• Home
  • Pedoman Media Siber

Pedoman Media Siber

Rabu, 18 Januari 2017 05:50 WIB
Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:


1. Ruang Lingkup

a. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.


2. Verifikasi dan keberimbangan berita

a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

    1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

    2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

    3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

    4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.


3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

    1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

    2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

    3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).


4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

    1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

    2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

    3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).


5. Pencabutan Berita

a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.


6. Iklan

a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan "advertorial", "iklan&", "ads", "sponsored", atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.


7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.


8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.


9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.


 
Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).
Selasa, 29 Sep 2020 11:30Lifestyle

Harga HP Realme Terbaru Cuma Rp1 Jutaan Aja Loh !

Saat ini HP Realme masih menjadi alternatif pilihan HP murah. Daftar lengkap harga HP Realme terbaru berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih HP baru.

Selasa, 29 Sep 2020 11:15Berita Sumut

Dandim 0208/Asahan : Terima Kasih Kepada Tokoh Masyarakat dan Warga Sekitar di TMMD 109

Komandan Kodim 0208/Asahan, Letkol Inf Sri Marantika Beruh sekaligus Dansatgas TMMD 109 dalam hal ini mengungkapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat dan antusiasnya warga dalam TMMD 109, wujud nyata kemanunggalan

Selasa, 29 Sep 2020 11:00Lifestyle

Catat ! 7 Drama Korea Terbaru 2020 yang Tayang Oktober

Ada beberapa drama Korea terbaru 2020 yang tayang Oktober sudah gencar promosi. Salah satunya adalah drama Korea terbaru Start-Up.

Selasa, 29 Sep 2020 10:45Berita Sumut

Sudah Nyaman dan Aman, Ikatan Alumni FE UMSU Ikhlas Dukung Akhyar

Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mendatangi kediaman Calon Walikota Medan, Akhyar Nasution di Jalan Intertip, Komplek Wartawan, Selasa (29/9/2020) pagi.

Selasa, 29 Sep 2020 10:30Ekonomi

Kurs Rupiah Naik di Level Rp14.920 Per Dolar di Awal Perdagangan

Awal perdagangan Selasa (29/9). Pukul 10.08 WIB Rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) menguat di pasar spot.

Selasa, 29 Sep 2020 10:15Ekonomi

IHSG Dibuka Menguat Naik 0,39% ke Level 4.925,82

Awal perdagangan Selasa (29/9/2020) pukul 9.06 WIB Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat naik 19,27 poin atau 0,39% ke 4.925,82.

Selasa, 29 Sep 2020 10:00Ekonomi

Harga Emas Spot Berhasil Kembali Menguat 0,15%

Pada perdagangan hari ini Harga emas berhasil kembali menguat setelah indeks dolar Amerika Serikat (AS) terkapar.

Selasa, 29 Sep 2020 09:45Ekonomi

Harga Emas Antam Naik Rp8.000 Per Gram

Pada Selasa (29/9/2020) Harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik di pasar spot.

Selasa, 29 Sep 2020 09:30Lifestyle

13 Daftar Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa

Beberapa drakor bahkan memecahkan rekor rating tertinggi. Jika membahas daftar drama Korea terbaik sepanjang masa, tentu tidak cukup hanya menyebutkan lima judul saja.

Selasa, 29 Sep 2020 09:15Bola

Aston Villa Giling Fulham 3-0 di Markas Craven Cottage

Tim arahan Dean Smith membungkus kemenangan saat bertamu ke markas Fulham, Craven Cottage, Selasa (29/9/2020) dini hari WIB. Aston Villa meraih hasil positif di pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021.

Selasa, 29 Sep 2020 09:00Bola

5 Pemain Top yang Kontraknya Habis pada Musim Panas Tahun Depan

5 pesepakbola top yang habis kontraknya pada musim panas 2021 di mana burs transfer pemain memang selalu menghadirkan drama.

Selasa, 29 Sep 2020 08:45Internasional

Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Perang Armenia vs Azerbaijan

Saat Ini, Perang Armenia vs Azerbaijan memasuki hari kedua, yang berlangsung di kawasan Nagorny Karabakh. Perang Armenia vs Azerbaijan

Selasa, 29 Sep 2020 08:30Internasional

Perang Azerbaijan vs Armenia Meletus Menyeret Kubu Rusia dan Turki

akhirnya, perang antara Azerbaijan dan daerah kantong pegunungan etnis Armenia di Nagorno-Karabakh meletus. Pertempuran meningkat tajam pada Senin (28/9/2020) dan menyebabkan 55 orang tewas dalam hari kedua bentrokan sengit.

Selasa, 29 Sep 2020 08:15Lifestyle

Bibi: Bingung Menghadapi Kondisi Vanessa

Bibi sampai dibuat bingung menghadapi kondisi Vanessa. Berbeda dengan sebelumnya, Bibi masih berupaya menghibur sang istri.

Selasa, 29 Sep 2020 08:00Bola

Arsenal Harus Mengakui Kehebatan Liverpool

Arsenal memulai pertandingan dengan baik. Tim tamu mencoba untuk mendominasi penguasaan bola, tetapi gagal dilakukan. Liverpool mampu mendikte jalannya permainan setelah memasuki menit 10 ke atas.

Selasa, 29 Sep 2020 07:45Internasional

Karbon Monoksida Meluap di Tambang, Belasan Orang Tewas

Akibat meluapnya karbon monoksida di tambang batu bara di Kota Chongqing, China, sedikitnya 16 orang dikabarkan meninggal dunia (tewas).