui beberapa contoh di atas, masyarakat perlu menyadari bahwa begitu banyak fire hazard yang ada disekeliling kita. Hal ini perlu ditangani secara serius sebab bila kebakaran telah terjadi, dapat merugikan pihak terkait dalam banyak sisi seperti ekonomi, psikologis, termasuk pendidikan dan politik.


Menyikapi permasalahan yang dihadapi dalam pengungkapan kasus tindak pidana kebakaran/pembakaran, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Subdit I TP Kamneg Unit 5 spesialis dalam menangani kasus kebakaran/pembakaran yang terjadi di wilayah hukum Polda Sumut menyampaikan pentingnya sinergi dan kerjasama antar stakeholder dalam pengungkapan penyelidikan dan penyidikan.

Strategi dalam penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran yang terjadi antar stakeholder (Ditreskrimum, Bidang Labfor, Kabiddokkes, RS Bhayangkara Medan dan Identifikasi) adalah satu kesatuan antar pemangku kepentingan dalam pengungkapan kasus kebakaran.

Mengingat salah satu sampel yang ditangani oleh Polres Labuhan Batu Polda Sumut telah terjadi kebakaran gudang barang bekas milik ASR, namun terdapat hambatan di penyidikan karena berdasarkan hasil pemeriksaan di tempat kejadian perkara (TKP) oleh Labfor Cabang Medan, yang mana setelah kejadian lokasi kebakaran langsung dibersihkan dan dibangun kembali oleh korban, sehingga penyebab teknis terjadinya api pertama penyebab kebakaran tidak dapat ditentukan secara teknis kriminalistik (TKP tidak status Quo) karena pada saat kejadian Labfor Cabang Medan tidak mengetahui sehingga tidak langsung ke TKP.

Dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka dalam penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran yang terjadi harus memiliki strategi dalam suatu pendekatan yang saling berkaitan dengan gagasan, perencanaan serta eksekusi dalam aktivitas yang memiliki kurun waktu tertentu dan masih menemui beberapa hambatan secara langsung.

Oleh karena itu, dalam mendukung peningkatan kinerja Kepolisian Daerah Sumatera Utara dalam membantu penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran di Wilayah Hukum Polda Sumut guna terungkapnya kasus tersebut dengan proses akselerasi. Dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVII Tahun 2019, Kasubdit I TP Kamneg telah membuat sebuah terobosan yang diharapkan mampu memberikan nilai tambah dalam meningkatkan penanganan tindak pidana kebakaran/pembakaran guna terciptanya kondisi ideal baik sarana prasarana serta mekanisme penanganan dalam memberikan kepastian hukum.

Dari uraian permasalahan yang dihadapi, maka secara tidak langsung memberikan motivasi yang lebih baik lagi dalam membuat terobosan secara nyata dan bermanfaat, serta berbudaya guna dalam proses pengungkapan kasus kebakaran dalam percepatan mewujudkan Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara yang profesional, modern dan terpercaya (Promoter).

Setelah berkonsultasi dengan Pimpinan Polda Sumut, project leader (penulis) diberikan arahan untuk merancang suatu proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran dan pembakarn melalui penguatan antar pemangku kepentingan di wilayah hukum Polda Sumut.

Proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran, tujuan jangka pendeknya adalah terwujudnya Tim Terpadu guna akselesari penanganan kebakaran dan pembakaran secara sinergi antar pemangku kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut serta memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dalam setiap pengungkapannya.

Tujuan jangka menengah, melanjutkan implementasi proyek perubahan dengan mensosialisasikannya ke Polres-Polres di wilayah hukum Polda Sumut dalam menangani kasus kebakaran yang ada dan membentuk Tim Terpadu di Polres se-jajaran Polda Sumut.

Tujuan jangka panjang, membangun tim terpadu dalam penanganan kasus kebakaran dan pembakaran secara permanen yang didukung dengan anggaran serta sarana dan prasarana yang memadai saat turun langsung ke lapangan.

