• Home
  • Pedoman Media Siber

Pedoman Media Siber

Rabu, 18 Januari 2017 05:50 WIB
Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:


1. Ruang Lingkup

a. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.


2. Verifikasi dan keberimbangan berita

a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

    1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

    2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

    3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

    4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.


3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

    1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

    2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

    3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).


4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

    1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

    2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

    3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).


5. Pencabutan Berita

a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.


6. Iklan

a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan "advertorial", "iklan&", "ads", "sponsored", atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.


7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.


8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.


9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.


 
Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).
Jumat, 03 Jul 2020 23:45Lifestyle

Hubungan Asmara Cita Citata dengan Roy Geurts, Kenapa..?

Sebelumnya diberitakan, Cita Citata mengumumkan bahwa hubungan asmaranya dengan Roy Geurts sudah berakhir.

Jumat, 03 Jul 2020 23:30Berita Sumut

Diduga Pelaku Kerusuhan Mompang Julu, 11 Orang Diamankan Polres Madina

Sebanyak 11 orang diduga pelaku kerusuhan di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Madina, diamankan. Hal tersebut dikatakan Dikabarkan Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Horas Tua Silalahi.

Jumat, 03 Jul 2020 23:15Bola

Kabar Buruk Menimpa Lazio, Jelang Laga Lazio vs Milan

jelang laga kontra AC Milan pada pekan 30 Liga Italia 2019-2020, Minggu 5 Juli dini hari WIB, kabar buruk menimpa Lazio

Jumat, 03 Jul 2020 23:00Nasional

Diduga Kasus Suap Proyek, Bupati Kutai Timur dan Istrinya Tersangka

Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, ISM, dan istrinya yang merupakan Bupati Kutai Timur, EU ditetapkan KPK sebagai tersangka suap terkait proyek pekerjaan infrastruktur tahun anggaran 2019 sampai 2020

Jumat, 03 Jul 2020 22:07Internasional

Insiden Tanha Longsor dikabarkan 162 Orang Meninggal

Dalam insiden tanah longsor di sebuah pertambangan batu giok di Myanmar sebelah utara meninggal meningkat sedikitnya 162, dan dikhawatirkan lebih banyak lagi yang tewas, kata pihak berwenang.

Jumat, 03 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Angkutan Kota Ludes Terbakar, Penumpang Selamat

Para pengguna jalan raya matanya tertuju pada Angkutan kota jurusan Terminal Sambo-Tanjung Morawa padat penumpang. Pasalnya, angkutan Kota terbakar di kawasan Jalan Sisingamangaraja Medan

Jumat, 03 Jul 2020 20:53Berita Sumut

Hilang Kendali Truk Bermuatan Kayu Nyaris Timpa Rumah Warga

Satu unit Truk Colt Diesel BK 9441 YK berwarna kuning bermuatan kayu terbalik di Jalan Medan Km 6, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba Pematangsiantar

Jumat, 03 Jul 2020 19:50Berita Sumut

Mantan Polisi Serang Polisi, Terkapar di Terjang Timah Panas

Personil Reskrim Polsek Medan Timur terpaksa menembak seorang pelaku narkoba di Jalan Bukit Barisan Gang Pandan Kelurahan Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur

Jumat, 03 Jul 2020 19:35Berita Sumut

Karyawan Mini Market Di Tebing Tinggi Positif Covid-19

Seorang karyawan mini market menambah daftar warga Tebing Tinggi yang terpapar covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab.

Jumat, 03 Jul 2020 19:20Berita Sumut

Dua Puluh Tahanan Polres Tebing Tinggi Jalani Rapid Test

Sebanyak 20 orang tahanan Polres Tebing Tinggi menjalani rapid test COVID-19, Jumat (3/7/2020), di Mapolres Tebing Tinggi

Jumat, 03 Jul 2020 19:05Berita Sumut

Mendagri Tito Karnavian Turun Langsung Koordinasikan Kesiapan Pilkada di Wilayah Sumut

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian turun langsung untuk mengkoordinasikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Sumatera Utara.

Jumat, 03 Jul 2020 18:50Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Sumut Serahkan Paket Bansos Bagi Tim Medis

Ketua Bhayangkari Polda Sumut, Ny Risma Martuani Sormin, menyerahkan bantuan sosial (bansos-red) kepada para tim medis

Jumat, 03 Jul 2020 18:35Nasional

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja Ke Polda Riau

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA. MSc., melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Mapolda Riau dan disambut langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. beserta PJU Polda Riau

Jumat, 03 Jul 2020 18:20Berita Sumut

Pangdam I/BB : Laksanakan Tugas Secara Profesional, Tingkatkan Soliditas antara TNI-Polri

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA., MSc., Melaksanakan kunjungan perdananya ke satuan wilayah jajaran Kodam I/BB yaitu Korem 031/WB Pekanbaru Prov. Riau dan disambut langsung oleh Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E, M.Han serta Pra

Jumat, 03 Jul 2020 18:05Internasional

Pembunuhan Jurnalis Jamal Khasoggi di Tahun 2018 Mulia di Sidangkan

Persidangan terhadap 20 pejabat Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khasoggi di tahun 2018, akan mulai disidangkan pengadilanTurki

Jumat, 03 Jul 2020 17:50Nasional

Satgas Yonif 125/Simbisa Dampingi Guru Saat Pendaftaran Siswa Baru

Salah satu tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.