• Home
  • Pedoman Media Siber

Pedoman Media Siber

Rabu, 18 Januari 2017 05:50 WIB
Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:


1. Ruang Lingkup

a. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.


2. Verifikasi dan keberimbangan berita

a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

    1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

    2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

    3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

    4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.


3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

    1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

    2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

    3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).


4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

    1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

    2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

    3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).


5. Pencabutan Berita

a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.


6. Iklan

a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan "advertorial", "iklan&", "ads", "sponsored", atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.


7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.


8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.


9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.


 
Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).
Rabu, 08 Apr 2020 07:15Internasional

Manila Memperpanjang lockdown

Aturan karantina wilayah atau lockdown di Pulau Luzon diperpanjang Presiden Filipina Rodrigo Duterte hingga 30 April.

Rabu, 08 Apr 2020 07:00Bola

Pandemi virus corona, Menjadi Berdampak Kompetisi Sepakbola Eropa

Federasi tertinggi sepakbola Spanyol (REFF) bahkan sebelumnya mengkonfirmasi kalau penangguhan kompetisi masih akan berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan.

Rabu, 08 Apr 2020 06:45Berita Sumut

Sudari ST MInta Pemko Medan Perhatikan Panti Asuhan

Panti Asuhan yang selama ini banyak mengharapkan menerima bantuan dari pihak ke tiga saat ini mulai menurun. Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari ST minta Pemko Medan segera memberikan bantuan sembako kepada Panti Asuhan yang ada di Kota Medan.

Rabu, 08 Apr 2020 06:30Ekonomi

Prediksi Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Rupiah spot ditutup menguat 1,31% ke level Rp 16.200 per dolar AS dari penutupan sebelumnya.

Rabu, 08 Apr 2020 06:15Berita Sumut

Komisi II DPRD Medan Berkunjung ke Dinsos Kota Medan

Soal pelaporan warganya untuk mendapatkan bantuan beras dari Pemko Medan terkena dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), ternyata Pemko Medan tidak ada melakukan pembatasan waktu.

Rabu, 08 Apr 2020 06:00Berita Sumut

Petugas PDAM Tirtanadi Sigap Perbaiki Pipa ke Pelanggan Akibat Sumur Bor yang Rusak

Petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtnanadi Sumatera Utara (Sumut) Cabang Medan Labuhan dengan sigap dan cekatan langsung turun ke lokasi sumur bor Kota Bangun yang mengalami kerusakan dengan memperbaiki pipa ke pelanggan yang mengakibatkan te

Rabu, 08 Apr 2020 05:14Berita Sumut

Tinjau RSUD dr Djasamen Saragih, Gubernur Minta Dandim dan Kapolres Bantu Para Medis

Untuk memastikan penanganan pasien Covid-19 berjalan dengan baik, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus melakukan peninjaun di sejumlah rumah sakit umum daerah. Kali ini, giliran RSUD dr Djasamen Saragih, Jalan Sutomo No 230 Kota Pematangsia

Rabu, 08 Apr 2020 04:11Nasional

Koperasi Brigif Para Raider 18/Kostrad Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok

Untuk memastikan ketersediaan bahan pokok bagi kebutuhan Prajurit dan keluarga, Danbrigif Para Raider 18/Kostrad Kolonel Inf Roynald Sumendap lakukan pengecekan ke koperasi Satuan.

Rabu, 08 Apr 2020 03:06Berita Sumut

8 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Whiko Irwan menyampaikan perkembangan terbaru penanganan pasien Covid-19. Antara lain, adanya 8 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kemudian, ada 76 kasus positif d

Rabu, 08 Apr 2020 02:00Berita Sumut

Pelimpahan Kasus Narkotika Dari Polsek Bosar Maligas

Satres Narkoba Polres Simalungun menerima pelimpahan berkas kasus penyalahgunaan Narkotika jenis Sabu

Rabu, 08 Apr 2020 01:49Berita Sumut

Aroma Bakery Bantu Warga Tertimpa Musibah Angin Puting Beliung

Aroma Bakery & Cake Shop memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah angin puting beliung di Jln Pertahanan, Desa Patumbak, Psr V, Kab Deliserdang

Selasa, 07 Apr 2020 23:29Berita Sumut

Tim Gugus tugas pecegahan covid - 19 tanjung balai amankan 20 TKI ilegal dari Malaysia

Tim Deteksi Gabungan yang terdiri dari Kesbangpol sat Intelkam Polres Tanjungbalai, Unit Intel Kodim 0208 Asahan, Tim Intel Korem 022/PT, Tim Kesehatan RS UD Tengku Mansyur telah mengamankan TKI Ilegal asal Negara Malaysia

Selasa, 07 Apr 2020 23:15Berita Sumut

Soal Penanganan Covid – 19 Bupati Asahan Vidcon Bersama Mendagri

Terkait penanganan Corona Virus Desase 2019 Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengelar vidcon bersama Bupati Asahan H.Surya serta kepala daerah dan gubernur seluruh Indonesia, Selasa (7/4/2020) sekira pukul 13.30 Wib.

Selasa, 07 Apr 2020 23:00Ekonomi

IHSG Melemah 0,69% ke 4.779

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan di zona merah. IHSG ditutup melemah 33,19 atau 0,69% ke 4.778,64 atau 4.779.

Selasa, 07 Apr 2020 22:55Nasional

Kapolri Jenderal Idham Azis : Kabareskrim dan Kapolda Diminta Petakan Potensi Kejahatan APD

Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Surat Telegram Kapolri mengenai pelaksanaan tugas jajaran Reskrim dalam mengatasi masalah keterbatasan jumlah alat pelindung diri (APD), hand sanitizer dan alat kesehatan lainnya.

Selasa, 07 Apr 2020 22:24Berita Sumut

Gubernur Sumatera Utara Tinjau Rumah Sakit Umum dr Djasamen Saragih Pematangsiantar

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih agar memberikan yang terbaik dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).