Manfaat yang diperoleh dari proyek perubahan berupa inovasi dalam membangun sinergi penanganan kebakaran dan pembakarn melalui penguatan antar pemangku kepentingan di wilayah hukum Polda Sumut ini adalah terwujudnya pengungkapan kasus yang dilakukan oleh penyidik dengan cepat, tepat dan akuntabel tanpa adanya kendala dan hambatan dalam penanganannya.



Dengan program dan pembentukan tim terpadu ini, maka akan tercipta sinergi dalam penanganan antar stakeholder dengan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing stakeholder.

Program ini juga diharapkan terwujudnya tata laksana organisai, berupa penanganan kasus kebakaran dengan cepat, tepat dan akuntabel dalam meningkatkan kepercayaan publik, terwujudnya sumber daya anggota Polri jajaran Polda Sumut yang profesional, proporsional dan humanis, dalam
pelaksanaan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat khususnya pada lingkup Polda Sumut serta terwujudnya perubahan budaya kerja (kultur set dan mind set) yang berorientasi pelayanan prima dengan ikhlas dan bertanggungjawab.

Dalam mengoptimalkan pelaksanaan proyek perubahan terkait dengan "Membangun Sinergi Penanganan Kebakaran dan Pembakaran Melalui Penguatan Antar Pemangku Kepentingan di Wilayah Hukum Polda Sumut", penulis telah menetapkan tata kelola proyek perubahan dan menjalankannya selama beberapa bulan.

Tata kelola proyek perubahan ini didukung oleh mentor Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH, coach Gugum Gumelar, SH,MH dan didukung Tim Kerja I (Administrasi), Tim Kerja II (Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi) serta stakeholder internal (Kapolda Sumut, Wakapolda Sumut, Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Sumut dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut)-eksternal (Kabid Labfor Polda Sumut, Kabiddokkes, Kepala RS Bhayangkara Medan, Kepala BPBD Prov Sumut, Kadis Sosial Provsu, Kepala DP2K Medan, LSM, Pengusaha, Industri, Wartawan/Media dan Masyarakat).


Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH, menyambut baik program ini. Dengan adanya program ini, ke depan ada upaya untuk membentuk sebuah tim terpadu yang bisa menangangi masalah kebakaran/pembakaran secara terpadu.

"Membangun sinergi dan komunikasi antar pemangku kepentingan perlu sosialisasi dan kerjasama yang erat. Hanya dengan komunikasi dan sinergi yang erat antar pemangku kepentingan yang disatukan dalam sebuah tim akan memudahkan proses pengungkapan sebuah kasus kebakaran/pembakaran," kata Kombes Pol Andi Rian Djajadi, SIK, MH.

Untuk pencapaian kesamaan persepsi dalam menjalankan proyek/program ini, perlu dibangun sinergi antar pemangku kepentingan dan melakukan pembagian tugas fleksibel dan melakukan pendekatan secara pribadi dan komunikasi kepada anggota tim agar dapat membagi waktu dalam tugas rutin, serta dalam tugas tim efektif untuk mengimplementasikan proyek perubahan.

Melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan stake holders dan menyesuaikan jadwal koordinasi dalam mengimplementasikan proyek perubahan serta memberikan peran yang besar kepada stake holders untuk terlibat secara langsung dalam proyek perubahan, diselaraskan dengan kegiatan rutin lainnya, sehingga dapat selaras dan tercapai target pelaksanaan tugas dan dalam implementasi proyek perubahan.

*) Penulis adalah Kasubdit I TP Kamneg Ditreskrimum Polda Sumatera Utara
Editor: James P Pardede

T#g:
Komentar
Selasa, 25 Feb 2020 09:00Berita Sumut

Mahasiswa Wuhan Asal Sumut Yang Kembali ke Kampung Halaman

Diza Laila ,18, salah seorang mahasiswa Indonesia di Wuhan, China asal Sumatera Utara (Sumut) akhirnya dapat kembali ke kediamannya di Medan, setelah melalui proses yang panjang, hingga di karantina di Natuna Kepulauan Riau.

Selasa, 25 Feb 2020 08:45Aceh

Puluhan Nelayan Asal Aceh, di Tangkap Otoritas Thailand

Otoritas Thailand menangkap lebih kurang 33 nelayan asal Aceh Timur, Provinsi Aceh dengan dugaan mencuri ikan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) negara setempat, tiga di antaranya masih di bawah umur.

Selasa, 25 Feb 2020 08:30Berita Sumut

Adengan Perkelahian Perempuan, Viral di Medsos

Video berdurasi 28 detik menunjukkan adegan perkelahian dua perempuan yang diduga siswi

Selasa, 25 Feb 2020 08:00Bola

Jangan Lewatkan Laga Barcelona VS Napoli

Pertandingan antara Barcelona melawan Napoli di leg I babak 16 besar Liga Champions 2019-2020

Selasa, 25 Feb 2020 07:45Ekonomi

Rupiah Ditutup Melemah 112 poin, Akibat Virus Corona

Rupiah ditutup melemah 112 poin atau 0,81 persen menjadi Rp13.872 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.760 per dolar AS.

Selasa, 25 Feb 2020 07:30Nasional

Lebay ! Diputusin Pacar, Pelajar di Jambi Tawuran

Pelajar SMKN 1 Kota Jambi dengan SMKN 3 Kota Jambi terlibat tawuran di sepanjang ruas jalan A Thalib, Kelurahan Simpang IV Sipin, Telainaipura, Kota Jambi, Senin sore (24/2/2020).

Selasa, 25 Feb 2020 07:15Bola

Drama Lima Gol Hiasi Kemenangan The Reds

Liverpool melakoni matchday ke-27 Liga Inggris musim 2019-2020 dengan menjamu West Ham United di Anfield Stadium, pada Selasa (25/2/2020) dini hari WIB. Tampil menekan, Liverpool pun berhasil menyudahi laga kontra West Ham dengan kemenangan 3-2.

Selasa, 25 Feb 2020 07:00Nasional

Mantan Sekda Jabar Dituntut 6 Tahun Penjara

Mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa, dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Iwa dinilai bersalah telah menerima suap Rp400 juta untuk kepentingan proyek Meikarta.

Selasa, 25 Feb 2020 06:45Berita Sumut

Tak Tahan Selalu Dikasari Suaminya Yang Stroke

Sebilah tembilang bergagang kayu, kayu broti yang patah 3 bagian, dan sebatang kayu gagang sapu yang juga sudah patah 3 bagian diletakkan di meja saat konferensi pers kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan korban

Selasa, 25 Feb 2020 06:30Nasional

Temui Kasal, Kepala Bakamla RI Disambut Dengan Vallreef

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melakukan kunjungan ke Mabes TNI AL di Gedung Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur,

Selasa, 25 Feb 2020 06:15Berita Sumut

Sabrina Paparkan Peluang Investasi Unggulan Sumut

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki banyak potensi investasi yang dapat dikerjasamakan dengan para investor dari luar negeri termasuk dari Belgia.

Selasa, 25 Feb 2020 06:00Nasional

Mendagri Minta 'Budaya Amplop' Dihilangkan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membuka secara resmi Rakornas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPDSM) Kemendagri, di Kampus BPSDM, Kalibata, Jakarta Selatan

Senin, 24 Feb 2020 22:19Berita Sumut

Kapolres Bersama Forkopimda Kabupaten Asahan Resmikan Gedung Olahraga

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. beserta Forkopimda Kabupaten Asahan

Senin, 24 Feb 2020 21:00Berita Sumut

Kapolres Sergai : Jangan Ada Anggota Yang Beking Narkoba dan Judi

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang, SH,MHum, menjadi pembina upacara bendera di Lapangan Apel Mapolres Serdang Bedagai, Senin (24/2/2020).

Senin, 24 Feb 2020 20:34Berita Sumut

Kapolres Asahan Bakti Sosial ke Sejumlah Panti Jompo dan Panti Asuhan di Kota Kisaran

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Asahan Ny. Dodot Faisal Napitupulu

Senin, 24 Feb 2020 20:19Berita Sumut

Usai Diwisuda, Akhyar Ajak 2.509 Lulusan USU Aplikasikan Ilmu untuk Pembangunan

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution Msi resmi dilantik Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu bersama dengan 2.509 lulusan Fakultas Teknik program profesi insinyur, diploma, sarjana,